Analisa Komunikasi Antar Pribadi dalam Sebuah Organisasi dalam Menunjang Keberhasilan Sebuah Event (Studi Acara Jakarta Dessert Project yang Diselenggarakan HYPE.ID)
Main Article Content
Abstract
Komunikasi interpersonal merupakan sebuah proses komunikasi yang terjadi antara satu individu dengan individu lainnya. Jika proses komunikasi interpersonal tersebut berjalan dengan baik, maka setiap acara yang diselenggarakan oleh sebuah event organizer akan membuahkan hasil yang maksimal. Sukses atau tidaknya sebuah bazar diyakini memiliki hubungan yang sangat erat dengan strategi komunikasi interpersonal yang digunakan. Dengan demikian, penelitian ini dibuat untuk menganalisis strategi komunikasi interpersonal yang digunakan oleh event organizer HYPE.ID pada acara Jakarta Dessert Project. Teori utama yang digunakan yakni model perencanaan komunikasi dari Philip Lesly yang kemudian dikaitkan dengan teori humanistis dan pragmatis yang dikemukakan oleh Joseph A. DeVito. Dalam penelitian ini, digunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan melakukan wawancara mendalam dengan informan internal dan eksternal terpilih guna untuk mendapatkan informasi yang lengkap. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa event organizer HYPE.ID telah menggunakan strategi komunikasi interpersonal menurut model perencanaan komunikasi dari Philip Lesly dengan baik, dilihat dari suksesnya acara yang diselenggarakan.
Article Details
References
Bungin, P. D. (2014). Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Cangara, H. (2014). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
DeVIto, J. A. (2016). Komunikasi Antarmanusia. Pamulang: Karisma Publishing Group.
Effendy, O. U. (2011). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Faules, R. W. (2013). Komunikasi Organisasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.