Efektivitas Pelayanan E-Commerce Shopee sebagai Upaya Menciptakan Kepuasan Konsumen Berbelanja Online

Vusiaria Stella Wijaya, Eko Harry Susanto
| Abstract views: 105 | views: 75

Abstract

E-Commerce is a concept that is quite developed in the field of information technology. E-Commerce provides many conveniences and advantages when compared to conventional shopping concepts, including all information that consumers want can be accessed in more detail, quickly without being limited by place and time, and the transaction process can be made much easier. So that the application of this system will greatly facilitate and be more profitable for many parties, both consumers and sellers. E-commerce brings great business opportunities such as product sales and online service provision and revenue growth for companies such as e-retailers mainly because of its easy and interactive nature, lower costs, and a high level of customization and personalization for customers. This research is intended to analyze service quality and consumer satisfaction of Shopee e-commerce users. Customer satisfaction is the most important thing that must be achieved in a service. This is because if the customer is not satisfied with the services that have been provided, then it does not close the customer not being royal to the company. This condition requires that the company tries to measure customer satisfaction in order to know in detail what variables in a service can make customers feel dissatisfied. The results of this study contribute to the quality of Shopee's services in Indonesia and customer satisfaction so that they can be used as input or consideration in developing future strategies.

E-Commerce merupakan salah satu konsep yang cukup berkembang dalam bidang teknologi informasi.  E-Commerce memberikan banyak kemudahan dan kelebihan jika dibandingkan dengan konsep belanja yang konvensional, diantaranya semua informasi yang diinginkan konsumen dapat diakses lebih detail, cepat tanpa dibatasi tempat dan waktu, dan proses transaksi pun bisa dilakukan menjadi jauh lebih mudah. Sehingga dengan penerapan sistem ini akan sangat mempermudah dan lebih menguntungkan banyak pihak, baik konsumen, maupun penjual. E-commerce membawa peluang bisnis besar seperti penjualan produk dan penyediaan layanan online dan pertumbuhan pendapatan untuk perusahaan seperti e-retailer terutama karena sifatnya yang mudah dan interaktif, biaya yang lebih rendah, dan tingkat tinggi kustomisasi dan personalisasi untuk pelanggan. Penelitian ini ditunjukan untuk menganalisis kualitas layanan dan kepuasan konsumen pengguna e-commerce Shopee. Kepuasan konsumen merupakan suatu hal terpenting yang harus dicapai dalam suatu layanan. Hal ini dikarenakan apa bila pelanggan tidak puas dengan layanan yang telah diberikan, maka tidak menutup pelanggan tidak royal terhadap perusahaan. Dengan adanya kondisi tersebut menuntut agar pihak perusahaan berusaha melakukan pengukuran kepuasan pelanggannya agar dapat mengetahui secara detail variabel-variabel apa saja dalam suatu layanan yang dapat membuat pelanggan merasa tidak puas. Hasil penelitian ini berkontribusi terhadap kualitas pelayanan Shopee di Indonesia dan kepuasan konsumen sehingga dapat dijadikan sebagai masukan atau pertimbangan dalam mengembangkan strategi dimasa mendatang.

Keywords

customer satisfaction; e-commerce; Shopee; service quality

Full Text:

PDF

References

Jatuh Bangun Bisnis Forrest Li, Orang Terkaya Singapura Pendiri Shopee dan Garena | merdeka.com. (n.d.). Retrieved September 16, 2020, from https://www.merdeka.com/uang/jatuh-bangun-bisnis-forrest-li-orang-terkaya-singapura-pendiri-shopee-dan-garena.html

Lestari, R. A. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Partisipatif Dan Komitmen Organisasi Terhadap Efektifitas Implementasi Rencana Stratejik Pada Madrasah Aliyah Di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.

Nisfianmoor, M. (2013). Pendekatan Statistika Modern: Aplikasi dengan Software SPSS dan EViews. Jakarta: Universitas Trisakti.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Copyright (c) 2022 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.