Kredibilitas Komunikator Dalam Menyampaikan Pesan (Analisis Opini Generasi Milenial Pada Kepala Penerangan Kodam Jaya)

Silvia Silvia, Sinta Paramita

Abstract


Penelitian ini membahas tentang kredibilitas komunikator dengan menggunakan analisis opini publik generasi milenial pada Kepala Penerangan Kodam Jaya atau Kapendam Jaya. Penelitian ini menggunakan konsep yang terdiri retorika, opini publik, teori generasi Strauss dan Howe dan kredibilitas komunikator (sumber, ekstrinsik dan intrinsic). Penelitian ini menggunakan pendekatan mix method atau metode campuran dengan pendekatan sekuensial eksplaratori. Campuran antara data awal kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara Kapendam Jaya/Jayakarta kuantitatif diperoleh penulis dari survei mengenai kredibilitas Kapendam Jaya/Jayakarta dalam menyampaikan pesan atau informasi pada generasi milenial (mahasiswa Universitas Tarumangara, Universitas Paramadina, dan Universitas Kristen Indonesia). Temuan menarik dari penelitian ini adalah, menunjukan penampilan berupa komunikasi non verbal seperti seragam merupakan hal yang paling dingat oleh responden mahasiswa yang datang menghadiri event atau seminar, dengan Kapendam Jaya sebagai pembicaranya. 


Keywords


Opini Publik; Generasi Milenial; Komunikasi Publik; Kredibilitas

Full Text:

PDF

References


Brawijaya. (2014). Tugas Pokok Pendam. 22 Januari , diunduh tanggal 19 September 2018

Candraningrum, D. (2018). Teknologi Komunikasi Informasi Untuk Peningkatan Kesadaran Publik Pada Organisasi Sosial. Jurnal Komunikasi, 10(2), 177-185.

Creswell, Jhon W. (2016). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dimyanti. (2016). Menjaga Kredibilitas TNI di Mata Publik. 29 Maret 2016 , diunduh tanggal 19 Agustus 2018

Fitryarini, I. (2017). Literasi Media Pada Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman. Jurnal Komunikasi, 8(1), 51-67. Retrieved from https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/46/52

Hendro. (2018). Aster Panglima TNI: Generasi Muda Indonesia Perlu Miliki Mental Ideologi. 22 November 2018 , Diunduh tanggal 1 Desember 2018

Mulyana, Deddy. (2008). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munazir, Aziz. (2018). Demi Semangat Kebhinekaan Generasi Millenial. 10 Maret diunduh tanggal 19 September 2018

Olli, H., & Novi Erlita. (2011) Opini Publik. PT Indeks, Jakarta.

Priyasmoro, M. R. (2018). Survei: TNI Lembaga Paling Dipercaya Masyarakat, Parpol Terendah: (2018, Agustus 28) Diunduh tanggal 10 Desember 2018

Putra, Y. S. (2017). Theoritical review: Teori perbedaan generasi. Jurnal Ilmiah Among Makarti, 9(18)

Rumantini, Maria Assumpta. (2005). Dasar-Dasar Public Relations: Teori dan Praktek. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarna Indonesia

Sugiyono. (2011). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24912/kn.v2i2.3938

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal Indexed by:

 

Reference Management Tool:


 ========================================================================================

Creative Commons License

KN by http://journal.untar.ac.id/index.php/koneksi  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

========================================================================================

   

Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara Jln. S. Parman No:1 Lantai 11 Gedung Utama Jakarta Barat: 11440
Phone : 021-5671747 (hunting)
Fax : 021-56958736, 56044

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats