Interaksi Simbolik dalam Perencanaan Komunikasi Politik @puterikomarudin melalui Instagram

Main Article Content

Aldi Hardianto
Muhammad Adi Pribadi

Abstract

Political communication through online media is important for an election candidate to achieve their goals. One of the political communication activities of political elites with the public is carried out by DPR member Puteri Komarudin. This study aims to determine how the role of symbolic interaction in political communication planning through Instagram social media @puterikomarudin aimed at Generation Z as election voters. This research uses qualitative research methods. The results showed that the symbolic interaction applied in @puterikomarudin's political communication planning was carried out by instilling clear identities and values. The strong role of symbolic interaction in the @puterikomarudin account has an impact on the political communication planning process in achieving the goal of the DPR RI general election and team performance.


Komunikasi politik melalui media online merupakan hal penting dilakukan bagi seorang kandidat pemilu dalam mencapai tujuannya. Salah satu kegiatan komunikasi politik elit politik dengan masyarakat dilakukan oleh anggota DPR Puteri Komarudin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran interaksi simbolik dalam perencanaan komunikasi politik melalui media sosial Instagram @puterikomarudin yang ditujukan ke generasi Z sebagai pemilih pemilu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi simbolik yang diterapkan dalam perencanaan komunikasi politik @puterikomarudin dilakukan dengan menanamkan identitas dan nilai-nilai yang jelas. Kuatnya peran interaksi simbolik dalam akun @puterikomarudin berdampak pada proses perencanaan komunikasi politik dalam mencapai tujuan pemilihan umum DPR RI, dan kinerja tim.

Article Details

How to Cite
Hardianto, A., & Pribadi, M. A. (2024). Interaksi Simbolik dalam Perencanaan Komunikasi Politik @puterikomarudin melalui Instagram. Koneksi, 8(1), 83–91. https://doi.org/10.24912/kn.v8i1.27560
Section
Articles

References

Ahmadi. (2015). Analisis Konstruksi Hukum Konstitusionalitas Pemilu Serentak Pada Tahun 2019. Jurnal Al-'Adi, 8.

Alaftariasaujana, W.;& Pribadi, M. A. (2023). The Role of Symbolic Interaction In The Planning Of The Marketing Communication Through Social Media (A Case Study of Instagram @Kulinertanjungpinang). International Journal of Application on Social Science and Humanities, 1(1)

Amir, M. (2020). Keserentakan Pemilu 2024 yang Paling Ideal Berdasarkan Berdasarkan Putusan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia. Depok: AL-ISHLAH: Jurnal Ilmiah Hukum, Vol. 23, No 2, 116.

Heryanto, G. G. (2018). Media Komunikasi Politik, Dilema Antara Idealitas dan Realitas Politik (Pertama). IRCiSoD.

Khoiroh, Umatul. 2017. Instagram Sebagai Media Interaksi Simbolik Dalam Menciptakan Gaya Hidup (Studi Deskriptif Kualitatif Penggunaan Fitur pada Konsumen Secret Garden Coffee & Chocolate Yogyakarta)

Morrisan. (2013). Teori Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Percy, L.;& Rosenbaum-Elliot, R. (2012). Strategic Advertising Management (4th Edition p.). Oxford University Press.

Putri, Shania Dwi. (2020). Straetgi Pengelolaan Komunikasi Dalam Membentuk Authentic Personal Branding Dalam Media Sosila Tiktok (Studi Kasus Seleb Tiktok).

Sani, N. (2021). Perencanaan Komunikasi Pemasaran Pada PT. Agung Automall Cabang Harapan Raya Kota Pekanbaru Dalam Mempromosikan Program Toyota Ada Untuk Anda. Jurnal Repository UIN-Suska.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yin, Robert K. (2014). Studi Kasus Desain & Metode. Jakarta: Rajawali Pers.

Most read articles by the same author(s)