Deskripsi Gaya Komunikasi Ekspresif Penyiaran Modern Berbasis Audio

Main Article Content

Jessica Hudson
Riris Loisa

Abstract

Audio-based broadcasting is currently favored by the public as a means of information and entertainment. This is coupled with technological advances that make it easier for audio-based broadcasting to be accessed digitally. The development of the broadcasting world makes a broadcaster must adapt to the following technological developments in order to adjust the communication style used in delivering messages to listeners. Expressive communication style and message delivery are important factors for a broadcaster to be able to achieve communication goals, namely delivering messages that can be well received by listeners. The expressive communication style of a broadcaster is needed and becomes a supporting tool in delivering messages, especially for audio-based broadcasting. This research wants to know how the expressive communication style is carried out by a broadcaster. This research uses a descriptive qualitative approach. Data collection techniques were conducted through interviews with resource persons who are radio or podcast broadcasters, observation, literature study, documentation, and internet searches. The results showed that the broadcaster's expressive communication style depends on the use of tone of voice, intonation, word choice, and type of broadcasting media supported by the characteristics and personality of the broadcaster who adjusts to the listener segmentation and the ability to control mood.


Penyiaran berbasis audio saat ini digemari masyarakat dalam memenuhi informasi dan hiburan. Hal ini ditambah kemajuan teknologi yang memudahkan penyiaran berbasis audio diakses secara digital. Perkembangan dunia penyiaran membuat seorang penyiar harus beradaptasi dalam mengikuti perkembangan teknologi agar mampu menyesuaikan gaya komunikasi yang digunakan dalam menyampaikan pesan terhadap pendengarnya. Gaya komunikasi dan penyampaian ekspresi pesan yang disampaikan menjadi faktor penting bagi seorang penyiar untuk dapat mencapai tujuan komunikasi yaitu menyampaikan pesan yang diterima dengan baik oleh pendengar. Gaya komunikasi ekspresif dari seorang penyiar dibutuhkan dan menjadi alat pendukung dalam penyampaian pesan terlebih bagi penyiaran berbasis audio. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana gaya komunikasi ekspresif yang dilakukan oleh seorang penyiar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif secara deskriptif. Teknik pengumpulan data yakni melalui wawancara terhadap narasumber yang merupakan penyiar radio ataupun podcast, observasi, studi kepustakaan, dokumentasi serta penelusuran internet. Penelitian menemukan bahwa gaya komunikasi ekspresif penyiar bergantung pada penggunaan nada bicara, intonasi, pemilihan kata, jenis media penyiaran yang didukung dengan ciri khas dan pembawaan dari penyiar yang menyesuaikan dengan segmentasi pendengar dan kemampuan mengontrol suasana hati.

Article Details

How to Cite
Hudson, J., & Loisa, R. (2023). Deskripsi Gaya Komunikasi Ekspresif Penyiaran Modern Berbasis Audio. Koneksi, 7(2), 392–399. https://doi.org/10.24912/kn.v7i2.21422
Section
Articles
Author Biographies

Jessica Hudson, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Riris Loisa, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Abdillah, F., & Putro, G. M. H. (2022). Digital Ethics: The Use of Social Media in Gen Z Glasses. Jurnal Komunikasi, 14(1), 158-171. https://doi.org/10.24912/jk.v14i1.13525

Bahri, M. F. (2021). Gaya Komunikasi Penyiar Di Motion Radio 97.5 FM (Studi Komparatif Program Motion Breakfast Dengan 3 Hours Commercial Free). (Skipsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah). https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/57538

Cangara, H. H. (2016). Pengantar Ilmu Komunikasi (2nd ed.). PT RajaGrafindo Persada.

Cin, S., & Utami, L. S. S. (2020). Konvergensi Media Baru dalam Penyampaian Pesan Melalui Podcast Konvergensi Media Baru dalam Penyampaian Pesan Melalui Podcast. Koneksi, 4(2), 235–242. https://doi.org/10.24912/kn.v4i2.8113

Fajrie, M. (2016). Budaya Masyarakat Pesisir Wedung Jawa Tengah: Melihat Gaya Komunikasi dan Tradisi Pesisiran (1st ed., Vol. 1). CV. Mangku Bumi Media.

Harta, R., & Jelantik, S. K. (2022). Komunikasi Ekspresif Konten Dharma Wacana Pada Media Youtube. COMMUNICARE, 3(1). https://doi.org/10.55115/communicare.v3i1.2139

Maulana, Z., & Manalu, M. (2022). Analisis Penggunaan Podcast Sebagai Media di Kalangan Mahasiswa Jakarta. Prosiding Jurnalistik, 8(1), 75–78. http://dx.doi.org/10.29313/.v8i1.31726

Putri, M. K. V. (2022, January 24). 4 Fungsi Komunikasi Menurut William I. Gorden. Kompas.com. https://www.kompas.com/skola/read/2022/01/24/090000969/4-fungsi-komunikasi-menurut-william-i-gorden?page=all

Riadi, M. (2019, July 5). Pengertian, Tipe dan Jenis Komunikasi. Kajianpustaka.com. https://www.kajianpustaka.com/2019/07/pengertian-tipe-dan-jenis-gaya-komunikasi.html

Romli, K. (2017). Komunikasi Massa (adipramono, Ed.). PT Gramedia.

Tasruddin, R., & Astrid, A. F. (2021). Efektivitas Industri Media Penyiaran Modern “Podcast” di Era New Media. Al-Munzir, 14(2). http://dx.doi.org/10.31332/am.v14i2.3245

Ummah, A. H. (2022). Manajemen Industri Media Massa (S. Kasimin, Ed.; 1st ed., Vol. 1). Syiah Kuala University Press.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>