Representasi Persahabatan dalam Anime One Piece Episode of Merry
Main Article Content
Abstract
Anime is a form of culture in Japan. By using this anime, Japan can show its cultural values in a unique, creative and modern way. The author's goal is to conduct research on the One Piece Episode of Merry anime to find out how friendship is represented by applying mass communication theory, advertising, representation, friendship. , and the semiotics of Charles Sander Peirce. The approach used is a qualitative approach with a descriptive type along with Charles Sander Peirce's semiotics as an analytical technique. In this study, the meaning and values of friendship were found in the anime One Piece Episode of Merry, namely a sense of self-sacrifice, mutual care, and mutual support shown by the Straw Hat Crew.
Anime merupakan salah satu bentuk budaya di negara Jepang. Dengan menggunakan anime ini Jepang bisa memperlihatkan nilai-nilai budaya dengan cara yang unik, kreatif dan modern. Tujuan penulis melakukan penelitian terhadap anime One Piece Episode of Merry untuk mengetahui bagaimana persahabatan itu direpresentasikan yang dengan menerapkan teori komunikasi massa, iklan, representasi, persahabatan, dan semiotika Charles Sander Peirce. Pendekatan yang dipakai adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif beserta semiotik Charles Sander Peirce sebagai teknik analisis. Dalam penelitian ini, ditemukan makna dan nilai-nilai persahabatan dalam anime One Piece Episode of Merry yaitu rasa rela berkorban, saling peduli, saling mendukung satu sama lain yang ditunjukkan oleh Straw Hat Crew.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Koneksi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Cangara, H. (2016). Pengantar Ilmu Komunikasi (2nd ed.). PT Rajagrafindo Persada.
Deddy, M. (2015). Semiotika dalam Riset Komunikasi (S. Risman (ed.)). Ghalia Indonesia.
Edelweis, L. (2020). Mengenal Arti Warna Biru Menurut Psikologi, Ketahui Fakta Uniknya. Merdeka.Com. https://www.merdeka.com/jatim/mengenal-arti-warna-biru-menurut-psikologi-ketahui-fakta-uniknya-kln.html
Elvinaro, Ardianto, K. L., & Siti, K. (2014). Komunikasi Massa Suatu Pengantar Edisi Revisi (R. K. S. (ed.); Revisi). Simbiosa Rekatama Media.
Indiwan, W. W. S. (2013). Semiotika Komunikasi: Aplikasi Praktis bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi (2nd ed.). Mitra Wacana Media.
Nugroho, P. A., & Hendrarastomo, G. (2017). Anime Sebagai Budaya Populer (Studi Pada Komunitas Anime Di Yogyakarta). Jurnal Pendidikan Sosiologi, 6(3), 1–15. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42880
Prayona, B. A. (2017). Perbedaan kualitas persahabatan remaja ditinjau dari gaya kelekatan. (Skripsi, Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang), 1(1), 113–124.
Restu. (2022). 15 Fakta One Piece Ini Wajib Kamu Ketahui. Gramedia.Com. https://www.gramedia.com/best-seller/fakta-one-piece/
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.