Analisis Pengaruh Content Marketing terhadap Customer Engagement (Studi Pada Instagram @bloomcoffeejkt)

Main Article Content

Heru Chandra Litmanen
Wulan Purnama Sari

Abstract

In the modern digital era like today, it cannot be denied that technological developments have developed very rapidly and cannot be avoided. This also affects the world of marketing through social media. The presence of the concept of digital marketing makes it easier for marketers to carry out marketing activities and interact with their audiences. Therefore, this study aims to determine the concept of content marketing carried out by Bloom Coffee to increase customer engagement through Instagram media. Data is distributed and collected by survey method to respondents. Measurement of the questionnaire scale used is a Likert scale. The sample used in this study were followers of Instagram @bloomcoffeejkt with a total of 100 respondents. The analytical method used is simple linear regression analysis. Researchers use Ms. Excel and IBM Statistics 22 (SPSS version 22) for processing and analyzing sample data. From the results of simple linear regression analysis, it produces a hypothesis which indicates that content marketing has a significant effect on customer engagement. The result of the hypothesis in the t test is a significant value of Content Marketing 0,000 or less than 0.05. The conclusion from this research is that the application of Content Marketing indicators in @bloomcoffeejkt is good and correct for Customer Engagement. However, @bloomcoffeejkt must always conduct a review or review periodically to ensure that there are no errors and no decline occurs.

Pada era digital modern seperti sekarang ini, tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi telah berkembang dengan sangat pesat dan tidak dapat dihindari. Hal ini juga mempengaruhi dunia pemasaran melalui media sosial. Hadirnya konsep digital marketing mempermudah pemasar untuk melakukan kegiatan pemasaran dan berinteraksi dengan khalayaknya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep content marketing yang dilakukan oleh Bloom Coffee untuk meningkatkan customer engagement melalui media Instagram. Data disebar dan dikumpulkan dengan metode survei kepada responden. Pengukuran skala kuesioner yang digunakan adalah skala Likert. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah followers instagram @bloomcoffeejkt dengan total 100 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Peneliti menggunakan Ms. Excel dan IBM Statistics 22 (SPSS versi 22) untuk mengolah dan menganalisis sampel data. Dari hasil analisis regresi linear sederhana, menghasilkan satu hipotesis yang menunjukkan bahwa Content Marketing berpengaruh secara signifikan terhadap Customer Engagement. Hasil hipotesis pada uji t yaitu nilai signifikan Content Marketing 0,000 atau lebih kecil dari 0,05. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini yaitu penerapan indikator-indikator Content Marketing dalam @bloomcoffeejkt sudah baik dan benar terhadap Customer Engagement. Namun @bloomcoffeejkt harus selalu melakukan peninjauan atau review secara berkala untuk memastikan tidak terdapat kesalahan dan tidak terjadi penurunan. 

Article Details

How to Cite
Litmanen, H. C., & Sari, W. P. (2021). Analisis Pengaruh Content Marketing terhadap Customer Engagement (Studi Pada Instagram @bloomcoffeejkt). Prologia, 5(1), 184–190. https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.10113
Section
Articles
Author Biographies

Heru Chandra Litmanen, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Wulan Purnama Sari, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Aprilia, L., CLimadnodnoandraningrum, D. A., & Pandrianto, N. (2019). Strategi Content Marketing untuk Membangun Brand Awareness (Studi kasus Video Aftermovie Djakarta Warehouse Project). Prologia Vol. 3 (1), 177-181

https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/6236

Bindal, M., & Jacob, J. K. (2018). The Impact of Brand Post Strategy And Social Media Engagement On Customer Loyalty. International Journal Of Management Studies, 48-55.

Frost, Raymond, Judy, & Strauss. (2016). E-Marketing. New York: Routledge.

Ikhsania, A. A. (2017, 11 09). lifestyle. Retrieved from okezone: https://lifestyle.okezone.com/read/2017/11/09/298/1811342/alasan-konsumsi-kopi-jadi-tren-gaya-hidup-masyarakat-urban

Karr, D. (2016). How To Map Your Content To Unpredictable Customer Journeys. Meltwater Outside Insight.

Limandono, J. (2017). Pengaruh Content Marketing dan Event Marketing Terhadap Customer Engagement dengan Social Media Marketing Sebagai Variabel Moderasi di Pakuwon City. Jurnal Strategi Pemasaran, 1-11.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta,CV.