Transformasi Komunikasi Politik Melalui Media Sosial Instagram (Studi terhadap Akun @karyaadalahdoa)

Terremi Michelle Chano, Sinta Paramita
| Abstract views: 74 | views: 59

Abstract

Komunikasi politik telah melakukan transformasi. Namun, yang perlu ditindaklanjuuti lebih yakni bagaimana transformasi komunikasi politik yang dulu dan sekarang dengan menggunakan media sosial. Penelitian ini dilakukan pada akun @karyaadalahdoa. Transformasi komunikasi politiknya bisa dilihat dari perkembangan teknologi dan informasi sekarang ini yang namanya media sosial. Akun @karyaadalahdoa ini menggunakan media sosial sebagai sarana penyampaian pesan politiknya yang dikemas secara kreatif dan positif. Menggunakan teori komunikasi politik menurut Dahlan ialah suatu bidang atau disiplin yang menelaah perilaku dan kegiatan komunikasi yang bersifat politik, mempunyai akibat politik, atau berpengaruh terhadap perilaku politik. Pada dasarnya komunikasi politik tidak hanya melibatkan kepentingan perorangan, melainkan kepentingan orang banyak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara mendalam pada enam orang informan. Hasil penelitian dari akun @karyaadalahdoa menunjukkan bahwa transformasi komunikasi politik dulu lebih damai dan penyebaran informasinya sedikit lambat, sedangkan yang sekarang ini lebih terang-terangan dan penyebaran informasinya cepat dikarenakan kemajuan teknologi.

Keywords

Transformasi Komunikasi Politik; Komunikasi Politik; Media Sosial

Full Text:

PDF

References

Budianto, Heri. (2011). Media dan Komunikasi Politik. Jakarta: Universitas Mercu Buana.

Cangara, Hafied. (2011). Komunikasi Politik : konsep, teori, dan strategi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Gunawan, Imam. (2014). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong, Lexy J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mukarom, Zaenal. (2016). Komunikasi Politik. Bandung: CV Pustaka Setia

Nasrullah, Rulli. (2017). Etnografi Virtual: Riset Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi di Internet. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nasrullsh, Rulli. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan

Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nazir, Moh. (2011). Metode Penelitian. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Sarosa, Samiaji. (2012). Penelitian Kualitatif: Dasar-dasar. Jakarta: Permata Puri Media.

Simamarta, Salvatore. (2014). “Media Baru, Ruang Publik Baru, dan Transformasi Komunikasi Politik di Indonesia”. Ejournal Universitas Atmajaya, Vol 3 No. 2.

Susanto, Eko Harry. (2013). “Dinamika Komunikasi Politik Dalam Pemilihan Umum”. Ejorunal Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara, Vol 1 No. 2. Hal 163-172

Watie, Errika Dwi Setya. (2011). “Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media)”. Ejournal Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Semarang, Vol 3 No. 2.

Yuningsih, Neny Agustin Irma. (2014). “Partisipasi Politik Remaja (Pemilih Pemula) Pada Pemilukada Mojokerto Tahun 2010 Di Desa Sumber Tanggul Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto”. Ejournal PPKn FIS Universitas Negeri Surabaya, Vol 1 No. 2. Hal 16-30.

Copyright (c) 2019 Koneksi
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.