Pembentukan Konsep Diri Penggemar Melalui Lirik Lagu

Main Article Content

Irvia Wijayanti
Lusia Savitri Setyo Utami

Abstract

The development of mass communication through the media plays a role in changing the community environment in various fields of life, including the spread of culture worldwide, one of which is South Korean popular culture (K-Pop). Music is one of the most popular K-Pop products. BTS is the most talked about K-Pop singer. Fans' interest is supported by the positive messages contained in BTS songs. Positive messages that are listened to repeatedly have implications for the listeners' lives, especially BTS fans. This can shape the way fans see themselves. The researcher intends to explain and describe the formation of fan self-concept through the meaning of messages in BTS song lyrics. Some supporting theories used in this research are Symbolic Interactionism, self-concept, media effects, messages, and message meaning. This research was conducted using a qualitative approach with a case study method. Data were obtained from interviews, observations, documentation, and literature studies. The results showed that fans perform a thought process when listening to BTS songs by interpreting, interpreting, and providing an understanding of BTS songs. The self-concept of fans is then formed in each of them and in the communication process with others.


Perkembangan komunikasi massa melalui media berperan dalam mengubah lingkungan masyarakat di berbagai bidang kehidupan termasuk penyebaran budaya di dunia salah satunya budaya populer Korea Selatan (K-Pop). Musik merupakan salah satu produk K-Pop yang paling banyak disukai. BTS adalah penyanyi K-Pop yang paling banyak dibicarakan. Ketertarikan penggemar didukung dengan pesan-pesan positif yang terkandung di dalam lagu BTS. Pesan positif yang didengarkan berulang kali membawa implikasi pada kehidupan pendengar, terutama penggemar BTS. Hal ini dapat membentuk cara pandang penggemar terhadap diri mereka sendiri. Peneliti bertujuan menjelaskan dan mendeskripsikan pembentukan konsep diri penggemar melalui makna pesan dalam lirik lagu BTS. Beberapa teori pendukung yang digunakan dalam penelitian ini adalah Interaksionisme Simbolik, konsep diri, efek media, pesan, dan makna pesan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data penelitian diperoleh dari kegiatan wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saat mendengarkan lagu BTS, para penggemar melakukan proses berpikir dengan mengartikan, memaknai, dan memberikan pemahaman terhadap lagu BTS. Konsep diri penggemar kemudian terbentuk dari dalam diri masing-masing, serta dalam proses komunikasi dengan orang lain.

Article Details

How to Cite
Wijayanti, I., & Utami, L. S. S. (2023). Pembentukan Konsep Diri Penggemar Melalui Lirik Lagu. Koneksi, 7(2), 375–384. https://doi.org/10.24912/kn.v7i2.21407
Section
Articles
Author Biographies

Irvia Wijayanti, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Lusia Savitri Setyo Utami, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik, Sumber dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146–150. https://doi.org/10.31764/historis.vXiY.3432

Apriliani, R., & Setiawan, R. (2019). Pembentukan Konsep Diri Mahasiswa Penggemar Budaya Populer Korea. Hermeneutika: Jurnal Hermeneutika, 5(2), 107–120. https://doi.org/10.30870/HERMENEUTIKA.V5I2.7234

Ardiansyah, Y. (2017). Makna Kritik Sosial dalam Lirik Lagu (Analisis Hermeneutika Dalam Lirik Lagu “Humaniora, Perahu Kota, Dan Insan Loba” Karya Innocenti. (Tesis, Universitas Muhammadiyah Malang). http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35174

Dhemy, P. (2012). Profesi Saya Terlarang Studi Kasus Mengenai Konsep Diri Mahasiswa yang Berprofesi sebagai Gigolo. (Tesis S1, Universitas Negeri Yogyakarta). https://eprints.uny.ac.id/9718/

Fardilla, D. (2017). Peranan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) dalam Pencegahan Pelecehan Seksual terhadap Anak di Kota Pekanbaru (Tesis Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau). https://repository.uin-suska.ac.id/18144/

Fathonah, S., Paramita, S., & Utami, L. S. S. (2019). Makna Pesan dalam Tari Tradisional (Analisis Deskriptif Kualitatif Makna Pesan dalam Kesenian Tari Piring). Koneksi, 3(1), 99–104. https://doi.org/10.24912/KN.V3I1.6151

Fitriansyah, F. (2018). Efek Komunikasi Massa Pada Khalayak (Studi Deskriptif Penggunaan Media Sosial dalam Membentuk Perilaku Remaja). Cakrawala, 18(2), 171–178. https://doi.org/10.31294/jc.v18i2

Ismail. (2022). 5 Perjalanan Karier BTS, Umumkan Hiatus Setelah Luncurkan Album Proof. Suara.Com. https://www.suara.com/entertainment/2022/06/15/190100/5-perjalanan-karier-bts-umumkan-hiatus-setelah-luncurkan-album-proof?page=2

Khatimah, H. (2018). Posisi dan Peran Media dalam Kehidupan Masyarakat. Tasamuh, 16(1), 119–136. https://doi.org/10.20414/tasamuh.v16i1.548

Mardianinta, W. (2016). Perilaku Prososial pada Scooterist Vespa Ekstrim di Semarang. (Tesis, Universitas Katolik Soegijapranata). http://repository.unika.ac.id/13160/

Molina, E., & Hee Young, Y. (2022). No. of global Hallyu fans sees 17-fold jump to 150M in 10 years. Korea.net . https://www.korea.net/NewsFocus/Culture/view?articleId=211458

Musfialdy, & Anggraini, I. (2020). Kajian Sejarah dan Perkembangan Teori Efek Media. Jurnal Komunikasi Dan Bisnis, VIII(1). https://jurnal.kwikkiangie.ac.id/index.php/JKB/article/view/639/408

Nuryanti, A. (2019). Representasi Lirik Lagu “Answer: Love Myself” (Discourse Analysis on Answer: Love Myself Produced by Beyond The Scene). (Tesis Diploma, Universitas Bina Darma). http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/111

Purnamasari, D. (2017). Konsep Diri pada Penari Androgini (Studi Kasus pada Kelompok Penari Laki-laki WAP Crew). (Tesis Skripsi, Universitas Airlangga). http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70679

Radityama, D. R. D. (2021). Pesan Konsep Diri dalam Lirik Lagu dari Beyond The Scene (BTS) Studi Analisis Semiotika Roland Barthes. (Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel). http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46045

Rakhmat, J. (2012). Psikologi Komunikasi. PT Remaja Rosdakarya.

Trinanda, E. R., & Abidin, S. (2019). Analisis Semiotika dari Lirik Lagu Esok Kan Bahagia yang Dipopulerkan oleh Group Band D’Masiv. Scentia Journal: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(2). https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/scientia_journal/article/view/2603

Triwahyuni, Y. (2020). Konsep Diri Penggemar K-Pop (Studi Mahasiswa Penggemar K-Pop Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau) (Tesis, Universitas Islam Riau). http://repository.uir.ac.id/id/eprint/6559

Utami, L. S. S. (2020, Desember). Hallyu Rengkuh Pasar Indonesia: Soft Power Budaya Pop lewat Media Digital. Digitalisasi dan Humanisme dalam Ekonomi Kreatif. PT Gramedia Pustaka Utama. https://www.researchgate.net/publication/366094406_Hallyu_rengkuh_Pasar_indonesia_Soft_Power_Budaya_Pop_lewat_media_Digital

Wardani, A. S. (2022). Warganet Indonesia Paling Ramai Bicarakan Soal K-Pop di Twitter. Liputan 6. https://www.liputan6.com/tekno/read/4870876/warganet-indonesia-paling-ramai-bicarakan-soal-k-pop-di-twitter

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>