Konstruksi Nilai Kesedihan dalam Lagu Pop

Main Article Content

Marilyn Alexander
Lusia Savitri Setyo Utami

Abstract

Music, as a universal means of communication, can be enjoyed by various groups. The uniqueness of communication through music lies in the message conveyed in the song lyrics. However, in the midst of the diversity of music types, there is one phenomenon that attracts the attention of the Indonesian people, namely their interest in sad songs. “Car's Outside” by James Arthur is an example of a song with sad lyrics. This study aims to describe the construction of sadness values contained in the lyrics of the song. Song lyrics are a tool to convey messages to a wide audience. The researcher uses a qualitative approach by applying Ferdinand De Saussure's semiotic analysis method which focuses on the signifier and signified. The research uses the concepts of mass communication, song lyrics, popular culture, and the construction of sadness value. The results showed that the construction of sadness value contained in the song lyrics raised the emotional aspects related to long-distance relationships. Obstacles in communication become the main highlight in strengthening feelings of sadness and loss. The sadness paradox phenomenon indicates that one can feel happiness listening to a sad song, creating a complex experience. When this theme is applied to long-distance relationships, pop songs become a relevant channel to express and feel the longing enveloping couples separated by distance.


Musik sebagai sarana komunikasi universal dapat dinikmati oleh berbagai kalangan. Keunikan komunikasi melalui musik terletak pada pesan yang disampaikan pada lirik lagu. Namun di tengah keberagaman jenis musik, terdapat satu fenomena yang menarik perhatian masyarakat Indonesia yaitu ketertarikan mereka terhadap lagu bernuansa sedih. “Car’s Outside” oleh James Arthur merupakan contoh lagu dengan lirik yang mengandung kesedihan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konstruksi nilai kesedihan yang terdapat dalam lirik lagu tersebut. Lirik lagu merupakan alat menyampaikan pesan kepada khalayak secara luas. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan menerapkan metode analisis semiotika Ferdinand De Saussure yang berfokus pada penanda (signifier) dan petanda (signified). Penelitian menggunakan konsep komunikasi massa, lirik lagu, budaya populer, dan konstruksi nilai kesedihan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa konstruksi nilai kesedihan yang terdapat dalam lirik lagu tersebut mengangkat aspek emosional terkait dengan hubungan jarak jauh. Kendala dalam komunikasi menjadi sorotan utama dalam memperkuat perasaan sedih dan kehilangan. Fenomena sadness paradox mengindikasikan bahwa seseorang dapat merasakan kebahagiaan mendengarkan lagu sedih, menciptakan pengalaman kompleks. Ketika tema ini diterapkan pada hubungan jarak jauh, maka lagu pop menjadi saluran relevan untuk mengekspresikan dan merasakan kerinduan menyelimuti pasangan yang terpisah oleh jarak.

Article Details

How to Cite
Alexander, M., & Utami, L. S. S. (2024). Konstruksi Nilai Kesedihan dalam Lagu Pop. Koneksi, 8(2), 313–323. https://doi.org/10.24912/kn.v8i2.27564
Section
Articles
Author Biographies

Marilyn Alexander, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Lusia Savitri Setyo Utami, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Arifin, S. H., Fuady, I., & Kuswarno, E. (2017). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Persepsi Mahasiswa Untirta Terhadap Keberadaan Perda Syariah di Kota Serang. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 21(1), 88–101. https://media.neliti.com/media/publications/123770-ID-none.pdf

Cahya, A. I. S., & Sukendro, G. G. (2022). Musik sebagai Media Komunikasi Ekspresi Cinta (Analisis Semiotika Lirik Lagu “Rumah ke Rumah” Karya Hindia). Koneksi, 6(2), 246–254. https://journal.untar.ac.id/index.php/koneksi/article/view/15565/12615

Erlangga, Y. C., Utomo, W. I., & Anisti. (2021). Konstruksi Nilai Romantisme Dalam Lirik Lagu (Analisis Semiotika Ferdinand de Saussure Pada Lirik Lagu “Melukis Senja”). Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 149–160. https://journal.unpas.ac.id/index.php/linimasa/article/view/4091/1862

Fatimah, Hj. Dr. (2020). Semiotika dalam Iklan Layanan Masyarakat (ILM) (Syahril, Ed.). Tallasa Media. http://repositori.iain-bone.ac.id/777/1/Buku%20Semiotika%20ILM%20Fatimah.pdf

Fitri, S. (2017). Analisa Semiotik Makna Motivasi Lirik Lagu “Cerita Tentang Gunung Dan Laut” Karya Payung Teduh. Jurnal Komunikasi, 8(3), 256–261. https://www.neliti.com/id/publications/487890/analisa-semiotik-makna-motivasi-lirik-lagu-cerita-tentang-gunung-dan-laut-karya

Khadavi, J. M. (2014). Dekonstruksi Musik Pop Indonesia Dalam Perspektif Industri Budaya. Jurnal Humanity, 9(2), 47–56. https://media.neliti.com/media/publications/11310-ID-dekonstruksi-musik-pop-indonesia-dalam-perspektif-industri-budaya.pdf

Najla, N. A. (2020). Dampak Mendengarkan Musik Terhadap Kondisi Psikologis Remaja. Jurnal Edukasi, 1(1), 1–10. https://osf.io/preprints/psyarxiv/fwujn/

Nirwana, S. N., Adityasning, W., & Lubis, O. F. (2022). Analisis Semiotik Makna Rasa Penyesalan Pada Lirik Lagu K-Pop NCT Dream “Sorry, Heart.” Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(10), 3719–3730. http://jurnal.um tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/8662/5388

Nugroho, M. A. (2022). Kreasi Musik Kontemporer Tinjauan Sejarah dan Gaya Musik Kontemporer Indonesia dan Barat. Guepedia. https://www.google.co.id/books/edition/Kreasi_Musik_Kontemporer_Tinjauan_Sejara/iRyHEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&printsec=frontcover

Pahleviannur, R. M., Grave, D. A., Saputra, N. D., Mardianto, D., & Sinthania, D. Ns. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif (F. Dr. Sukmawati, Ed.; Vol. 1). Pradina Pustaka. https://www.google.co.id/books/edition/Metodologi_Penelitian_Kualitatif/thZkEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&printsec=frontcover

Rahman, F. D. (2022, May 23). Selera Musik di Indonesia Cenderung Lagu Sedih. Kata Data

https://katadata.co.id/ariayudhistira/analisisdata/6287a5383c274/selera-musik-di-indonesia-cenderung-lagu-sedih

Ratnasari, E. B. (2016). Peran Musik Dalam Ekspresi Emosional Remaja Ketika Menghadapi Masalah Pada Kehidupan Remaja Kampung Panjangsari Baru Parakan Temanggung [Diploma Thesis, Universitas Negeri Semarang]. http://lib.unnes.ac.id/29208/1/2501412062.PDF

Sari, N., Murdiati, E., & Hamandia, R. M. (2023). Komunikasi “Love Language” Dalam Keluarga (Studi Pada Pasangan Suami Istri Di Kelurahan Bukit Baru Palembang). Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS), 3(1), 104–109. http://www.jurnal.minartis.com/index.php/jkomdis/article/view/569/520

TEMPO. (2019). Profil dan perjalanan Musik : Koes Plus - Seri V. Tempo Publishing. https://www.google.co.id/books/edition/Profil_dan_perjalanan_Musik_Koes_Plus_Se/Cp3ODwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=).+Profil+dan+perjalanan+Musik:+Koes+Plus+-+Seri+V&printsec=frontcover

Ulfa, F. A., & Adhrianti, L. (2019). Pengelolaan Konflik Pada Hubungan Long Distance Relationship (LDR) Melalui Media Komunikasi Whatsapp (Studi Pada Pasangan Long Distance Relationship (LDR) Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Bengkulu). JURNAL KAGANGA, 3(2), 1–10. https://ejournal.unib.ac.id/jkaganga/article/view/20789/9588

Valencialaw, N., & Utami, S. S. L. (2023). K-Pop dan Perilaku Konsumtif Menonton Konser. Koneksi, 7(1), 112–119. https://journal.untar.ac.id/index.php/koneksi/article/view/21301/13960

Yuliana, R. S., Mahmudah, & Saguni, S. S. (2019). Klasifikasi Emosi Tokoh Dalam Novel Maryam Karya Okky Madasari Kajian Psikologi Sastra Davif Krech [Diploma Thesis, Universitas Negeri Makassar]. http://eprints.unm.ac.id/11824/1/Jurnal%20Sri%20Risma%20Yuliana%20pdf.pdf

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>