Self-Disclosure Pengguna Aplikasi Kencan Online (Studi pada Individu yang Menjalin Hubungan Romansa Melalui Tinder)

Main Article Content

Chicilia Wongsodiredjo
Pinckey Triputra
Lusia Savitri Setyo Utami

Abstract

Media online telah menjadi sarana untuk membangun hubungan antarpribadi, tak terkecuali hubungan romansa. Penelitian ini berfokus kepada pasangan yang sedang menjalin hubungan romansa yang dimulai melalui aplikasi kencan online, Tinder. Penelitian ini ingin memahami proses self-disclosure yang terjadi dalam pengembangan hubungan romansa pengguna Tinder dengan pasangannya. Penelitian ini didasari Teori Penetrasi Sosial dan Computer Mediated Communication (CMC), lalu dikaitan dengan model Stages of Internet Relationship. Penelitian menggunakan metode fenomenologi dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam membangun sebuah hubungan dibutuhkan self-disclosure secara bertahap dan tidak akan berhenti walaupun seorang individu sudah pada tahap long term relationship. Adapun informasi yang diungkapkan seorang individu terhadap lawan bicaranya beragam serta kedalaman dan keluasan informasi tersebut tergantung dari kedekatan hubungan kedua individu.

Article Details

How to Cite
Wongsodiredjo, C., Triputra, P., & Setyo Utami, L. S. (2018). Self-Disclosure Pengguna Aplikasi Kencan Online (Studi pada Individu yang Menjalin Hubungan Romansa Melalui Tinder). Koneksi, 1(2), 285–290. https://doi.org/10.24912/kn.v1i2.1977
Section
Articles

References

Creeber, G., & Martin, R. (2009). Digital Cultures: Understanding New Media. England: Open University Press.

DeVito, Joseph A. (1997). Human Communication. New York: Harper Collin College Publisher.

Pearson, Judy C. (2006). Human Communication. (2nd Edition). New York: McGraw Hill.

Shedletsky, Leonard J., & Aitken, Joan E. (2004). Human Communication on the Internet. Boston: Pearson Education.

West, R., & Lynn, H. Turner. (2013). Introducing Communication Theory: Analys and Application. 5th Edition. New York: McGraw-Hill.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>