Pengaruh Kepercayaan Konsumen terhadap Loyalitas Pelanggan dalam Penggunaan Sistem Pembayaran Online (Survei Pengguna Produk Unipin)

Rendy Rachman, Roswita Oktavianti
| Abstract views: 311 | views: 229

Abstract

Consumer trust in a brand can lead to consumer loyalty to that brand. Consumer trust is very important in a company because it will increase customer loyalty to the company itself. A high trust from consumers can create customer loyalty. Customer loyalty is the behavior to make repeated purchases and to build customer loyalty to a product or service produced by the company. This study aims to measure the effect of consumer trust on customer loyalty in using online payment system services. This research uses a quantitative approach with a survey method. Primary data was collected through distributing questionnaires to 90 respondents, namely the people of West Jakarta who have used UniPin as a payment service to buy credit or online game currency. Data analysis used the Statistical Package for the Social Sciences with the SPSS for Windows 22 application. Based on the results of the study, it is known that there is a positive influence between consumer trust and customer loyalty from Unipin companies. Consumer trust has an effect of 67.4% on customer loyalty. If consumer confidence increases, customer loyalty will also increase. Conversely, if consumer confidence decreases, customer loyalty will also decline.

Kepercayaan konsumen terhadap suatu merek dapat menimbulkan kesetiaan konsumen pada merek tersebut. Kepercayaan konsumen sangat penting dalam suatu perusahaan karena akan meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap perusahaan itu sendiri. Suatu kepercayaan dari konsumen yang tinggi dapat menciptakan loyalitas pelanggan. Loyalitas pelanggan merupakan perilaku untuk melakukan pembelian secara berulang dan untuk membangun kesetiaan pelanggan terhadap suatu produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaanPenelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh kepercayaan konsumen terhadap loyalitas pelanggan dalam menggunakan jasa sistem pembayaran online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data primer dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 90 responden yaitu masyarakat daerah Jakarta Barat yang pernah menggunakan UniPin sebagai layanan pembayaran untuk membeli credit atau mata uang game online. Analisis data menggunakan Statistical Package for the Social Sciences dengan aplikasi SPSS for windows 22. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat pengaruh positif antara kepercayaan konsumen terhadap loyalitas pelanggan dari perusahaan Unipin. Kepercayaan konsumen memiliki pengaruh sebesar 67,4% terhadap loyalitas pelanggan. Apabila kepercayaan konsumen meningkat maka loyalitas pelanggan juga akan meningkat. Sebaliknya, apabila kepercayaan konsumen menurun maka loyalitas pelanggan juga akan ikut menurun.

Keywords

consumer trust; customer loyalty; online payment system

Full Text:

PDF

References

Ferrinadewi, Erna. (2008). Merek dan Psikologi Konsumen. Cetakan ke – 1. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hasan, A. (2013). Marketing & kasus-kasus pilihan. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.

Kurniawan, D. E. (2017). Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Konseling Gusjigang. 3(1). Yogyakarta.

Rivai, A. R., & Wahyudi, A. T. (2017). Pengaruh Persepsi Kualitas, Citra Merek, Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. Kalbisocio Jurnal Bisnis dan Komunikasi. 4(1). 29-37.

Sujarweni, Wiratna. (2019). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: PT. Pustaka Baru.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjahyadi, R. A. (2006). Brand Trust dalam Konteks Loyalitas Merek: Peran Karakteristik Merek, Karakteristik Perusahaan, dan Karakteristik Hubungan Pelanggan – Merek. Jurnal Manajemen Universitas Kristen Maranatha. 6(1). 65 – 78.

Copyright (c) 2021 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.