Pengaruh Kampanye Boikot melalui Media Sosial X terhadap Keputusan Pembelian Produk M
Main Article Content
Abstract
The boycott campaign targeting the American fast-food chain M has become a trending topic on the social media platform X due to allegations of its support for Israel in the Israel-Palestine conflict. The boycott campaign on X aims to influence users to refrain from purchasing or consuming M products based on widely spread information. This study was conducted to determine whether the boycott campaign on X affects purchasing decisions regarding M products. The research employs a mixed-method approach by combining both quantitative and qualitative methods. The population for the quantitative method consists of 118,118 individuals, with a minimum sample size of 100 respondents. Quantitative data analysis is facilitated using SPSS software version 27. Meanwhile, the qualitative method involves conducting in-depth interviews with two key informants who are deemed capable of providing accurate information. The research findings indicate that the boycott campaign on X has a simultaneous influence on the purchasing decisions of M products among Gen Z in Jakarta.
Kampanye boikot yang menargetkan restoran cepat saji asal Amerika Serikat yaitu M telah menjadi topik perbincangan di media sosial X karena dugaan telah memberikan dukungan kepada Israel dalam isu konflik Israel-Palestina. Kampanye boikot produk M melalui media sosial X dilakukan guna mempengaruhi para penggunanya untuk tidak membeli dan mengonsumsi brand terkait berdasarkan informasi yang tersebar secara massal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah kampanye boikot melalui media sosial X mempengaruhi keputusan pembelian produk M. Metodologi penelitian kombinasi atau mixed method digunakan pada penelitian ini dengan menggabungkan dua metode penelitian kuantitatif dengan kualitatif. Jumlah populasi pada penelitian metode kuantitatif sebesar 118.118 dengan sampel minimal 100 responden. Pengujian pada penelitian kuantitatif akan dibantu menggunakan perangkat lunak SPPS versi 27. Metode penelitian kuantitatif dilakukan melalui wawancara mendalam terhadap dua informan yang dianggap mampu memberikan informasi sebenar-benarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kampanye boikot melalui media sosial X secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk M di kalangan Gen Z Jakarta.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Prologia Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Dewi, Sekar. K. P. (2021). Pengaruh Dana Pihak Ketiga Dan Non Performing Financing Terhadap Pembiayaan Mudharabah Pada Bank Umum Syariah Periode 2016-2020. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi Indonesia.
Hadi, P., Wahjudianata, M., & Indrayani, I. (2021). Komunikasi Massa. Www.Google.Com
Hasanah, A. N., Luqman, Y., Dwiningtyas, H., Studi, P., & Komunikasi, I. (2023). Pengaruh Terpaan Media Sosial Instagram Mengenai Produk Boikot Dan Konflik Palestina-Israel Terhadap Keputusan Pembelian Produk Boikot. Http://Www.Fisip.Undip.Ac.Id
Herdiansyah, H., Safitri, S., Alviona Handayani, L., Nur Eka Wibowo, E., Alrafi Jatmiko, M., & Humaniora, F. (2024). Pengaruh Paparan Media Sosial, Loyalitas Dan Konformitas Terhadap Keputusan Pembeli Produk M Pasca Boikot (Vol. 04, Issue 01).
Nahdliyah, J. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Twitter Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Skincare Dan Makeup. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Putri, N. (2020). Analisis Aplikasi Google Classroom Terhadap Efektifitas Proses Pembelajaran Ekonomi Kelas Xi Ips Berbasis Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sma Negeri 2 Siak Hulu. Https://Repository.Uir.Ac.Id/9179/1/166810068.Pdf
Romli, K. (2016). Komunikasi Massa (1st Ed.). Grasindo.
Saparudin, & Arizona, K. (2022). Metode Penelitian Campuran.
Sari, W., & Irena, L. (2019). Komunikasi Kontemporer Dan Masyarakat.
Setyo Kurniawan, R., Holanda, S., Manajemen, M., & Pertiba, U. (2024). Efektivitas Seruan Aksi Boikot Produk Pro Israel Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Bagi Produk Lokal. 4. Https://Doi.Org/10.46306/Vls.V4i2
Tamaraya, A. (2020). Pengaruh Intensitas Penggunaan Twitter Terhadap Self Disclosure Mahasiswa Skripsi Diajukan Untuk Memenuhi Persyaratan Memperoleh Gelar Sarjana Sosial (S.Sos) Oleh.
West, R., & Tunner, L. H. (2017). Pengantar Teori Komunikasi : Analisis Dan Aplikasi (5th Ed., Vol. 2). Salemba Humanika.
Zulhawati, I. R. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Campuran (1st Ed.). Pustka Pelajar.