Strategi Redaksi Media Kompas.com dalam Menarik Minat Generasi Milenial
Main Article Content
Abstract
Online media utilizes portals like using social media. Millennials use social media the most such as Instagram, YouTube, and Facebook. This study wants to know the editorial strategy of Kompas.com media in attracting the interest of the millennial generation and Kompas.com's strategy in facing competition. The author uses the theory of new media and agenda setting. The research method used in this research is a qualitative research method. In this study, the authors conducted interviews with the managing editor of Kompas.com, Kompas.com Reporter, and loyal readers of Kompas.com daily. The findings show that the Kompas.com media editorial strategy to attract the millennial generation is by using social media and the features in it and creating relevant content. Research also shows that Kompas.com's readers are dominated by millennials. Kompas.com's strategy to face competition is to maintain brand news that prioritizes news accuracy.
Media online memanfaatkan portal layaknya menggunakan media sosial. Generasi milenial paling banyak menggunakan media sosial seperti Instagram, YouTube, dan Facebook. Penelitian ini ingin mengetahui strategi redaksi media Kompas.com dalam menarik minat generasi milenial dan strategi Kompas.com dalam menghadapi persaingan. Penulis menggunakan teori new media dan agenda setting. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kualitatif. Dalam penelitian ini, penulis melakukan wawancara pada redaktur pelaksana Kompas.com, Reporter Kompas.com, dan pembaca setia harian Kompas.com. Temuan menunjukkan bahwa strategi redaksi media Kompas.com untuk menarik generasi milenial yaitu dengan penggunaan media sosial dna fitur-fitur di dalamnya serta membuat konten yang relevan. Penelitian juga menunjukkan bahwa pembaca Kompas.com didominasi oleh kaum milenial. Strategi Kompas.com menghadapi persaingan yaitu dengan mempertahankan brand news yang mengutamakan akurasi berita.
Article Details
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Koneksi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Budiati, dkk. (2018). Statistik Gender Tematik: Profil Generasi Milenial Indonesia. (Said, dkk., Ed.) Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Retrieved Desember 3, 2021, from https://www.kemenpppa.go.id/lib/uploads/list/9acde-buku-profil-generasimilenia.pdf
Fitrah, & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. (Ruslan, & Effendi , Eds.) CV. jejak. Retrieved Desember 3, 2021, from https://www.google.co.id/books/edition/Metodologi_penelitian_penelitian_kualita/UVRtDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=studi+kasus&printsec=frontcover
Kadar, dkk. (2021). Manajemen Strategik dan Kepemimpinan. Yayasan Kita Menulis. Retrieved Desember 2, 2021, from https://books.google.co.id/booksid=nFosEAAAQBAJ&newbks=0&printsec=frontcover&pg=PA88&dq=Nilasari,+Senja.+(2014)&hl=id&redir_esc=y#v=onepage&q=Nilasari%2C%20Senja.%20(2014)&f=false
Pattia, G., & Radjagukguk, D. L. (2020). Strategi Manajemen Redaksi Radar Depok.com Dalam Menghadapi Persaingan Di Era Digitalisasi. Jurnal Sosial Dan Humaniora, 5, 130-138. Retrieved Desember 2 , 2021, from
http://journal.unas.ac.id/populis/article/view/825/910
Romli , A. S. (2018). Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online. (I. Kurniawan , & M. A. Elwa, Eds.) Bandung: Nuansa Cendekia. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=Df7_DwAAQBAJ&pg=PA32&hl=id&source=gbs_toc_r&cad=3#v=onepage&q&f=false
Sidiq, U., & Choiri , M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. (A. Mujahidin , Ed.) CV. Nata Karya. Retrieved from http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE%20PENELITIAN%20KUALITATIF%20DI%20BIDANG%20PENDIDIKAN.pdf
Suseno, A., & Rusdi , F. (2019). Strategi Penyajian Berita Brilio.net. Koneksi, 03, 182-
Retrieved Desember 3, 2021, from https://journal.untar.ac.id/index.php/koneksi/article/view/6202/4224
Tamtelahitu, T. M. (2020). Strategi Komunikasi Radio UKIM FM Melalui Media Sosial Dalam Menggaet Pendengar. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 4, 142-152. Retrieved Desember 2, 2021, from https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/3346