Pemanfaatan Media Sosial X untuk Interaksi Penggemar dalam Mendukung Idola
Main Article Content
Abstract
The K-pop phenomenon has become increasingly popular worldwide, including in Indonesia, giving rise to a dedicated fan community. Fans play an essential role in the world of K-pop, one of which is to support their favorite idols. One form of support that fans can provide is streaming parties. This activity not only increases impressions but also strengthens fan relationships. Looking at this phenomenon, the research aims to describe the use of social media X as a means of fan interaction in supporting their idols through MV streaming party activities. This research uses the concepts of mass communication, social media, and fan interaction, with a qualitative approach and phenomenological methods. This research shows the process of streaming party activities that utilize the features of social media X, namely hashtags, replies, mentions, threads, search, and DM. The results of the research show that social media can be used as a means of fan interaction, with the process involving fans exchanging information about streaming party activities, encouraging one another, and communicating about various topics. Through this process, fans can become more connected with one another, grow closer, and expand their network of friends.
Fenomena K-Pop kini telah menjadi semakin populer hingga ke seluruh dunia termasuk Indonesia, sehingga melahirkan suatu komunitas penggemar. Penggemar berperan penting dalam dunia K-Pop salah satunya adalah untuk mendukung idola kesukaannya. Salah satu bentuk dukungan yang dapat dilakukan penggemar yaitu streaming party. Kegiatan ini tidak hanya meningkatkan tayangan, tetapi juga mempererat hubungan penggemar. Melihat dari fenomena ini, penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media sosial X sebagai sarana interaksi penggemar dalam mendukung idolanya melalui kegiatan MV streaming party. Penelitian ini menggunakan konsep komunikasi massa, media sosial, dan juga interaksi penggemar, dengan pendekatan kualitatif dan metode fenomenologi. Melalui penelitian ini memperlihatkan proses kegiatan streaming party yang memanfaatkan fitur-fitur media sosial X yaitu tagar, reply, mention, thread, search, dan juga DM. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa media sosial X dapat dimanfaatkan sebagai sarana interaksi penggemar, dengan prosesnya yang meliputi cara penggemar saling bertukar informasi mengenai kegiatan streaming party, saling memberikan semangat satu sama lain, dan juga saling berkomunikasi tentang banyak hal. Melalui proses tersebut para penggemar dapat menjadi lebih terhubung dengan satu sama lain, menjadi lebih dekat, dan juga mereka dapat memperluas jaringan pertemanan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Koneksi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Hatamleh, I. H. M., Safori, A. O., Habes, M., Tahat, O., Ahmad, A. K., Abdallah, R. A. Q., & Aissani, R. (2023). Trust in Social Media: Enhancing Social Relationships. Social Sciences, 12(7). https://doi.org/10.3390/socsci12070416
Jeanette, & Paramita, S. (2018). Makna Idola Dalam Pandangan Penggemar (Studi Komparasi Interaksi Parasosial Fanboy dan Fangirl ARMY Terhadap BTS). KONEKSI, 2, 394–395. https://doi.org/https://doi.org/10.24912/kn.v2i2.3915
Khaled, M. (2024). Social Media Interactions: A Comprehensive Overview for 2024. Profiletree. https://profiletree.com/social-media-interactions-a-comprehensive-overview/
Kim, M. S., Wang, S., & Kim, S. (2023). Effects of Online Fan Community Interactions on Well-Being and Sense of Virtual Community. Behavioral Sciences, 13(11). https://doi.org/10.3390/bs13110897
Krause, H. V., Große Deters, F., Baumann, A., & Krasnova, H. (2023). Active social media use and its impact on well-being-an experimental study on the effects of posting pictures on Instagram. Journal of Computer-Mediated Communication, 28(1), 1–12. https://doi.org/10.1093/jcmc/zmac037
Moleong, L. J. (2018). Metodelogi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Nasrullah, R. (2015). Media Sosial: perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi. Simboisa Rektama Media.
Nur, M. A., & Saihu, M. (2024). Pengolahan Data. Jurnal Imliah Sains Dan Teknologi, 15(1), 37–48.
https://jurnal.kolibi.org/index.php/scientica/article/view/2764
Rai, S., & Basnett, P. (2021). “Hallyu” Wave & Women Fandom in Darjeeling Town: A Study on Binge Watching, User’s Satisfaction and Participatory Culture. IOSR Journal of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS, 26(2), 21. https://doi.org/10.9790/0837-2602072131
Rambe, S. N. A., & Kusuma, R. S. (2023). Partisipasi Penggemar di Dalam Media Sosial Sebagai Aktivitas Penggemar K-Pop Dalam Digital Streaming [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/113233
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Valencialaw, N., & Utami, L. S. S. (2023). K-Pop dan Perilaku Konsumtif Menonton Konser K-Pop dan Perilaku Konsumtif Menonton Konser. KONEKSI, 112–119. https://journal.untar.ac.id/index.php/koneksi/article/view/21301
Wailidin, W., Idris, S., & ZA, T. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory. FTK Ar-Raniry Press.