Pengaruh Word Of Mouth dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian Xing Fu Tang di Indonesia

Main Article Content

Jessica Tee
Rezi Erdiansyah
Sisca Aulia

Abstract

Along with the development of the times, food and drinks also develop with new innovations and new brands that have their own characteristics. The existence of a new brand is intended to attract consumers by making purchasing decisions. In this research, researchers want to know how much the influence of word of mouth and brand awareness so that purchasing decisions occur. Researchers are interested in drinks with a new innovation, the bubble tea brand Xing Fu Tang in Indonesia. Researchers took consumer samples of Xing Fu Tang by using Google forms with a total of 120 respondents in three branches namely Lippo Mall Puri, Lippo Mall Kemang, and Pluit Village. Data analysis was performed by researchers using statistical product and service solutions (SPSS) version 15 and Lisrel 8.70 software as software from the Structural Equation Model (SEM). SEM in this study is used to determine the extent of the influence of word of mouth and brand awareness on purchasing decisions. The results of this study indicate that word of mouth significantly influences the purchase decision with a t-value of 2.11 and brand awareness influences the purchase decision with a t-value of 2.38. With these results, entrepreneurs especially bubble tea drinks need to increase word of mouth and brand awareness to increase consumer purchases.

 

Seiring berkembangnya zaman, makanan dan minuman juga ikut berkembang dengan adanya inovasi baru dan adanya merek baru yang memiliki ciri khas tersendiri. Dengan adanya merek baru dimaksudkan untuk menarik konsumen dengan melakukan keputusan pembelian. Pada penelitian ini, peneliti ingin mengetahui seberapa besar pengaruh word of mouth dan brand awareness sehingga terjadinya keputusan pembelian. Peneliti tertarik dengan minuman dengan inovasi baru yaitu bubble tea merek Xing Fu Tang di Indonesia. Peneliti mengambil sampel konsumen Xing Fu Tang dengan menggunakan google form dengan total 120 responden di tiga cabang yaitu Lippo Mall Puri, Lippo Mall Kemang, dan Pluit Village. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan program statistical product and service solutions (SPSS) versi 15 dan software Lisrel 8.70 sebagai piranti lunak dari Structural Equation Model (SEM). SEM dalam penelitian ini digunakan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh word of mouth dan brand awareness terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa word of mouth berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai t-value sebesar 2.11 dan brand awareness berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai t-value sebesar 2.38. Dengan hasil tersebut, para pengusaha khususnya minuman bubble tea perlu meningkatkan word of mouth dan brand awareness untuk meningkatkan pembelian dari konsumen.

Article Details

How to Cite
Tee, J., Erdiansyah, R., & Aulia, S. (2020). Pengaruh Word Of Mouth dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian Xing Fu Tang di Indonesia. Prologia, 4(1), 18–24. https://doi.org/10.24912/pr.v4i1.6420
Section
Articles

References

Billy Hermawan. (2017), Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image terhadap keputusan pembelian sepatu Nike. Jurnal Proliga. 1. 152-157.

Detik.com, 24 September 2019, (https://m.detik.com/food/resto-dan-kafe/d-4592367/xing-fu-tang-antre-2-jam-untuk-cicipi-brown-sugar-boba-milk)

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kiki Joesyiana. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekanbaru. Jurnal Valuta. 4. 71-85.

Kotler, Amstrong. (2002). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, Amstrong. (2009). Prinsip-prinsip pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Amstrong. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Nisfiannoor, Muhammad. (2013). Pendekatan Statistika Modern. Jakarta: Salemba Huamanika.

Priansa, Donni Juni. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Bandung: Pustaka Setia.

Putra, D. N. (2015). Pengaruh Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian pada Cafe Roti Gempol dan Kopi Anjis . E-Proceeding of Management. 2. 758-763.

Rangkuti, Freedy. (2009). Strategi promosi yang kreatif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sernovitz. (2009). Word of Mouth Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Siregar, Syofian. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.