Propaganda Film Kartun “The Ducktators” Pada Perang Dunia II (Studi Makna Denotasi-Konotasi)

Isi Artikel Utama

Keren Hapukh
Hadi Artomo
Diah Ayu Candraningrum

Abstrak

Perang Dunia II menjadi pertarungan militer terbesar yang pernah terjadi di dunia. Propaganda menjadi salah satu alat yang digunakan pada masa Perang Dunia II dengan kemenangan sebagai tujuan utamanya. Film kartun hitam-putih “The Ducktators” merupakan film anak-anak yang digunakan sebagai alat propaganda pada Perang Dunia II oleh Amerika Serikat. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan adanya pesan propaganda dalam film kartun anak-anak yang berjudul “The Ducktators”. Terdapati lima konsep teknik propaganda yang pada tiap masing-masing teknik dijabarkan menjadi tiga. Dengan demikian total keseluruhan teknik yang digunakan yakni lima belas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan analisis denotasi-konotasi Roland Barthes. Hasil penelitian, yaitu adanya pesan-pesan propaganda, seperti penggambaran tiga tokoh Perang Dunia II, yaitu Adolf Hitler, Benito Mussolini, dan Hideki Tojo. Hasil penelitian lain terkait teknik propaganda misalnya, teknik persuasif-symbol, sering munculnya lambang swastika yang mewakili simbol Nazi pada film kartun. Propaganda pada film menjadi salah satu alat perang yang digunakan pada Perang Dunia II saat itu. Namun, tidak hanya pada saat Perang Dunia II saja, propaganda dalam media massa sampai hari ini masih dapat dijumpai.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Hapukh, K., Artomo, H., & Candraningrum, D. A. (2018). Propaganda Film Kartun “The Ducktators” Pada Perang Dunia II (Studi Makna Denotasi-Konotasi). Koneksi, 1(2), 437–442. https://doi.org/10.24912/kn.v1i2.2019
Bagian
Articles

Referensi

Ardianto, Elvinaro. (2016). Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif, Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Heywood, Andrew. (2017). Politik Global, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Paramita, S. (2017). Dunia Sensor dan Moral Bangsa. Jakarta: Universitas Tarumanagara.

Sudaryono. (2017). Metodologi Penelitian, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sujarweni, V. Wiratna. (2014). Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Suryanto. (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi, Bandung:Pustaka Setia.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>