Pengaruh Influencer Marketing Tiktok terhadap Brand Image Bittersweet by Najla

Main Article Content

Winnie Agustina
Wulan Purnama Sari

Abstract

As the digital world develops, various application platforms have emerged that make technological sophistication even more perfect, namely Tiktok. This platform can be used as a means of doing business with the advantage of a wide variety of image effects that can attract buyers. Najla Bisyir as Owner of Bittersweet by Najla uses the right influencers in marketing through Tiktok to enhance the image of the product. The research was conducted with the aim of knowing the effect of TikTok influencer marketing on the brand image of Bittersweet by Najla. This study uses a quantitative approach with survey research methods. The population in this study were followers of Bittersweet by Najla through the Tiktok platform and the number of samples was determined by simple random sampling. The research was conducted by distributing pretest questionnaires to 30 respondents after they were tested valid and then proceed to posttest tests to 100 respondents who are followers of Bittersweet by Najla through the Tiktok platform. The data validity technique used was the t test, simple regression analysis, correlation analysis, and determination coefficient analysis. With the results of the t test shows the value of t count is 14.342> 1.984 t table, and the results of the correlation test with a value of 0.823 which states that influencer marketing and brand image variables have a very strong correlation, so the results obtained in this study indicate that influencer marketing affects the brand. image Bittersweet by Najla via the Tiktok platform.

Seiring berkembangnya dunia digital, muncul berbagai platform aplikasi yang membuat kecanggihan teknologi semakin sempurna, yaitu Tiktok. Platform ini dapat digunakan sebagai sarana untuk berbisnis dengan keunggulan berbagai variasi efek gambar yang dapat menarik pembeli. Najla Bisyir selaku Owner Bittersweet by Najla menggunakan influencer yang tepat dalam melakukan pemasaran melalui Tiktok untuk meningkatkan citra produk tersebut. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh influencer marketing tiktok terhadap brand image Bittersweet by Najla. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah pengikut / followers dari Bittersweet by Najla melalui platform Tiktok dan jumlah sampel ditentukan secara simple random sampling. Penelitian dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner pretest kepada 30 responden setelah teruji valid kemudian dilanjutkan ke uji posttest kepada 100 responden yang merupakan pengikut Bittersweet by Najla melalui platform Tiktok. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah uji t, analisis regresi sederhana, analisis korelasi, dan analisis koefisien determinasi. Dengan hasil uji t menunjukkan nilai t hitung adalah 14,342 > 1,984 t tabel, dan hasil uji korelasi dengan nilai 0,823 yang menyatakan variabel influencer marketing dan brand image memiliki korelasi yang sangat kuat, sehingga hasil yang didapat dalam penelitian ini menunjukkan bahwa influencer marketing berpengaruh terhadap brand image Bittersweet by Najla melalui platform Tiktok.

Article Details

How to Cite
Agustina, W., & Sari, W. P. (2021). Pengaruh Influencer Marketing Tiktok terhadap Brand Image Bittersweet by Najla. Prologia, 5(2), 356–361. https://doi.org/10.24912/pr.v5i2.10211
Section
Articles
Author Biographies

Winnie Agustina, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Wulan Purnama Sari, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Aaker, David. (2010). Manajemen Ekuitas Merek, alih Bahasa: Aris Ananda. Jakarta: Spektrum Mitra Utama.

Ardianto, Elvinaro. (2011). Handbook Of Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama media

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi Empat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hariyanti, Novi Tri & Wirapraja, Alexander. (2018). Pengaruh Influencer Marketing sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Modern (Sebuah Studi Literatur). Jurnal Eksekutif, 15(1), 133-146. Terarsip di: http://repository.ikado.ac.id/61/1/172-2-480-1-10-20180731.pdf

Kotler, Philip & Keller, Kevin. (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua, Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Noor, Juliansyah. (2013). Metodologi Penelitian : skripsi,tesis,disertasi,dan karya ilmiah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Putri, Virgina Maulita. (2020). TikTok Sudah Diunduh 2 Miliar Kali di Seluruh Dunia. https://inet.detik.com/cyberlife/d-4998479/tiktok-sudah-diunduh-2miliar-kali-di-seluruh-dunia), diunduh tanggal 10 Oktober 2020

Shimp, Terence A. (2014). Komunikasi alih Bahasa: Aris Ananda Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi. Jakarta: Salemba Empat

Sugiharto, Shiya Azi & Ramadhana, Maulana Rezi. (2018). Pengaruh kredibilitas influencer terhadap sikap pada merek (Studi pada Mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom). Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi, 8(2), 1-9. Terarsip di: https://ojs.unikom.ac.id/index.php/jipsi/issue/view/212

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Taufano, Ricardo & Irwansyah. (2020). Brand Personality Achmad Zaky Sebagai Chief Executive Officer Bukalapak Dalam Media Sosial Instagram. Jurnal Komunikasi, 12(2), 211-230. Terarsip di: https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/7268