Pendekatan Komunikasi Antarpribadi Guru Dalam Menangani Siswa Bermasalah (Studi Hubungan Guru dan Siswa di SMK Negeri 1 Jakarta)

Main Article Content

Novianti Lorensia
Yugih Setyanto

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pendekatan komunikasi antar pribadi guru dan siswa bermasalah di SMKN 1 Jakarta. Pada dasarnya komunikasi berawal dari lingkungan keluarga. Komunikasi juga dapat terjadi dalam proses belajar mengajar di lingkungan sekolah. Seringkali, dalam proses komunikasi ditemui kegagalan yang biasanya disebabkan oleh lemahnya komunikasi. Oleh karena itu, dapat menimbulkan berbagai masalah bagi kalangan siswa yaitu masalah tawuran dan “korban” dari senioritas. Penelitian ini menggunakan sejumlah konsep terdiri dari teori komunikasi, komunikasi antar pribadi, komunikasi pendidikan, psikologi komunikasi. Penelitian ini menganalisis siswa bermasalah dan masa remaja. Penelitian dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif melalui metode penelitian studi kasus. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa komunikasi antar pribadi antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran di kelas untuk memberikan pemahaman kepada siswa sudah cukup baik. Komunikasi yang terjadi secara langsung di SMK Negeri 1 Jakarta adalah komunikasi semua arah, tidak hanya melibatkan interaksi antara guru dengan siswa tetapi melibatkan interaksi antara siswa dengan siswa lainnya. Pendekatan komunikasi antar pribadi yang dilakukan oleh guru kepada siswa yang memiliki masalah menggunakan pendekatan agama.

Article Details

How to Cite
Lorensia, N., & Setyanto, Y. (2019). Pendekatan Komunikasi Antarpribadi Guru Dalam Menangani Siswa Bermasalah (Studi Hubungan Guru dan Siswa di SMK Negeri 1 Jakarta). Koneksi, 2(2), 500–506. https://doi.org/10.24912/kn.v2i2.3929
Section
Articles
Author Biographies

Novianti Lorensia, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Yugih Setyanto, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Effendy, Onong Uchyana. (2006). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Citra Aditya Bakti

Effendy, Onong Uchyana. (2013). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Harapan, Edi. H. Syarwani Ahmad. (2014). Komunikasi Antarpribadi: Perilaku Insani dalam Organisasi Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Mulyana, Deddy. (2005). Human Communication: Prinsip-Prinsip Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Naim, Ngainum. (2011). Dasar-dasar Komunikasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Setiawan, C., & Azeharie, S. (2017). Studi Komunikasi Antarpribadi Anak Dengan Orang Tua Tiri. Jurnal Komunikasi, 9(1), 74-80. Retrieved from https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/79/646

https://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/12/09/27/mb0eok-ini-dia-kiat-smk-budi-utomo-tekan-tawuran diakses pada tanggal 28 November 2018 pukul 18.00 WIB

www.smkn1jakarta.sch.id diunduh pada tanggal 17 September 2018 pada jam 17.22 WIB

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>