Interaksi Simbolik pada Perencanaan Komunikasi: Studi Kasus Distributor Beras

Main Article Content

Cindy Angelina Pratama
Muhammad Adi Pribadi

Abstract

The Covid-19 pandemic has made the development of information technology and the internet grow rapidly. All face-to-face activities are hampered and shifted to online. This was felt by RiceMart, which initially only focused on conventional sales. One strategy is to utilize online shopping platforms and social media to introduce its brand and products. The purpose of this research is to find out the role of symbolic interaction in communication planning through Instagram case study on RiceMart Official. The theory used in this research is symbolic interaction in communication planning strategies. The research used a qualitative approach with a case study research method. Data were obtained through in-depth interviews, participant observation, and documentation. Data validity techniques are carried out by theoretically linked reconfirmation. The results showed that symbolic interaction is interrelated with the communication planning stage. In this stage, interactions occur that form symbols with the same meaning such as the use of taglines, the creation of company regulations (SOP), and consumer expectations.


Pandemi Covid-19 membuat perkembangan teknologi informasi dan internet bertumbuh dengan sangat pesat. Segala aktivitas tatap muka menjadi terhambat dan beralih ke online. Hal ini juga dirasakan oleh RiceMart yang awalnya hanya berfokus pada penjualan secara konvensional. Salah satu strategi yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan platform belanja online dan media sosial untuk memperkenalkan merek dan produknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran interaksi simbolik dalam perencanaan komunikasi melalui instagram studi kasus pada RiceMart Official. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah interaksi simbolik dalam strategi perencanaan komunikasi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan konfirmasi ulang dikaitkan secara teoritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi simbolik saling berkaitan dengan tahap perencanaan komunikasi. Dalam tahapan tersebut terjadi interaksi yang membentuk simbol-simbol dengan makna yang sama seperti penggunaan tagline, terciptanya peraturan peruashaan (SOP), dan harapan konsumen.

Article Details

How to Cite
Pratama, C. A., & Pribadi, M. A. (2024). Interaksi Simbolik pada Perencanaan Komunikasi: Studi Kasus Distributor Beras. Koneksi, 8(1), 160–168. https://doi.org/10.24912/kn.v8i1.27609
Section
Articles

References

Herdiyani, S., Barkah, C. S., Auliana, L., & Sukoco, I. (2022). Peranan Media Sosial Dalam Mengembangkan Suatu Bisnis: Literature Review. Jurnal Administrasi Bisnis, 18(2), 103–121. https://doi.org/10.26593/JAB.V18I2.5878.103-121

Justine, S., & Pribadi, M. A. (2023). View of Strategi Komunikasi Pemasaran Pusat Perbelanjaan di Jakarta (Studi Kasus Emporium Pluit Mall). Prologia. https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/21281/14031

Percy, L., & Rosenbaum-Elliott, R. (2011). Strategic Advertising Management. Oxford University Press.

Putra, G. H., & Pribadi, M. A. (2021). View of Peran Interaksi Simbolik Dalam Perencanaan Komunikasi Pemasaran ( Studi Kasus Strogen Indonesia ). Prologia. https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/10210/7931

Riyanto, G. P., & Pratomo, Y. (2023). Orang Indonesia Internetan Lebih dari 7 Jam Sehari, Paling Sering Buka WA dan IG. Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2023/02/14/14020097/orang-indonesia-internetan-lebih-dari-7-jam-sehari-paling-sering-buka-wa-dan-ig

Sangaji, H. (2018). Pemanfaatan Instagram Dalam Meningkatkan Pemasaran Online (Studi Deskriptif Kualitatif pada Akun Instagram lavanilla_photography). 2.

Sania, R. (2021). Pengaruh Brand Positioning, Brand Equity dan Product Quality Perception Terhadap Keputusan Pembelian Produk Elektronik Lemari Es SHARP Pada Masyarakat Kelurahan Delima Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru.

Sisyadi, B., & Pribadi, M. A. (2020). View of Interaksi Simbolik sebagai Pembentukan Perencanaan Komunikasi Pemasaran (Studi Etnografi pada PT. Inti Ozzigeno Nara Solusi). Prologia. https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/6433/4971

Taufik, M. (n.d.). Media Sosial sebagai Alat Komunikasi dan Informasi Organisasi yang Efektif. Retrieved January 12, 2024, from https://djpb.kemenkeu.go.id/kppn/meulaboh/id/data-publikasi/artikel/2862-media-sosial.html

West, R., & Turner, L. H. (2017). Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi. Salemba Humanika.

Widi, S. (2023). Pengguna Media Sosial di Indonesia Sebanyak 167 Juta pada 2023. DataIndonesia.Id. https://dataindonesia.id/internet/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-sebanyak-167-juta-pada-2023

Yin, R. K. (2013). Studi Kasus: Desain & Metode. Rajawali Pers.

Yuliana, & Pribadi, M. A. (2022). View of Interaksi Simbolik dalam Perencanaan Komunikasi Pemasaran: Studi Kasus Kyne di Tiktok. Prologia. https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/10670/12623

Most read articles by the same author(s)