Harga Diri dan Kepercayaan Diri Laki-laki Dewasa Pengguna Tinder

Main Article Content

Thimy Kania Tasya
Moehammad Gafar Yoedtadi

Abstract

This research comes from the background of technology advancements in multiple aspects that is currently growing at a rapid pace, including an aspect of communication that initially required a direct, face-to-face communication became much simpler due to the presence of social media. Social media in itself has many functions, with the focus in this research being a tool of romance, with the example being Tinder, the dating application with the majority of it’s demographics being men. This research aims to quantify the self esteem and confidence of men using Tinder. This research uses the method of phenomenology with a qualitative approach of the self esteem and confidence of men using Tinder. The theory used is intrapersonal communication, the reason behind the usage is that the theory itself has become the benchmark in determining the core explanation of the concept of self esteem and confidence. To support this research, another theory was used which was the theory of social media and the definition,computer mediated communication and the motives behind Tinder. The results show that adult men that uses Tinder have a certain level of security regarding their self esteem, with many seems to think that it stems from already determining their own identity acquired by reaching maturity. By having a sufficient or higher self esteem, the participants correlated having the self confidence to being secure.


Penelitian ini dilatar belakangi kemajuan teknologi yang saat ini semakin pesat di segala aspek termasuk aspek komunikasi yang dulunya mengharuskan komunikasi tatap muka menjadi lebih mudah karena adanya media sosial. Fungsi media sosial begitu banyak termasuk mencari relasi atau pasangan melalui applikasi kencan yang salah satunya adalah Tinder, applikasi kencan yang menggunakan fitur swipe yang saat ini paling mendominasi di Indonesia ataupun di dunia. Pengguna Tinder didominasi oleh laki - laki dewasa. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah  untuk mengetahui harga diri dan kepercayaan diri laki - laki dewasa pengguna Tinder. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualititatif dengan metode fenomenologi pada harga diri dan kepercayaan diri laki - laki dewasa pengguna Tinder. Teori yang gunakan didalam penelitian ini adalah komunikasi interpersonal dikarenakan menggunakan Tinder ada komunikasi dua arah satu sama lain dan juga komunikasi intrapersonal dimana yang menjadi patokan di penelitian ini karena hal yang diteliti letaknya ada dikomunikasi intrapersonal dengan penjelasan lengkap konsep dan mendalam di harga diri dan kepercayaan diri. Untuk memperkuat hasil penelitian ini Adapun teori lain yang digunakan yaitu media sosial beserta fungsinya dan penjelasan tentang Tinder itu sendiri dimulai dari definisi, dan motif menggunakan Tinder dan juga Computer Mediated Communication. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukan bahwa laki - laki dewasa yang menggunakan Tinder memiliki harga diri yang baik dikarenakan sudah matang secara mental dan partisipan merasa telah memiliki semua aspek yang mendukung harga diri yang baik yang diperoleh seiring pendewasaan usia mereka. Harga diri partisipan yang baik selaras dengan kepercayaan dirinya.

Article Details

How to Cite
Tasya, T. K., & Yoedtadi, M. G. (2022). Harga Diri dan Kepercayaan Diri Laki-laki Dewasa Pengguna Tinder. Koneksi, 6(2), 365–373. https://doi.org/10.24912/kn.v6i2.15718
Section
Articles

References

Ayudiah & Rahardjo, 2019)Ayudiah, N., & Rahardjo, B. (2019). Tinder: Matchmaker Online Dating App In Indonesia, Positive And Negative Literature Review. President University, 023201905026.

Febrina, D. T., Suharso, P. L., & Saleh, A. Y. (2018). Self-Esteem Remaja Awal: Temuan Baseline Dari Rencana Program Self-Instructional Training Kompetensi Diri. Jurnal Psikologi Insight, 2(1), 43–56. Https://Doi.Org/10.17509/Insight.V2i1.11922

Febrita, S. S. (2017). Self Esteem Remaja Pada Keluarga Broken Home. Doctoral Disseration, 10–20.

Ferdiana, C., Susanto, E. H., & Aulia, S. (2020). Penggunaan Media Sosial Tinder Dan Fenomena Pergaulan Bebas Di Indonesia. Koneksi, 4(1), 112. Https://Doi.Org/10.24912/Kn.V4i1.6622

Gunawan, E. F. (2018). Hubungan Antara Harga Diri Dan Penalaran Moral Pada Remaja Akhir. Skripsi Universitas Sanata Dharma, 1–127.

Harsono, L., & Winduwati, S. (2020). Detox Instagram Pada Self-Esteem Pengguna. Koneksi, 4(1), 83. Https://Doi.Org/10.24912/Kn.V4i1.6617

Ismansyah, A. (2020). Hubungan Antara Harga Diri Dengan Kepercayaan Diri Mahasiswa Fakultas Psikologi Uin Ar-Raniry Dalam Penggunaan Gadget Xiaomi. In Endocrine.

Maisaroh. (2013). Hubungan Self Esteem Dengan Perilaku Asertif Siswa Mts-Sa Roudotul Karomah Sukorame Pasuruan. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699.

Nofiana, F. (2019). Peran Keluarga Dalam Mengembangkan Self-Esteem (Harga Diri) Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) (Studi Kasus Anak Penderita Hnp/ Syaraf Terjepit Di Desa Sampang Kab. Cilacap).

Novara, A. (2018). Hubungan Antara Body Image Dissatisfaction Dengan Self Esteem Pada Pegawai Bank.

Paramitha, A., Tanuwijaya, S., Natakoesoemah, S., & Pusat, J. (2021). Analisis Motif Dan Dampak Penggunaan Aplikasi Tinder. Volume 5, Nomor 2, Oktober 2021, 187-204, 35.

Sa’diyah, S. C. (2012). Hubungan Self Esteem Dengan Kecenderungan Cinderella Complex Pada Mahasiswi Semester Vi Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Sahidin. (2015). Metode Penelitian Bab Iii. Biomass Chem Eng, 49(23–6), 40–68.

Sholiha, S., & Aulia, L. A.-A. (2020). Hubungan Self Concept Dan Self Confidence. Jurnal Psikologi : Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 7(1), 41–55. Https://Doi.Org/10.35891/Jip.V7i1.1954

Sugiyono. (2013). Metode Dan Tehnik Penelitian. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699.

Wattimena, R. A. A. (2017). Pendidikan Gila Gelar? Wanua, 3(3), 305–327.

Yeni, P. (2015). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pengetahuan Penggunaan Obat Generik Pada Masyarakat Di Wilayah Kerja Puskesmas Padang Panyang Kabupaten Nagan Raya.