Komunikasi Antarpribadi Sesama Penggemar dalam Fandom (Studi pada Penggemar dalam Fandom BTS di Jakarta)

Main Article Content

Lingga Lingga
Yugih Setyanto
Lusia Savitri Setyo Utami

Abstract

Fandom adalah sekumpulan grup penggemar yang terhubung karena memiliki satu kesamaan yakni rasa cinta terhadap idolanya. Penggemar grup Korea, BTS (Bangtan Sonyeondan) memiliki sebutan dengan nama ARMY. Setiap hubungan tanpa terkecuali hubungan antar penggemar akan melakukan komunikasi antarpribadi penggemar. Penggemar dilihat sebagai individu yang berlebihan, konsumtif, dan terobsesi pada idolanya. Individu yang tidak masuk ke dalam fandom biasanya tidak akan mengerti isi komunikasi yang sedang berlangsung dalam fandom. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komunikasi antarpribadi penggemar dalam suatu fandom. Teori dalam penelitian ini menggunakan teori komunikasi antarpribadi dengan proses komunikasi antarpribadi seperti kontak, keterlibatan, keakraban, kemunduran, pemutusan hubungan, dan teori konflik antarpribadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara dan observasi pada penggemar BTS. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan komunikasi antarpribadi penggemar BTS melalui tahapan proses komunikasi antarpribadi, kemudian isi komunikasi yang terjadi di antara penggemar memiliki konteks parasosial di dalamnya, dan hubungan antar penggemar tidak terhindar dari konflik antarpribadi.

Article Details

How to Cite
Lingga, L., Setyanto, Y., & Setyo Utami, L. S. (2018). Komunikasi Antarpribadi Sesama Penggemar dalam Fandom (Studi pada Penggemar dalam Fandom BTS di Jakarta). Koneksi, 2(1), 116–124. https://doi.org/10.24912/kn.v2i1.2438
Section
Articles

References

Budyatna, M., & Ganiem, L.M. (2014). Teori Komunikasi Antarpribadi. Jakarta: Prenada Media Group.

Denzin, Norman K., & Yvonna S. Lincoln. (2008). Handbook of Qualitative Research. London: Sage Publication.

Devito, Joseph. A. (2013). The Interpersonal Communication Book 13th Edition. United States of America: Person Education, Inc.

Sari, A. (2017). Komunikasi Antarpribadi. Yogyakarta: Deepublish.

Semiawan, Conny R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo.

Setyanto Y., Winduwati S., Utami LSS. (2017). Early Adolescent Behavior on Media Toward Idol Figure (Parasocial Study on Prelimanary Youth as an Effect on New Media). International Journal of Communication and Media Studies.

Stever, Gayle. S. (2009). Parasocial and Social Interaction with Celebrities: Classification of Media Fans. Journal of Media Psychology Theories Methods and Applications.

Utami, LSS. (2016). Komodifikasi Korean Wave Melalui Media dan Implikasinya pada Gaya Hidup Remaja Indonesia. Jawa Timur: Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Yin, Robert. K. (2013). Studi Kasus Desain & Metode. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>