Pengaruh Viral Marketing Video Promosi Instagram terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Bakso Goreng iONG

Velia Velia, Diah Ayu Candraningrum
| Abstract views: 87 | views: 87

Abstract

Current development is driving a growth for technology and media in marketing strategy. One of the marketing strategy is viral marketing. Viral marketing could be a strategy to do a promotion for delivering information from sales to consumer by social media. This research conducts to find out about whether there is any effect of viral marketing Instagram promotion video on consumer purchase decision Bakso Goreng iONG. This study uses a descriptive approach in descriptive method, with the amount of 114 respondents who were the viewers from Instagram promotion video and have purchased Bakso Goreng iONG product. The result of this research mentioned, by significance test partial effect, shows that viral marketing individually has an effect on purchasing decisions. One of the supporting component to running viral marketing is buzz, which is the content, ideas and topics from the promotional video submitted. With an interesting and clear topic about information from Bakso Goreng iONG, made the consumer has an interest to buy Bakso Goreng iONG product.

 

Perubahan zaman mendorong adanya perkembangan teknologi dan media dalam melakukan strategi pemasaran. Salah satunya adalah viral marketing, yang dapat dilakukan sebagai strategi untuk menerapkan promosi guna menyampaikan informasi dari pemasar pada konsumen lewat media sosial. Penelitian ini berfungsi untuk mengetahui adakah pengaruh viral marketing video promosi Instagram, terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk Bakso Goreng iONG. Metode deskriptif merupakan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini, dengan total jumlah 114 responden yang merupakan penonton dari video promosi Instagram, dan telah membeli produk Bakso Goreng iONG. Hasil penelitian menyebutkan, lewat uji signifikasi pengaruh parsial, menunjukkan hasil bahwa viral marketing secara individual memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian. Salah satu komponen dalam mendukung berjalannya viral marketing adalah buzz/content, yang merupakan isi, ide dan topik dari video promosi yang disampaikan. Dengan topik yang menarik dan jelas mengenai informasi dari produk yang dipasarkan oleh Bakso Goreng iONG, membuat konsumen tertarik untuk membeli produk Bakso Goreng iONG.

Keywords

Viral Marketing; Purchase Decision; Bakso Goreng iONG;Viral Marketing; Keputusan Pembelian; Bakso Goreng iONG

Full Text:

PDF

References

Amirin, Tatang Manguni. (2011). Populasi dan sampel penelitian 4: Ukuran sampel rumus Slovin. Jakarta: Erlangga.

Bungin, Burhan. (2009). Analisis Penelitian Data Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo.

Creeber, Glen, & Martin, Royston. (2009). Digital Cultures: Understanding New Media. Berkshire-England.

Creswell, John, W. (2012). Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed, Pustaka Pelajar.

Darmawan, Deni. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Ramaja Posdakarya.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23, Edisi Delapan. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kaloka, A. S. K. (2016). November 11, 2019. Pengaruh Viral Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Melalui Kepercayaan Konsumen Pada Instagram @MAKANANJEMBER. Terarsip di http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79352

Kotler, Philip, & Armstrong, Gary. (2014). Principles of Marketing fifteenth. England: Pearson Education Limited.

Kriyantono, Rachmat. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: kencana.

Mulyana, Deddy. (2013). Komunikasi efektif “Suatu Pendekatan Lintas Budaya”. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nisfiannoor, Muhammad. (2013). Pendekatan Statistika Modern Aplikasi dengan Software SPSS dan E-Views. Jakarta: Penerbit Universitas Trisakti.

Perwitasari, Dian. (2017). Desember 6, 2019. Tema Konflik Pacaran di Media Sosial Instagram (Analisis Isi Video Pada Akun@ alfysaga Periode 01 November 2016-31 Januari 2017) (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang). Terarsip di http://eprints.umm.ac.id/35409/

Priyono, M. (2016). Metode penelitian kuantitatif. Sidoarjo: Zifatma Publishing.

Riduwan. (2013). Skala Pengukuran variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sarwono, Jonathan. (2009). Statistik itu Mudah: Panduan Lengkap untuk Belajar Komputerisasi Statistik Menggunakan SPSS. Yogyakarta: Andi.

Scott, David Meerman. (2010). The New Rules of Marketing and PR: How to use News Releases, Blogs, Blogs, Podcasting, Viral Marketing and Online Media to Reach Buyers Directly. Hoboken, New Jersey.

Seprina, Heni. (2014). Oktober 9, 2019. Persepsi Wisatawan Terhadap Obyek Wisata Air Terjun Way Lalaan di Pekon Kampung Baru Kecamatan Kota Agung Timur Kabupaten Tanggamus Tahun 2013. Terarsip di http://digilib.unila.ac.id/4512/

Shukla, T. (2010). September 3, 2019. Factors affecting'Internet marketing'campaigns with reference to viral and permission marketing. The IUP Journal of Management Research, 9(1), 26-37. Terarsip di https://www.researchgate.net/profile/Timira_Shukla/publication/228321574

Siregar, Syofian. (2013). Metode penelitian kuantitatif. Jakarta: kencana.

Tjiptono, Fandy. (2015). Strategi Pemasaran Edisi 4. Yogyakarta: Andi.

Viviana, C., & Candraningrum, D. A. (2019). September 3, 2019. E-Wom Oleh Kalangan Milenial Terhadap Akun@ makansampaikenyang Sebagai Pemberi Rekomendasi Kuliner. Prologia, 2(2), 270-277. Terarsip di https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/3587

Wifalin, Michelle. (2016). September 10, 2019. Efektivitas Instagram Common Grounds. Jurnal E-Komunikasi, 4(2). Terarsip di http://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/4853

Wibowo, Arif. (2015). September 10, 2019. Pengaruh Elektronik Word Of Mouth dan Brand Image Terhadap Purchase Intention Pada Konsumen Smartphone Samsung Yang Berbasis Android. Jurnal Ilmu Manajemen, 12(1), 71-88. Terarsip di https://media.neliti.com/media/publications/101266-ID-pengaruh-elektronik-word-of-mouth-dan-br.pdf

Varian, Christopher. (2017). September 3, 2019. strategi viral marketing produk chitato indomie di instagram dalam membangun brand awareness (Doctoral dissertation, Universitas Multimedia Nusantara). Terarsip di http://kc.umn.ac.id/2699/

Copyright (c) 2020 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.