Komunikasi Organisasi Pada Perusahaan Skala Menengah Dalam Menciptakan Iklim Organisasi Supportiveness (Studi Etnografi Pada PT. Compro Kotak Inovasi)

Grady Grady, Riris Loisa
| Abstract views: 175

Abstract

Sebuah organisasi dapat dikatakan sukses dan berhasil apabila komunikasi internal organisasi tersebut berlangsung dengan baik dan harmonis. Komunikasi organisasi merupakan salah satu faktor penting untuk membangun iklim organisasi. Iklim organisasi dapat memberikan dorongan kepada individu dalam berperilaku. Oleh karena itu, setiap individu di dalam organisasi memiliki peran penting dalam menciptakan iklim organisasi yang baik dan harmonis. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana komunikasi organisasi pada perusahaan skala menengah dalam menciptakan iklim organisasi supportiveness. Penelitian ini dilaksanakan dalam paradigma interpretif, dengan pendekatan kualitatif dan metode etnografi. Informan kunci adalah COO serta karyawan dari perusahaan PT. Compro Kotak Inovasi. Penelitian ini mencapai kesimpulan bahwa komunikasi organisasi dimana pimpinan dan karyawan saling mendukung baik dalam konteks formal maupun informal merupakan kunci untuk membangun iklim organisasi supportiveness. Dalam konteks formal dapat dilakukan melalui rapat dan mentoring yang diadakan setiap hari Rabu di mana semua karyawan diwajibkan untuk hadir. Sedangkan dalam konteks informal, komunikasi organisasi dibangun melalui meditasi untuk mengawali rapat dan melalui pendekatan kuliner.

Keywords

Komunikasi, Organisasi, Iklim Organisasi

References

Idrus, Muhammad. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial, Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif Edisi Kedua. Jakarta: PT. Erlangga

Pace, R. Wayne., & Don F. Faules. (2001). Komunikasi Organisasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

______. (2013). Komunikasi Organisasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

http://repository.untar.ac.id/471/1/1250-2937-1-PB.pdf

http://www.kajianpustaka.com/2013/01/usaha-mikro-kecil-dan-menengah.html

www.compro.id

Copyright (c) 2018 Koneksi

Refbacks

  • There are currently no refbacks.