Makna Citra Diri Perempuan Bertato yang Berhijab

Callista Renata Yasim, Diah Ayu Candraningrum
| Abstract views: 152 | views: 206

Abstract

Tato adalah salah satu manifestasi dari komunikasi. Komunikasi artifaktual adalah bentuk komunikasi non-verbal yang berlangsung melalui berbagai artefak. Dalam hal ini termasuk tato yang digambar dalam pesan tubuh seseorang dan ditujukan kepada mereka yang menyaksikan dan memberikan pernyataan tentang fenomena kontroversial ini. Pemakai tato bertentangan dengan stigma jilbab, namun kemudian hadir seorang gadis dengan tato dahi yang tiba-tiba menjadi perhatian warganet melalui foto-foto yang diunggah ke media sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wanita yang bertato dan mengenakan jilbab memiliki makna sendiri. Dan citra diri di masyarakat dengan kehadiran tato yang telah menyebabkan citra diri wanita menjadi negatif. Meskipun telah terselubung dan juga berdampak pada komentar pro dan kontra.

Keywords

Tato; Hijab; Citra Diri

Full Text:

PDF

References

Adhisty Anindita Ferani, dkk. (2015). Hubungan antara Citra Tubuh dan Konsep Diri dengan Motivasi Bertato pada Wanita di Surakarta. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa Vol 4, No 3 Des (2015) ISSN:2442 8051.

Adhitya Nugraha. (2016). Fenomena Komunikasi Remaja Perempuan Bertato di Pekanbaru. JOM FISIP, Vol. 3 No. 2 – Oktober 2016.

AW Suranto. (2011). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu

Ayu Liza Karunia Syachrizally, Widayatmoko. (2018). Gaya Hidup Remaja Perempuan dalam Membentuk Body Image dan Citra Diri Sesuai Tren Masa Kini. https://journal.untar.ac.id/index.php/koneksi E-ISSN : 2598 - 0785.

Bayu Tria Firwansyah Putra. (2016). Fenomena Jilboobs di Media Sosial (Analisis Semiologi Tentang Makna Visual Pada Fenomena Busana Hijab “Jilboobs‟ di Media Sosial Instagram). Jurnal: digilib.uns.ac.id.

Cangara, Hafied (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Graffindo Persada.

Effendy, Onong Uchjana. (2016). Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. Bandung: Rosdakarya.

Fatmawati,dkk. Stigmatisasi dan Perilaku Diskriminatif pada Perempuan Bertato. (2015). Jurnal Equilibrium Pendidikan Sosiologi FKIP Unismuh Makassar, Volume III No. 1 November 2015.

Fristy, “Citra Diri pada Remaja Putri yang Mengalami Kecenderungan Gangguan Body Dysmorphic”, Jurnal Skripsi, Fakultas Psikologi, Universitas Gunadarma, Desember 2015.

Jasmia, Wa Ode, dkk. (2015). Transformasi Diri Wanita Berhijab (Studi Fenomenologis Pada Afiliasi-Afiliasi Organisasi Keislaman Di Kota Gorontalo). Jurnal Hasil Penelitian Skripsi Prodi Ilmu Komunikasi.

Kadir Olong, Hatib Abdul. 2013. Tato. Jakarta. PT LKIS Pelangi Aksara.

Komariyah, Fadilah Nur. (2015). Hubungan Antara Persepsi Gaya Hidup Fashion dengan Citra Diri pada Komunitas Hijabers di Surakarta. Naskah Publikasi,

Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015.

Kurniawati, Puput. (2017). Komunikasi Interpersonal dalam Menjalin Hubungan Perkawinan Adat Ngalor Ngulon (Studi Fenomenologi pada Pasangan Suami Istri di Desa Arjowilangun Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang) [skripsi]. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Lemert, C., & Branaman, A. (Eds.) (2017). The Goffman Reader. Oxford, UK: Blackwell Publishing.

Maltz, Maxwell. (2010). Kekuatan Ajaib Psikologi Citra Diri. Jakarta: Mitra Utama

Pipit Yuliani, (2013). Hubungan Citra Diri (Self-Image) dengan Perilaku Perawatan Wajah yang Dilakukan Pria di Klinik Skin Care Kota Bandung. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Reza Pahlevy, dkk. (2012). Konstruksi Makna Tato pada Anggota Komunitas “Paguyuban Tattoo Bandung”.

http://jurnal.unpad.ac.id

Sabrina Adventina Fitrianty Manru. (2017). Tato Sebagai Representasi Spiritual Orang-Orang Bertato. Tesis. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana

Sendjaja, Sasa Djuarsa. (2014). Pengantar Ilmu Komunikasi. In: Komunikasi: Signifikansi, Konsep, dan Sejarah. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sorga Perucha Iful Prameswari, Siti Aisah, dan Mifbakhuddin. (2013). Hubungan Obesitas dengan Citra Diri dan Harga Diri pada Remaja Putri di Kelurahan Jomblang Kecamatan Candisari Semarang. Jurnal Keperawatan Komunitas,

Volume 1, No. 1, Mei 2013.

Tri Hariyadi Setya Wardhana,dkk. (2014). Persepsi Mahasiswa Tidak Bertato Terhadap Fenomena Tato di Kalangan Mahasiswa Universitas Brawijaya. Jurnal Unibraw, Vol 2.

Widianti, Yeni. (2017). Hubungan antara Citra Diri tentang Ciri-ciri Perkembangan Seksual Sekunder dengan Konsep Diri pada Remaja Putri di SMP Negeri 33 Semarang [Skripsi]. Semarang: Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan, Universitas Muhammdiyah Semarang.

Copyright (c) 2019 Koneksi
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.