Rating dan Share pada Program Super Deal Indonesia 2022 di GTV

Main Article Content

Mila Arumsari
Moehammad Gafar Yoedtadi

Abstract

Television is one of the mass media sources of information. Producers have an important role in making a television programme so that it can produce the targeted rating and share. There are three important parts in the production of a programme: pre-production, production, and post-production. In these three stages, the producer plays a role in organising all his responsibilities. This research was conducted to find out how the process a producer goes through in handling a television programme so that it can increase ratings and shares. This research uses a qualitative approach with a case study method. Data collection techniques through interviews with producers and executive producers of the "Super Deal Indonesia 2022" programme aired on GTV station, observation and documentation. The results obtained from this study show that the role of the producer affects the performance of a programme in producing a show that has a concept with creativity so that it can increase ratings and shares.


Televisi merupakan salah satu media massa sumber informasi. Produser memiliki peran penting pada pembuatan suatu program acara televisi sehingga dapat menghasilkan rating dan share yang ditargetkan. Terdapat tiga bagian penting dalam produksi suatu program yaitu tahapan pra-produksi, produksi, pasca produksi. Dalam tiga tahapan tersebut, produser memegang peranan dalam mengatur segala tanggung jawabnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses yang dilalui seorang produser dalam menangani program acara televisi sehingga dapat meningkatkan rating dan share. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan produser dan eksekutif produser program “Super Deal Indonesia 2022” yang ditayangkan di stasiun GTV, observasi dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran produser mempengaruhi kinerja suatu program dalam menghasilkan sebuah tayangan yang memiliki konsep dengan kreativitas sehingga dapat meningkatkan rating dan share.

Article Details

How to Cite
Arumsari, M., & Yoedtadi, M. G. (2023). Rating dan Share pada Program Super Deal Indonesia 2022 di GTV. Koneksi, 7(2), 458–464. https://doi.org/10.24912/kn.v7i2.21518
Section
Articles
Author Biographies

Mila Arumsari, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Moehammad Gafar Yoedtadi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Lestari Ella Deffi, Ed.; Cetakan Pertama). CV Jejak.

Effendy, H. (2015). Mari Membuat Film: Panduan Menjadi Produser. Erlangga.

Fachruddin, A. (2017). Dasar-Dasar Produksi Televisi (Cetakan ke-4). Prenada Media Group.

Halik, A. (2013). Buku Daras UIN Alauddin Komunikasi Massa Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar (Amin Muliati, Ed.; 1st ed.).

Hilanudin, Y. N., & Nawiroh, V. (2022). Strategi Produser Dalam Meningkatkan Rating dan Share Program Redaksi CNN Indonesia Siang. PANTAREI, 6(1). https://jom.fikom.budiluhur.ac.id/index.php/Pantarei/article/view/822/676

Irene, I. & Rusdi, F. (2021). Proses Gatekeeping Portal Media Daring (Studi Kasus pada Media Daring Okezone.com). Koneksi, 5(1), 16–22. https://doi.org/10.24912/kn.v5i1.10123

Morissan. (2015). Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi (5th ed.). Kencana Prenada Media Group.

Mukarom, Z. (2020). Teori-Teori Komunikasi (1st ed.). PT Remaja Rosdakarya

Wibowo, F. (2015). Teknik Produksi Program Televisi. Pinus Book Publisher.