Strategi Komunikasi pada Instagram dalam Mempertahankan Eksistensi "Rumpi (No Secret)"

Main Article Content

Angel Yunisari Sirait
Gregorius Genep Sukendro

Abstract

As the current development of technology and information, various fields have been affected, one of which is the media industry. The impact of industrial advancement of 5.0 has had on conventional media such as television, radio, newspapers, and other media. Various forms of new media continue to emerge such as Instagram, Youtube, Twitter, TikTok, and others. Trans TV is a television station in Indonesia. One of the programs from Trans TV is Rumpi (No Secret), first aired on November 10, 2014 with host Feni Rose discussing the life of a homeland celebrity. This research focuses on finding out the Rumpi (No Secret) communication strategy on the Instagram platform to maintain its existence. Researchers use qualitative research methods by conducting interviews to obtain data. The research results show that the use of appropriate communication strategies on Instagram media has an important role in increasing the Rumpi (No Secret) program's engagement and awareness to the public. By presenting a viral guest star, researching a guest star who is loved by public, and uploading content in the form of video pieces containing statements that can attract audiences.


Cepatnya perkembangan teknologi dan informasi saat ini, berbagai bidang telah terkena dampaknya salah satunya adalah industri media. Dampak kemajuan industri 5.0 berdampak pada media konvensional seperti televisi, radio, koran, dan media lainnya. Berbagai bentuk media baru terus bermunculan seperti Instagram, Youtube, Twitter, TikTok, dan lainnya. Trans TV merupakan salah satu stasiun televisi di Indonesia. Salah satu program dari Trans TV adalah Rumpi (No Secret). Pertama kali ditayangkan pada 10 November 2014 dengan host Feni Rose yang membahas mengenai kehidupan selebriti tanah air. Penelitian ini berfokus untuk mengetahui strategi komunikasi Rumpi (No Secret) pada platform Instagram untuk mempertahankan eksistensinya. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan wawancara untuk mendapatkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi komunikasi yang tepat pada media Instagram memiliki peran penting dalam meningkatkan engagement dan awareness program Rumpi (No Secret) kepada masyarakat. Dengan menghadirkan bintang tamu yang sedang viral, melakukan riset bintang tamu yang digemari masyarakat, dan mengunggah konten berupa potongan-potongan video yang berisi statement yang dapat menarik audiens.

Article Details

How to Cite
Sirait, A. Y., & Sukendro, G. G. (2025). Strategi Komunikasi pada Instagram dalam Mempertahankan Eksistensi "Rumpi (No Secret)". Koneksi, 9(1), 215–223. https://doi.org/10.24912/kn.v9i1.33324
Section
Articles
Author Biographies

Angel Yunisari Sirait, Universitas Tarumanagara

Fikom Untar

Gregorius Genep Sukendro, Universitas Tarumanagara

Fikom Untar

References

Annisa, N. (2022). Strategi Komunikasi Persuasif Radio Republik Indonesia (RRI) Mataram dalam Mempertahankan Eksistensi Siaran di Era Digital. Universitas Islam Negeri Mataram.

Dewi, Z., & Muzakkir. (2022). Strategi Komunikasi Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Aceh dalam Mengoptimalisasi Migrasi Televisi Digital. JIMSI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Komunikasi, 2(2), 1–9.

Hasan, H. (2022). Pengembangan Sistem Informasi Dokumentasi Terpusat pada STMIK Tidore Mandiri. Jurnal Sistem Informasi Dan Komputer, 2(1), 23–29. http://www.php.net

Hasan, K., Utami, A., Eni, S., Izzah, N., & Ramadhana, S. C. (2023). Komunikasi di Era Digital: Analisis Media Konvensional vs New Media pada Kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Malikussaleh Angkatan 2021. Jurnal Komunikasi Pemberdayaan, 2(1), 56–63.

Hasibuan, M. P., Azmi, R., Arjuna, D. B., & Rahayu, S. U. (2023). Analisis Pengukuran Temperatur Udara dengan Metode Observasi Analysis of Air Temperature Measurements Using the Observational Method. GABDIMAS: Jurnal Garuda Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 9–15. http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Kase, A. D., Sarwindah Sukiatni, D., & Kusumandari, R. (2023). Resiliensi Remaja Korban Kekerasan Seksual di Kabupaten Timor Tengah Selatan: Analisis Model Miles dan Huberman. INNER: Journal of Psychological Research, 3(2), 301–311.

Nur Adilla, D., & Shabana, A. (2023). Pengaruh Kode Klasifikasi Usia Program Siaran Televisi terhadap Sensor Mandiri Orang Tua pada Tontonan Anak (Survei pada Orang Tua Wali Murid MI Muhammadiyah Leuwiliang). Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 1(4), 103–114. https://doi.org/10.59581/harmoni-widyakarya.v1i4.1627

Nurjannah. (2020). Proses Berpikir Kreatif Siswa SMP Berdasarkan Tahapan Wallas dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Adversity Quotient (AQ) Nurjannah. JTMT: Jurnal Tadris Matematika, 1(1), 7–13. http://journal.iaimsinjai.ac.id/index.php/Jtm

Oktavianti, R., & Loisa, R. (2017). Penggunaan Media Sosial Sesuai Nilai Luhur Budaya di Kalangan Siswa SMA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 86–95. https://doi.org/10.22146/jpkm.26925

Pasanea, D. N., & Winduwati, S. (2024). Pemanfaatan TikTok Sebagai Sarana Strategi Komunikasi Branding Universitas Tarumanagara. Prologia, 8(2), 502–511.

Romadhoni, B. A. (2018). Meredupnya Media Cetak, Dampak Kemajuan Teknologi Informasi. Jurnal An-Nida, 10(1), 14–20.

Setiawan, Y. L., Nasir, J., Ariyati, Y., & Wahyudi, T. D. (2023). Strategi Komunikasi INews TV Padang dalam Mempertahankan Eksistensi di Era Digital. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 8(1), 49–65.

Suherman, A. (2018). Strategi Komunikasi Bencana pada Masyarakat Kabupaten Buton Selatan. MEDIALOG: Jurnal Kajian Komunikasi, I(2), 10–18.

Suryani, P., Cahyono, Y., & Utami, B. D. (2020). Pengaruh Motivasi dan Gaya Kepemimpinan terhadap Produktivitas Kerja pada Karyawan Bagian Produksi di PT Tuntex Garment Indonesia. Journal of Industrial Engineering & Management Research (JIEMAR), 1(1), 70–82.

Syaeful Millah, A., Apriyani, Arobiah, D., Selvia Febriani, E., & Ramdhani, E. (2023). Analisis Data dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 140–153.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >> 

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.