Aktivitas Komunikasi Organisasi Sebagai Upaya Keberhasilan Implementasi Program Kerja di Masa Pandemi Covid-19

Main Article Content

Lusia Savitri Setyo Utami
Clara Felicia Xiang

Abstract

Citra Pesona is one of the organizations at Tarumanagara University as an art and event organizer. Citra Pesona also has committee activities through work programs. The pandemic caused Citra Pesona to do the work programs online. Organizational communication helped Citra Pesona achieve the success of work programs during the pandemic. This study aimed to describe organizational communication at Citra Pesona in achieving the success of work programs during the pandemic. The concept and theories that the researcher used in this research are organizational communication and modern organization theory. The research method used is qualitative research with the case study method. The data collection methods in this study are in-depth interviews, participant observation, documentation, and library study. The results of this study are organizational communication at Citra Pesona in carrying out work programs during the pandemic was formal, semi-formal, and informal. There are organizational communication flows in work programs during the pandemic; upward, downward, and horizontal communications. The communication functions in the work program during the pandemic are informative, regulatory, persuasive, and integrative. The researcher also found that in carrying out work programs during the pandemic, Citra Pesona is an organization with an open system that can adapt to its environment. 


Citra Pesona adalah salah satu organisasi unit kegiatan mahasiswa di Universitas Tarumanagara yang bergerak dalam bidang kesenian dan event organizer. Citra Pesona juga memiliki kegiatan kepanitiaan melalui program kerja. Masa pandemi mengakibatkan Citra Pesona melaksanakan program kerja menjadi online, komunikasi organisasi memiliki peran penting dalam membantu Citra Pesona mencapai keberhasilan program kerja pada masa pandemi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan komunikasi organisasi di Citra Pesona dalam mencapai keberhasilan program kerja pada masa pandemi. Konsep dan teori yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah komunikasi organisasi dan teori organisasi modern. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Dalam pengumpulan data, peneliti melakukan wawancara mendalam dengan 4 narasumber, observasi partisipan, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi organisasi di Citra Pesona dalam melaksanakan program kerja di masa pandemi adalah formal, semi formal, dan informal. Aliran-aliran komunikasi organisasi dalam program kerja pada masa pandemi adalah komunikasi ke atas, ke bawah, dan horizontal. Fungsi komunikasi dalam program kerja pada masa pandemi adalah fungsi informatif, regulatif, persuasif, dan integratif. Peneliti juga menemukan bahwa dalam melaksanakan program kerja pada masa pandemi Citra Pesona adalah organisasi dengan sistem yang terbuka dan mampu beradaptasi dengan lingkungannya yang berubah.

Article Details

How to Cite
Utami, L. S. S., & Xiang, C. F. (2022). Aktivitas Komunikasi Organisasi Sebagai Upaya Keberhasilan Implementasi Program Kerja di Masa Pandemi Covid-19. Koneksi, 6(2), 226–235. https://doi.org/10.24912/kn.v6i2.15551
Section
Articles

References

Hasanti, I. D. (2019). Analisis Komunikasi Organisasi Antara Event Project Team dan Account Executive di Event Organizer Twisbless. Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 8(1), 32–41.

Kenan Spaho. (2012). Organizational Communication As an Important Factor of Company Success: Case Study of Bosnia and Herzegovina. Business Intelligence Journal, 2(4), 398–401.

Muis, M. R., Jufrizen, J., & Fahmi, M. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 1(1), 9–25.

Mukarom, Z. (2020). Teori-teori Komunikasi. Bandung: Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Mulawarman, K., & Rosilawati, Y. (2014). Komunikasi Organisasi Pada Dinas Perijinan Kota Yogyakarta Untuk Meningkatkan Pelayanan. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 5(1), 31.

Napitupulu, D. S. (2019). Komunikasi Organisasi Pendidikan Islam. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 11(2), 127–136.

Nurdianti, S. R. (2014). Analisis Faktor-Faktor Hambatan Komunikasi dalam Sosialisasi Program Keluarga Berencana pada Masyarakat Kebon Agung Samarinda. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 145–159.

Solong, H. A., & Yadi, A. (2021). Kajian Teori Organisasi Dan Birokrasi Dalam Pelayanan Publik. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Vincent, V., Susanto, E. H., & Pribadi, M. A. (2019). Analisis Komunikasi Organisasi pada Tempat Pelatihan Bulu Tangkis Candra Wijaya International Badminton Centre (CWIBC). Koneksi, 2(2), 621–626.

Wisman, Y. (2017). Komunikasi Efektif Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Nomosleca, 3(2), 646–654. https://doi.org/10.26905/NOMOSLECA.V3I2.2039

Yulindasari, N. O. (2019). Peran Komunikasi Dalam Mencapai Keberhasilan Organisasi. Revitalisasi Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di Era Revolusi Industri 4.0, 0(0), 158–162.

Zaini, R. L. (2017). Komunikasi Organisasi Berbasis Sistemmanajemen Mutu ISO 9001 : 2008 di Pengadilan Agama Pekanbaru. Skripsi. Pekanbaru: Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>