Pengaruh Electronic Word Of Mouth dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Secondate Beauty

Main Article Content

Natasha Valentina
Rezi Erdiansyah

Abstract

This study aims to determine the effect of electronic word of mouth and brand image on purchasing decisions of Secondate Beauty. The theories discussed in this study are communication theory, electronic word of mouth, brand image, and purchase decisions. This research uses a quantitative approach with a survey method. The population of this research is the people of Jakarta who have bought Secondate Beauty products. The sampling technique used was non-probability with a purposive sampling approach, with 140 respondents. The technique of collecting data using a questionnaire. Test the validity of the data using the validity, reliability, and normality test. And to test data processing and analysis using multiple linear regression test, T test, F test, correlation coefficient and coefficient of determination. All of these tests were processed by researchers using IBM SPSS 25 software. This program was used to determine the extent of the influence of electronic word of mouth and brand image on the purchasing decision of Secondate Beauty. The results of this study indicate that Ha is accepted, which means that this means that electronic word of mouth and brand image have a significant effect on purchasing decisions from Secondate Beauty products.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth dan brand image terhadap keputusan pembelian Secondate Beauty. Teori yang dibahas di penelitian ini adalah teori komunikasi, electronic word of mouth, brand image, dan keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Populasi dari penelitian ini adalah masyarakat Jakarta yang pernah membeli produk Secondate Beauty. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalan non-probability dengan pendekatan purposive sampling, responden yang berjumlah 140 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Uji keabsahan data menggunakan uji validitas, reliabilitas, dan normalitas. Dan untuk uji pengolahan dan analisis data menggunakan uji regresi linear berganda, uji T, uji F, koefisen korelasi dan koefisien determinasi. Semua uji ini diolah peneliti dengan menggunakan software IBM SPSS 25. Program ini digunakan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh electronic word of mouth dan brand image terhadap keputusan pembelian Secondate Beauty. Hasil dari penelitian ini mengindikasikan Ha diterima, yang berarti ini menunjukkan bahwa electronic word of mouth dan brand image berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian dari produk Secondate Beauty.

Article Details

How to Cite
Valentina, N., & Erdiansyah, R. (2021). Pengaruh Electronic Word Of Mouth dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Secondate Beauty. Prologia, 5(2), 335–341. https://doi.org/10.24912/pr.v5i2.10207
Section
Articles
Author Biographies

Natasha Valentina, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Rezi Erdiansyah, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Ivan Sindunata, B. A. W. (2018). Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian di agoda.com. Hospitality Dan Manajemen Jasa, 6(1), 128–138. Januari 2, 2020. Terarsip di : http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-perhotelan/article/view/6409

Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi penelitian sosial. Surabaya: Penerbit Media Sahabat Cendekia.

Prasetyo, D, B. (2018). Komunikasi pemasaran terpadu: pendekatan tradisional hingga era media baru. Malang: UB Press.

Steinberg, S. (2007). An introduction to communication studies. Cape Town, South Africa: Juta & Co.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tee, J., Erdiansyah, R., & Aulia, S. (2020). Pengaruh Word Of Mouth dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian Xing Fu Tang di Indonesia. Prologia, 4(1), 18. September 30, 2020. Terarsip di : https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/6420