Pengaruh Berita Politik dan Perilaku Pemilih Mahasiswa Etnis Tionghoa

Main Article Content

Steven Kho
Moehammad Gafar Yoedtadi

Abstract

The @narasinewsroom account is part of Narasi TV, which uses social media Instagram and Twitter to broadcast the hottest news every day in the form of pictures and videos that are factual and actual. Basically, @narasinewsroom is an account that displays political information or state news in Indonesia and abroad. the researcher wants to know how much influence political news has on the behaviour of voters who have read political news on social media, especially on the Instagram account named @narasinewsroom. This research uses a quantitative method. The population used in this study were Tionghoa ethnicity students. The sampling technique was purposive sampling, a method used to determine a respondent who will be sampled with certain criteria. In this study, the number of respondents who were taken was 100 respondents. After processing the data using the SPSS 25.0 program, the researchers obtained the results of the study that there was an effect of the x variable on the y variable of 46.7%, and the remaining 53.3% was an influence that was not tested in this research.


Akun @narasinewsroom adalah bagian dari Narasi TV yang menggunakan media sosial Instagram dan Twitter untuk menyiarkan berita-berita terkini setiap hari dalam bentuk gambar dan video secara faktual dan aktual. Pada dasarnya @narasinewsroom adalah akun yang lebih menampilkan informasi politik atau berita kenegaraan yang ada di Indonesia dan juga luar negeri. Peneliti ingin mengetahui seberapa besar pengaruh berita politik terhadap perilaku pemilih yang telah membaca berita-berita politik yang ditampilkan di media sosial khususnya di akun Instagram @narasinewsroom. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa etnis Tionghoa. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling di mana responden yang akan dijadikan sampel ditetapkan dengan kriteria tertentu. Jumlah responden yang diambil sebanyak 100 responden, Setelah melakukan pengolahan data dengan menggunakan program SPSS 25.0 peneliti mendapatkan hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh berita politik terhadap perilaku memilih pada mahasiswa etnis Tionghoa sebesar 46,7% dan sisanya sebesar 53,3% merupakan pengaruh yang tidak diuji dalam penelitian ini.

Article Details

How to Cite
Kho, S., & Yoedtadi, M. G. (2024). Pengaruh Berita Politik dan Perilaku Pemilih Mahasiswa Etnis Tionghoa. Koneksi, 8(1), 9–15. https://doi.org/10.24912/kn.v8i1.21635
Section
Articles

References

Angela, S., & Paramita, S. (2021). The Influence of Marketing Communication Through #TokopediaWIB TV Show Event on Brand Loyalty of Tokopedia (A Survey on K-Pop Fans). (Conference Proceedings: Atlantis Press). 10.2991/assehr.k.210805

Anshori, A., Adhani, A., Nautico, T., Alkomari, Wahyudi, S., Mulyana, S., Setiaman, A., Rihartono, S., Tarigan, R. E., Husain, M. N., Tarifu, L., Ridwan, H., Rosit, M., Yuliani, F., Adriadi, R., Safitra, L., Yanuar, F., Fauzi, Qorib, F., Kariman, Gama, B., Sudardi, B., Wijaya, M., Abdullah, W., Setiawan, B., Pandianga, A., Djuwita, A., Abdullah A., Usman, A. R., Aras, M., Christy, J., Nugraheni, Y., Intan, T., Simangunsong, B. A., Novitasari, D., Rosihan, A., Virgiana, B., & Perangin-angin, L. L. K. (2019). Komunikasi politik di Indonesia. (Cetakan I). Buku Litera Yogyakarta. http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/33230

Christian, S. A. (2017). Identitas Budaya Orang Tionghoa Indonesia. Jurnal Cakrawala Mandarin, 1(1), 11–22. http://dx.doi.org/10.36279/apsmi.v1i1.11

Fatria, F. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Google Drive Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. JP2BS: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2(1), 138-144. https://doi.org/10.32696/ojs.v2i1.158

Handayani, S. (2019). Pengaruh Berita Politik Di Harian Waspada Terhadap Partisipasi Politik Dalam Pilkada di Kecamatan Delitua. (Skripsi Tesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7250

Hemay, I., & Munandar, A. (2016). Politik Identitas dan Pencitraan Kandidat Gubernur terhadap Perilaku Pemilih. Politik: Jurnal Kajian Politik dan Masalah Pembangunan, 12(1), 1737-1748. http://journal.unas.ac.id/politik/article/view/163

Imron, I. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konumen Menggunakan Metode Kuantitatif pada CV. Meubele Berkah Tangerang. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(1), 19-28. https://doi.org/10.31294/ijse.v5i1.5861

Kamhar, M. Y., & Lestari, E. (2019). Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia DI Perguruan Tinggi. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 1-7. https://doi.org/10.33366/ilg.v1i2.1356

Kustiawan, W., Aggriany, Z. M., Silitonga, R. D., Winanti, R., Ritonga, J. R. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Instagram pada akun @narasinewsroom Pemanfaatan dalam aktivitas Komunikasi Politik. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM), 2(1), 1698-1704. https://ummaspul.e-journal.id/JKM/article/view/3697/1299

Meliala, W. (2020). Faktor-Faktor Yang Memepengaruhi Pemilih Dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah Dan Penerpan Strategi Bertahan Dan Menyerang Untuk Memenangkan Persaingan. Jurnal Citizen Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(2), 12-24. https://unimuda.e-journal.id/jurnalcitizen/article/view/617

Monica, S. (2022). Pengaruh Strategi Pemasaran Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Pada Produk Cosmetic Di Wilayah Kelapa Gading. Kwik Gian Gie.

Nuraina, F. S. E. (2017). Pengaruh Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatutan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Madiun. Equilibrium, 5(1), 45-55. http://doi.org/10.25273/equilibrium.v5i1.1005

Oktalia, N., & Rusdi, F. (2021). Strategi Redaksi Media Online Okezone.com dalam Menarik Minat Generasi Milenial. Koneksi, 5(1), 37–41. https://doi.org/10.24912/KN.V5I1.10133

Pratama, A. (2016). Partisipasi Politik Etnis Tionghoa di Indonesia. Jurnal Ilmu Politik dan Pemerintahan (JIPP), 2(2), 214-229. https://doi.org/10.37058/jipp.v2i2.2301

Putri, W. S. R., Nurwati, N., & Budiarti, M. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja. Prosiding Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 1-154. https://doi.org/10.24198/jppm.v3i1.13625

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta