Pemanfaatan Media Sosial TikTok Sebagai Sarana Edukasi Bahasa Isyarat Indonesia
Main Article Content
Abstract
TikTok is a social media for short videos uploaded by users. TikTok can be a means of educating Indonesian Sign Language or BISINDO which is a language used visually to communicate both lip movements and specific hand movements. The purpose of this study was to determine the use of TikTok social media as a means of sign language education, especially on the TikTok account of Deaf Friends @Nurhildahamid29. This research will explore a number of theories of communication science, internet and social media, computer mediated communication (CMC), and persuasive communication. The methodology in this research is a case study with a qualitative approach and descriptive nature. Data collection techniques were carried out by in-depth interviews and online data collection. The result of this research is that TikTok social media can be used easily for Deaf Friends as a means of education for BISINDO. TikTok is the right educational media for young people in the age range of 14-24 years. The fact shows that many viewers are motivated and ask Teman Tuli for help to help the audience communicate well using BISINDO.
TikTok merupakan media sosial video pendek yang diunggah oleh pengguna. TikTok dapat menjadi sarana edukasi Bahasa Isyarat Indonesia atau BISINDO yang merupakan bahasa yang digunakan secara visualisasi untuk berkomunikasi baik secara gerakan bibir maupun gerakan tangan yang secara spesifik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media sosial TikTok sebagai sarana edukasi bahasa isyarat terutama pada akun TikTok Teman Tuli @Nurhildahamid29. Penelitian ini akan digali dengan sejumlah teori ilmu komunikasi, internet dan media sosial, computer mediated communication (CMC), dan komunikasi persuasif. Metodologi dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif dan sifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan pengumpulan data secara daring. Hasil dari penelitian ini adalah media sosial TikTok dapat dimanfaatkan dengan mudah untuk Teman Tuli sebagai sarana edukasi BISINDO. TikTok merupakan media edukasi yang tepat bagi anak muda pada rentang usia 14-24 tahun. Fakta menunjukkan bahwa banyak penonton yang termotivasi serta meminta tolong kepada Teman Tuli untuk membantu penonton berkomunikasi dengan baik menggunakan BISINDO.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Koneksi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.How to Cite
References
Agus Tri Haryanto - detikInet. (2018). Ini Kronologi Pemblokiran Tik Tok di Indonesia. 3 juli 2018. https://inet.detik.com/cyberlife/d-4096640/inikronologi-pemblokiran-tik-tok-di-indonesia
Arnus, S. H. (2015). Computer Mediated Communication (CMC), Pola Baru Berkomunikasi. Al-Munzir, 8(2), 275–289. https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/al-munzir/article/view/744/680
Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Jurnal ilmu sosial & ilmu politik diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Sosial & Politik, Universitas Tulungagung, 9(1), 140–157. http://www.jurnalunita.org/index.php/publiciana/article/download/79/73
dr.Adrian, K. (2019). penyebab tuli konduktif dan cara mengatasinya. ALODOCTER. https://www.alodokter.com/penyebab-tuli-konduktif-dan-cara-mengatasinya
Effendy, O. (2018). Ilmu komunikasi. In Bandung Rosdakarya.
Fajri, B. R., Samala, A. D., & Ranuharja, F. (2020). Media Interaktif Pengenalan Bahasa Isyarat Bisindo. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 13(1). https://doi.org/10.24036/tip.v13i1.293
Hidayat, T. (2019). Pembahasan Studi Kasus Sebagai Bagian Metodologi Penelitian. ResearchGate, 1–13. https://www.researchgate.net/publication/335227300_Pembahasan_Studi_Kasus_Sebagai_Bagian_Metodologi_Penelitian
Mana, L. H. A. (2021). Respon Siswa Terhadap Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jira: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 2(4). https://doi.org/10.47387/jira.v2i4.107
Natalia, N., Paramita, S., & Winduwati, S. (2019). Aktivitas Komunikasi Social Marketing Organisasi Nirlaba Sebagai Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Tuli (Studi Kasus pada GERKATIN Kepemudaan). Prologia, 2(2). https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3724
Nurholis, M. H. (2019). Pengantar Sosiologi Sastra. Pustaka Setia Bandung, 1(2), 344.
Stephanie, C., & Pratomo, Y. (2021). Jumlah Pengguna Aktif Bulanan TikTok Terungkap. 19 april 2021. https://tekno.kompas.com/read/2021/04/19/14020037/jumlah-pengguna-aktifbulanan-tiktok-terungkap?page=all
Zaubaidah Nikolawatin, Punaju Setyosari, S. U. (2019). Pengembangan Media Tutorial Bahasa Isyarat Untuk. Jurnal Inovasu Teknologi Pembelajaran, 6(1).