Pengaruh Popularitas Brand Ambassador NCT 127 terhadap Minat Beli Produk Nu Green Tea oleh Konsumen

Main Article Content

Marsella Aprilia Immaculata
Lusia Savitri Setyo Utami

Abstract

The most popular bottle packaged beverage product in Indonesia is tea. PT ABC President Indonesia produced Nu Green Tea from 2012-present. The marketing technique they used in 2020 is brand ambassador by partnering with an idol group from South Korea called NCT 127. K-Pop idol group NCT 127 is increasingly accepted in Indonesia with their increasing level of achievement and popularity. The popularity and achievements of NCT 127 have attracted Nu Green Tea's attention to make them their brand ambassadors. This research aims to determine the impact of brand ambassador NCT 127 popularity on consumer purchase intention towards Nu Green Tea. The intended consumers in this research are Instagram followers of (@ nugreentea.id). The author used elaboration likelihood model (ELM) as a theoretical reference as well as marketing communication, brand, brand ambassador, and purchase interest as research concepts. The research method is an explanative survey of 100 respondents as a sample with a questionnaire as the author's instrument. Based on the research results, there is a significant effect of the variable NCT 127 Brand Ambassador Popularity (X) towards Consumer Purchase Intention of Nu Green Tea Products (Y). The popularity of NCT 127 brand ambassadors has an influence on consumer interest in buying Nu Green Tea products by 28.2%.

Produk minuman kemasan botol yang paling banyak diminati oleh penduduk Indonesia adalah teh. PT ABC President Indonesia memproduksi Nu Green Tea dari tahun 2012-sekarang. Teknik pemasaran yang mereka gunakan di tahun 2020 ini adalah brand ambassador dengan menggandeng idol group dari Korea Selatan bernama NCT 127. Grup idola K-Pop NCT 127 semakin diterima di Indonesia dengan tingkat prestasi dan popularitasnya yang saat ini semakin naik. Popularitas dan prestasi yang dimiliki NCT 127 menarik perhatian Nu Green Tea untuk menjadikan mereka sebagai brand ambassador. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara popularitas brand ambassador NCT 127 terhadap minat beli produk Nu Green Tea oleh konsumen. Konsumen yang dituju oleh penulis dalam penelitian ini adalah pengikut Instagram dari (@nugreentea.id). Penulis menggunakan elaboration likelihood model (ELM) sebagai acuan teori serta marketing communication, brand, brand ambassador, dan minat beli sebagai konsep penelitian. Metode penelitian berupa eksplanatif survei terhadap 100 responden sebagai sampel dengan kuesioner sebagai instrumen penulis. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel Popularitas Brand Ambassador NCT 127 (X) terhadap variabel Minat Beli Produk Nu Green Tea oleh Konsumen (Y). Popularitas brand ambassador NCT 127 memiliki pengaruh terhadap minat beli produk Nu Green Tea oleh konsumen sebesar 28,2%.

Article Details

How to Cite
Immaculata, M. A., & Setyo Utami, L. S. (2021). Pengaruh Popularitas Brand Ambassador NCT 127 terhadap Minat Beli Produk Nu Green Tea oleh Konsumen. Prologia, 5(2), 261–266. https://doi.org/10.24912/pr.v5i2.10169
Section
Articles
Author Biographies

Marsella Aprilia Immaculata, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Lusia Savitri Setyo Utami, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Arnold, E., Price, L., & Zinkhan, G. (2011). Consumers international edition. New York: McGraw-Hill

Budiastuti, D., & Bandur, A. (2018). Validitas dan reliabilitas penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media

Budiman, V., Loisa, R., & Pandrianto, N. (2018). Peran brand ambassador pada iklan dalam membangun brand awareness (studi kasus iklan youtube lg g7 thinq bts). Universitas Tarumanagara: Jurnal Komunikasi (Prologia)

Bungin, H. M. B. (2005). Metodologi penelitian kuantitatif: edisi kedua. Jakarta: Kencana

Greenwood, G. L. (2013). Fashion marketing communications. United Kingdom: John Wiley & Sons

Keller, K. L. (2013). Strategic brand management. USA: Prentice Hall

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of marketing. United Kingdom: Pearson

Kurniawan, A. (2009). Belajar mudah spss untuk pemula. Yogyakarta: MediaKom

Mowen, J. C., & Minor, M. (2001). Consumer behavior: a framework. United Kingdom: Pearson

Panuju, R. (2019). Komunikasi pemasaran: pemasaran sebagai gejala komunikasi komunikasi sebagai strategi pemasaran. Jakarta: Prenada Media

Purwanto. (2019). Analisis korelasi dan regresi linier dengan spss 21. Magelang: StaiaPress

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode riset penelitian kuantitatif penelitian di bidang manajemen, teknik, pendidikan dan eksperimen.

Supriadi, I. (2020). Metode riset akuntansi. Yogyakarta: Deepublish