Pengaruh Iklan Goyang Shopee Bersama Cr7 (Cristiano Ronaldo) Terhadap Citra Perusahaan Shopee
Main Article Content
Abstract
Banyaknya perusahaan E-commerce di Indonesia menjadi dorongan setiap perusahaan termasuk Shopee untuk membuat iklan yang unik dan dapat membawa pengaruh baik pada citra perusahaan Shopee. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh iklan Goyang Shopee bersama Cristiano Ronaldo terhadap citra perusahaan Shopee. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan bersifat deskriptif. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian survey. Penelitian dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner pretest kepada 30 responden setelah teruji valid kemudian dilanjutkan ke uji posttest kepada 100 responden yang menggunakan aplikasi Shopee. Teori yang digunakan di penelitian ini adalah iklan dan citra. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah uji asumsi regresi klasik, uji regresi linier sederhana, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi, dan uji t. Dengan hasil uji t menunjukkan nilai t hitung adalah 9,592 > dari 1,984, dan dan hasil uji korelasi dengan nilai 0,696 yang menandakan variabel iklan dan citra memiliki korelasi yang kuat, sehingga dalam penelitian ini hasil yang didapat menunjukkan bahwa fungsi iklan dari iklan goyang Shopee berpengaruh pada citra dari perusahaan Shopee.
Article Details
References
Aaker, David. (2010). Manajemen Ekuitas Merek Memanfaatkan Nilai Dari Suatu Merek. Jakarta: Spektrum Mitra Utama.
Ardianto, Alvinaro. (2011). Handbook Of Public Relations. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Javabatika. (2014, Agustus 3). Apakah Kota Asal Penjual Online Berpengaruh Pada Minat Calon Pembeli?. Mei 21, 2020.
Komunitas.bukalapak.com. https://komunitas.bukalapak.com/s/hwxc6b/apakah_kota_asal_penjual_online_berpengaruh_pada_minat_calon_pembeli
Machfoedz, Mahmud. (2010). Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta: Cakra Ilmu.
Moriarty, Sandra., Mitchell, Nancy., & Welss, William. (2011). ADVERTISING. Jakarta: Kencana.
Nusarika, Luh. K., & Purnami, Ni Made. (2015). Pengaruh Persepsi Harga, Kepercayaan, dan Orientasi Belanja Terhadap Niat Beli Secara Online (Studi pada Produk Fashion Online di Kota Denpasar). E-Jurnal Manajemen Unud, 4 (8), 2381. Maret 22, 2020. Terarsip di: https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/14260/9988
Sari, Wulan P. (2015). Konflik Budaya Dalam Konstruksi Kecantikan Wanita Indonesia (Analisis Semiotika Dan Marxist Iklan Pond’s White Beauty Versi Gita Gutawa). Jurnal Komunikasi, 7 (2), 205. April 16, 2020. Terarsip di: https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/18
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tashandra, Nabilla. (2018, Maret 22). 80 Persen Konsumen Belanja Online Orang Muda dan Wanita. Mei 21, 2020.