Analisis Semiotika Pesan Afirmasi pada Lirik Lagu DAY6 ‘Marathon’
Main Article Content
Abstract
Lirik lagu dapat menjadi media komunikasi yang efektif untuk menyampaikan pesan afirmasi. Afirmasi dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari melihat banyaknya masyarakat terutama generasi muda yang sering merasa cemas atau khawatir akibat tekanan dari lingkungan sekitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pesan afirmasi yang direpresentasikan dalam lirik lagu ‘Marathon’. Penelitian ini menggunakan konsep komunikasi massa, lirik lagu, budaya populer, pesan afirmasi, dan analisis semiotika. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan dilakukan dengan menggunakan metode analisis semiotika Ferdinand de Saussure. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya representasi pesan afirmasi pada lirik lagu ‘Marathon’ dalam mengembangkan pikiran positif, meningkatkan kepercayaan diri dan keyakinan diri, serta meningkatkan ketenangan.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Koneksi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Aji, P. T., & Rizkasari, E. (2021). Efektifitas Terapi Afirmasi Positif dan Relaksasi Terhadap Penurunan Tingkat Stres pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sinetik, 4(2), 196–208. https://doi.org/10.33061/js.v4i2.6716
Alam, S., & Nyarimun, A. J. (2017). Musik K-Pop Sebagai Alat Diplomasi Dalam Soft Power Korea Selatan. International & Diplomacy, 3(1), 75–100. https://isip.usni.ac.id/jurnal/5%20Syafril%20Alam%20dan%20Ansgrasia%20Jenifer%20Nyarimun.pdf
Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik, Sumber dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146–150. https://journal.ummat.ac.id/index.php/historis/article/view/3432
Aulia, E. I. (2022). Pesan Moral dalam Lirik Lagu (Analisis Semiotika Lirik Lagu RAN featuring Hindia dan Endah N Rhesa) [Undergraduate Thesis, Universitas Indonesia Islam Yogyakarta]. https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/41609/18321066.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Cahya, S. I. A., & Sukendro, G. G. (2022). Musik sebagai Media Komunikasi Ekspresi Cinta (Analisis Semiotika Lirik Lagu “Rumah ke Rumah” Karya Hindia). Jurnal Koneksi, 6(2), 246–254. https://doi.org/https://doi.org/10.24912/kn.v6i2.15565
Cohen, G. L., & Sherman, D. K. (2014). The Psychology of Change: Self-Affirmation and Social Psychological Intervention. Annual Review of Psychology, 65, 333–371. https://doi.org/10.1146/annurev-psych-010213-115137
Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif (1st ed.). Wal Ashri Publishing.
Kustiawan, W., Siregar, F. K., Alwiyah, S., Lubis, R. A., Gaja, F. Z., Pakpahan, N. S., & Nurhayati. (2022). Komunikasi Massa. Analytica Islamica, 11(1). http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/analytica/article/view/11923
Prasetya, R. (2020, November 7). 7 Rekomendasi Lagu Pop Indonesia yang Bisa Menjadi Afirmasi Positif. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/reynalprasetya/5fa68e35d541df5781746d32/7-rekomendasi-lagu-pop-indonesia-yang-bisa-menjadi-afirmasi-positif?page=1&page_images=1
Purwa, N. A. I. P. (2019). Lagu Sebagai Media Kritik Sosial (Analisis Isi Pesan Kritik Sosial Pada Lirik Lagu Karya A. Muhibbin) [Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta]. https://eprints.ums.ac.id/77799/3/naskah%20publikasi-65%20nofanda.pdf
Tjahjadi, K. (2022, August 15). 5 Alasan Afirmasi Positif Penting bagi Milenial dan Gen Z. IDN Times. https://www.idntimes.com/life/inspiration/khariton-tjahjadi/afirmasi-positif-c1c2-1?page=all
Utami, L. S. S., & Winduwati, S. (2020). Fandom and Voluntary “ARMY”: Case Study on BTS Fans in Indonesia. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 570, 876–883. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201209.105
Wahiddah, S. A. N., & Julia, J. (2022). Afirmasi Positif : Booster untuk Meminimalisir Hambatan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 15(2), 189–199. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v15i2.50910
Yuliarti, M. S. (2015). Komunikasi Musik: Pesan Nilai-Nilai Cinta dalam Lagu Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(2), 189–198. https://doi.org/10.24002/jik.v12i2.470