Analisis Social Media Marketing Scarlett Whitening di Instagram

Main Article Content

Florensia Florensia
Lusia Savitri Setyo Utami

Abstract

The rise of the internet today has led to social media which is one of the online media created to communicate, apart from communicating social media can also be used as a means of promotion and one of the social media used is Instagram. This has been done by a local beauty brand, namely Scarlett Whitening, this product uses Instagram social media as a means of promotional activities. The purpose of this study is to find out and describe the perspective of consumers on social media Instagram as a promotional tool for Scarlett Whitening products. This study uses several supporting theories, namely marketing communications, promotion, social media marketing, AIDA theory, social media, Instagram, consumer perspective. This research uses a qualitative approach with a case study method. Research data were obtained through observation, interviews with four informants, documentation, and literature study. The results of the study show that the consumer's perspective on Instagram social media as a promotional tool for Scarlett Whitening products is the right action, because it can be seen that Instagram has many users, and Instagram is a social media platform that is suitable for carrying out promotional activities.


Maraknya penggunaan internet kini memunculkan media sosial yang merupakan salah satu media daring yang diciptakan untuk berkomunikasi, juga dapat dijadikan sebagai sarana promosi dan salah satu media sosial yang digunakan adalah Instagram. Hal tersebut sudah dilakukan oleh salah satu brand kecantikan lokal yaitu Scarlett Whitening, produk tersebut menggunakan media sosial Instagram sebagai sarana kegiatan promosinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan perspektif dari konsumen terhadap media sosial Instagram sebagai sarana promosi pada produk Scarlett Whitening. Penelitian ini menggunakan beberapa penunjang teori yaitu komunikasi pemasaran, promosi, social media marketing, teori AIDA, media sosial, Instagram, perspektif konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dengan empat informan, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perspektif konsumen terhadap media sosial Instagram sebagai sarana promosi pada produk Scarlett Whitening merupakan tindakan yang tepat, karena dapat diketahui Instagram memiliki banyak pengguna, serta Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang cocok digunakan untuk melakukan kegiatan promosi.

Article Details

How to Cite
Florensia, F., & Utami, L. S. S. (2023). Analisis Social Media Marketing Scarlett Whitening di Instagram. Prologia, 7(2), 336–345. https://doi.org/10.24912/pr.v7i2.21406
Section
Articles
Author Biographies

Florensia Florensia, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Lusia Savitri Setyo Utami, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Abdi, H. (2020, April 27). Manfaat Teknologi Informasi di Berbagai Bidang Kehidupan. Liputan6.com. https://www.liputan6.com/hot/read/4238585/manfaat-teknologi-informasi-di-berbagai-bidang-kehidupan

Afina, A., & Widarmanti, T. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Produk Scarlett Whitening. ETNIK: Jurnal Ekonomi-Teknik, 1(9), 640-652. https://doi.org/10.54543/etnik.v1i9.108

Arul, K. (2017). Social Media Marketing. (K. Arul (ed.)). Telkom Professional Certification Center. http://telkompcc.co.id/.

Awaludin, M. F., Dwi, B. & Sembiring, R. (2020). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Efektivitas Iklan Online Di Bukalapak Menggunakan Model AIDA. PROSIDING BIEMA, 1, 1211–1225. https://conference.upnvj.ac.id/index.php/biema/article/view/911

Firmansyah, M. A. (2019). Komunikasi Pemasaran. CV. Penerbit Qiara Media. https://www.researchgate.net/profile/Muhammad-Firmansyah-4/publication/342644678_Buku_Komunikasi_Pemasaran/links/5efe789b299bf18816fcce6a/Buku-Komunikasi-Pemasaran.pdf

Leticia, L., & Rusdi, F. (2021). Pengaruh Personal Branding Felicya Angelista di Instagram Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Scarlett Whitening. Prologia, 5(2), 329-334. https://doi.org/10.24912/pr.v5i2.10204

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/COMMON.V3I1.1950

Qurniawati, R. S. (2018). Theoritical Review: Pemasaran Media Sosial. Among Makarti, 11(1), 17–27. https://doi.org/10.52353/ama.v11i1.159

Sarasak, D. A. B. P., & Utami, L. S. S. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Akun Instagram @panncafe dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Penggemar K-Pop. Prologia, 5(2), 277-284. https://doi.org/10.24912/pr.v5i2.10177

Tasruddin, R. (2015). Strategi Promosi Periklanan Yang Efektif. Jurnal Al-Khitabah, 2(1), 107–116. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Al- Khitabah/article/view/2623