Pengaruh Iklan Scarlett Whitening di Aplikasi TikTok terhadap Brand Awareness Generasi Z

Main Article Content

Kezia Stephanie Halim
Wulan Purnama Sari

Abstract

The Scarlett Whitening beauty product is widely known by TikTok and Instagram users because of the ads that attract attention, but researchers are more focused on the TikTok application. The study was conducted with the aim of knowing the effect of Scarlett Whitening advertisements in the TikTok application on brand awareness of generation Z. This study used a quantitative approach using survey research methods. The research was conducted by distributing questionnaires pretest to 30 respondents after testing valid and reliable then proceeding totests posttest to 100 respondents who used the TikTok application and who were followers of the official TikTok account Scarlett Whitening. The theory used in this research is advertising and brand awareness. The data validity technique used is the classical regression assumption test, simple linear regression test, correlation analysis. The results of the correlation test with a value of 0.638, which indicates that the advertising and image variables have a strong correlation, so in this study the results obtained indicate that Scarlett Whitening ads in the TikTok application have an effect on brand awareness of generation Z.

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh iklan Scarlett Whitening di aplikasi TikTok terhadap brand awareness generasi Z. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan metode penelitian survei. Penelitian dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner pretest kepada 30 responden setelah teruji valid dan reliabel kemudian dilanjutkan ke uji posttest kepada 100 responden yang menggunakan aplikasi TikTok dan yang merupakan pengikut akun TikTok resmi Scarlett Whitening. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah iklan dan brand awareness. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah uji asumsi regresi klasik, uji regresi linier sederhana, analisis korelasi. Hasil uji korelasi dengan nilai 0,638 yang menandakan variabel iklan dan citra memiliki korelasi yang kuat, sehingga dalam penelitian ini hasil yang didapat menunjukkan bahwa iklan Scarlett Whitening di aplikasi TikTok berpengaruh terhadap brand awareness generasi Z.

Article Details

How to Cite
Halim, K. S., & Sari, W. P. (2022). Pengaruh Iklan Scarlett Whitening di Aplikasi TikTok terhadap Brand Awareness Generasi Z. Prologia, 6(1), 6–11. https://doi.org/10.24912/pr.v6i1.10252
Section
Articles
Author Biographies

Kezia Stephanie Halim, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Wulan Purnama Sari, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Djajadisastra. (2013) Teknologi Kosmetik Era Modern. Depok : Fakultas Farmasi Universitas Indonesia.

Elmira, P. (2019). Nyaman Selama Beraktivitas dengan Body Lotion Tanpa Rasa Lengket. Diakses 28 Oktober 2020, dari https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3926568/nyaman-selama-beraktivitas-dengan-body-lotion-tanpa-rasa-lengket

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23

Herlyana, F., & Utami, L. S. S. (2020). Pengaruh Daya Tarik Iklan di Konvergensi Media Terhadap Brand Awareness (Studi Iklan Tiket. com di YouTube Pada Kalangan Generasi Z di Jakarta). Prologia,Volume 4 No. 1, 160-166. https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/6463

Kertajaya, H. (2010). Grow with character: The model marketing. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 13.

Kotler, P., Keller, K. L., Armstrong, G., Armstrong, G., & Keller, K. (2016). Marketing management. Edisi Global – 15

Putri, F. N., & Darmawan, H. (2019). Pengaruh Brand Awareness, Perceived Value, dan Brand Image Terhadap Customer Satisfaction. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, Volume 1 No.4, 768-777. https://journal.untar.ac.id/index.php/JMDK/article/view/6563

Ratri, H. D. (2018). Hubungan Penggunaan Media Sosial dengan Tingkat Harga Diri Remaja di SMA Negeri 2 Jember.