Penetrasi Sosial Generasi Muda Melalui Aplikasi Kencan Online

Main Article Content

Fiola Teguh
Sinta Paramita

Abstract

This research discusses the phenomenon of social penetration in the context of online dating apps with a focus on the younger generation of Coffee Meets Bagel users. As one of the online dating apps, Coffee Meets Bagel provides a new alternative to finding and establishing romantic relationships by utilizing features such as searches based on preferences, interests, and location. Statistics show a significant increase in online dating app users, especially in Indonesia, with Coffee Meets Bagel as an app that emphasizes quality over quantity. In this context, social penetration is an interesting aspect to research, given its influence on the stages of the communication process in online dating apps. This research asks the main question, namely, how the process of social penetration stages among the younger generation establishes relationships through the Coffee Meets Bagel online dating application. This research is based on the Social Penetration Theory using the phenomenological method through a qualitative approach. The results of this study focus on the four stages of social penetration, according to Taylor and Altman. Through these four stages, the process of stages in a relationship that starts from online dating can be clearly described, both from the process of self-disclosure to the obstacles experienced.


Penelitian ini membahas fenomena penetrasi sosial dalam konteks aplikasi kencan daring dengan fokus pada generasi muda pengguna Coffee Meets Bagel. Sebagai salah satu aplikasi kencan online, Coffee Meets Bagel memberikan alternatif baru dalam menemukan dan menjalin hubungan asmara dengan memanfaatkan fitur-fitur seperti pencarian berdasarkan preferensi, minat, dan lokasi. Statistik menunjukkan peningkatan yang signifikan pada pengguna aplikasi kencan online, khususnya di Indonesia, dengan Coffee Meets Bagel sebagai aplikasi yang mengedepankan kualitas daripada kuantitas. Dalam konteks ini, penetrasi sosial menjadi aspek yang menarik untuk diteliti, mengingat pengaruhnya terhadap tahapan proses komunikasi dalam aplikasi kencan online. Penelitian ini mengajukan pertanyaan utama, yaitu bagaimana proses tahapan penetrasi sosial di kalangan generasi muda dalam menjalin hubungan melalui aplikasi kencan online Coffee Meets Bagel. Penelitian ini berlandaskan pada Teori Penetrasi Sosial dengan menggunakan metode fenomenologi melalui pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini berfokus pada empat tahapan penetrasi sosial menurut Taylor dan Altman. Melalui keempat tahapan tersebut, proses tahapan dalam sebuah hubungan yang berawal dari kencan daring dapat digambarkan dengan jelas, baik dari proses pengungkapan diri hingga hambatan yang dialami.

Article Details

How to Cite
Teguh, F., & Paramita, S. (2024). Penetrasi Sosial Generasi Muda Melalui Aplikasi Kencan Online. Koneksi, 8(1), 58–67. https://doi.org/10.24912/kn.v8i1.27439
Section
Articles

References

Carpenter, A., & Greene, K. (2017). Social Penetration Theory. The International Enclycopedia of Interpersonal Communication. https://sites.comminfo.rutgers.edu/kgreene/wp-content/uploads/sites/28/2018/02/ACGreene-SPT.pdf

Coffee Meets Bagel. (2023). Coffee Meets Bagel. Coffeemeetsbagel. https://coffeemeetsbagel.com/

Dhora, S. T., Hidayat, O., Tahir, M., Arsyad, A. A. J., & Nuzuli, A. K. (2023). Dakwah Islam di Era Digital: Budaya Baru" e-Jihad" atau Latah Bersosial Media. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 306–320. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i1.1804

Ferdiana, C., Susanto, E. H., & Aulia, S. (2020). Penggunaan Media Sosial Tinder dan Fenomena Pergaulan Bebas di Indonesia. Koneksi, 4(1), 112–118. https://doi.org/https://doi.org/10.24912/kn.v4i1.6622

Ilyas, I. (2016). Pendidikan Karakter Melalui Homeschooling. Journal of Nonformal Education. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jne.v2i1.5316

Kustiawan, W., Lubis, I. Y., Natasya, N., Sartika, I., Dewi, F. K., Supriadi, T., & Anggianto, I. (2022). Teori Penetrasi Sosial. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 3 (2), 303–310. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/4933

Lidwina, A. (2021, February 24). Tinder, Aplikasi Kencan Daring Paling Banyak Digunakan di Indonesia. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/02/24/tinder-aplikasi-kencan-daring-paling-banyak-digunakan-di-indonesia

Pennington, N. (2015). Building and Maintaining Relationships in the Digital Age: Using Social Penetration Theory to Explore Communication through Social Networking Sites. [University of Kansas]. https://kuscholarworks.ku.edu/bitstream/handle/1808/19071/Pennington_ku_0099D_14052_DATA_1.pdf?sequence=1

Ridwan, P. P. (2023, February 10). Ragam Alasan Orang Indonesia Memilih Menggunakan Dating App. Goodstads.Id. https://goodstats.id/article/ragam-alasan-orang-indonesia-memilih-menggunakan-dating-app-4DYEr#:~:text=Menurut%20hasil%20survei%20Rakuten%20dengan,umur%2016%20hingga%2024%20tahun

Rizaty, M. A. (2022, February 14). Pengguna Aplikasi Kencan Online Tembus 323 Juta Orang pada 2021. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/02/14/pengguna-aplikasi-kencan-online-tembus-323-juta-orang-pada-2021

Sahrin, CA., & Iman, R. (2023). Tahapan Komunikasi Interpersonal Pada Pengguna Aplikasi Kencan Online Bumble Dalam Upaya Menjalin Hubungan. CONNECTED: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5 (1), 1–13. https://jpii.upri.ac.id/index.php/connected/article/view/131

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tribunnews. (2021, August 13). Apa Itu Coffee Meets Bagel? Ini Penjelasan dan Fiturnya yang Menarik. Tribunnews.Com. https://www.tribunnews.com/parapuan/2021/08/14/apa-itu-coffee-meets-bagel-ini-penjelasan-dan-fiturnya-yang-menarik

Tumangkeng, S. Y. L., & Maramis, J. B. (2022). KAJIAN PENDEKATAN FENOMENOLOGI. Jurnal Pembangunan Ekonomi Dan Keuangan Daerah, Vol. 23 No. 1. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/jpekd.41379.23.1.2022

Umar, H. (2013). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis. Rajawali Nasution. http://library.stik-ptik.ac.id/detail?id=48491&lokasi=lokal

West, R., & Turner, L. H. (2017). Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi. In Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi. Salemba Humanika.

Wijaya, C. V., & Paramita, S. (2019). Komunikasi Virtual dalam Game Online (Studi Kasus dalam Game Mobile Legends). file:///C:/Users/fiola/Downloads/jurnaladm,+915150190+Caroline+Vinci+Wijaya.pdf

Wongsodiredjo, C., Triputra, P., & Savitri Setyo Utami, L. (2017). Self-Disclosure Pengguna Aplikasi Kencan Online (Studi pada Individu yang Menjalin Hubungan Romansa Melalui Tinder). Koneksi, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24912/kn.v1i2.1977

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>