Pengaruh Word of Mouth dan Sales Promotion terhadap Keputusan Pembelian (Survei terhadap Produk CV. Anugrah Kencana Makmur)

Main Article Content

Angga Budiman
Rezi Erdiansyah

Abstract

Rapidly developing technology creates innovation in the business field. The only tool that can connect a company with its customers is communication, both verbally and nonverbally. Marketing communication is a marketing activity that seeks to spread information, influence or persuade, and remind the target market for its products to be willing to accept, buy and be loyal to their products. There are many forms of marketing communication that companies use, one form of marketing communication that we often see is word of mouth and Sales Promotion. According to WOMMA (Word Of Mouth Marketing Association). Word of Mouth is an activity where a consumer provides information about a brand or product to others. Apart from word of mouth, purchasing decisions are also influenced by marketing strategies. Sales promotion is a tool that companies use to increase the level of sales of a product and create repeat purchases or create loyalty. Both of these are one of the influences for consumers to consider purchasing decisions for a product. Purchasing decision is the process of combining knowledge to evaluate two or more alternative behaviors and selecting one of them. This study uses quantitative techniques with survey methods and uses a questionnaire as a research instrument. Primary data were collected through distributing questionnaires to 110 respondents who were customers or consumers of CV. Anugrah Kencana Makmur. The data were processed using SPSS for windows version 25 software. Based on the results of the study, it was found that there was a positive influence between word of mouth and sales promotion on purchasing decisions. Word of Mouth and Sales Promotion has an influence of 80.7% on purchasing decisions, so it can be concluded that there is a very strong influence from word of mouth and sales promotion on purchasing decisions.

Teknologi yang berkembang dengan pesat menciptakan inovasi dalam bidang bisnis. Satu-satunya alat yang dapat menghubungkan perusahaan dengan para konsumennya adalah komunikasi, baik secara verbal maupun nonverbal. Komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mepengaruhi atau membujuk, dan mengigatkan pasar sasaran atas produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produknya. Ada banyak bentuk komunikasi pemasaran yang perusahaan gunakan, salah satu bentuk contoh komunikasi pemasaran yang sering kita lihat adalah informasi dari mulut ke mulut atau Word of Mouth dan Sales Promotion. Menurut WOMMA (Word Of Mouth Marketing Association). Word of Mouth merupakan sebuah aktivitas dimana seorang konsumen memberikan informasi tentang suatu merek maupun produk kepada orang lain. Selain word of mouth, keputusan pembelian juga dipengaruhi oleh strategi pemasaran. Sales promotion merupakan alat yang digunakan perusahaan untuk menaikkan tingkat penjualan suatu produk serta meciptakan pembelian yang berulang atau menciptakan loyalitas. Kedua hal tersebut merupakan salah satu pengaruh bagi konsumen untuk mempertimbangkan keputusan pembelian terhadap suatu produk. Keputusan pembelian adalah proses mengkombinasikan pengetahuan untuk mengevaluasi dua atau lebih perilaku alternatif dan memilih salah satu diantaranya. Penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dengan metode survei dan menjadikan angket sebagai istrumen penelitian. Data primer dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 110 responden yang merupakan pelanggan atau konsumen dari CV. Anugrah Kencana Makmur. Data diolah menggunakan bantuan software SPSS for windows versi 25. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat pengaruh positif antara word of mouth dan sales promotion terhadap keputusan pembelian. Word of Mouth dan Sales Promotion memiliki pengaruh sebesar 80,7% terhadap keputusan pembelian, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat kuat dari word of mouth dan sales promotion terhadap keputusan pembelian.

Article Details

How to Cite
Budiman, A., & Erdiansyah, R. (2022). Pengaruh Word of Mouth dan Sales Promotion terhadap Keputusan Pembelian (Survei terhadap Produk CV. Anugrah Kencana Makmur). Prologia, 6(1), 193–198. https://doi.org/10.24912/pr.v6i1.10389
Section
Articles
Author Biographies

Angga Budiman, Univeristas Tarumanegara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Rezi Erdiansyah, Univeristas Tarumanegara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Julianti, D. A. & Junaidi, A. (2020). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Baso Aci Akang Citra Raya Tangerang. Prologia. Vol.4 No.1, 75-81.

Nelviluvita & Oktavianti, R. (2020). Pengaruh Komunikasi Sales Promotion Terhadap Loyalitas Pengguna Aplikasi Transportasi Online (Survei pada Pengguna Grab Bike). Prologia. Vol. 3 No.2, 464-472.

Notowijoyo, E. & Loisa, R. (2020). Analisis Komunikasi Pemasaran Go-pay Melalui Promosi Cashback. Prologia. Vol.4 No.2, 332-338.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, W. (2019). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: PT. Pustaka Baru.

Tehuayo, E. (2018). Analisis Proses Pengambilan Keputusan Konsumen Pada Perilaku Pembelian Produk Yamaha Mio Di Kota Ambon. Jurnal SOSOQ. Vol 6 No. 2, 25-34.