Pengaruh Komunikasi Persuasif Melalui Fitur Shopee Live Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Followers Lilybelleclothing di Aplikasi Shopee)

Main Article Content

Ellyvia Jesslyn Surianto
Lusia Savitri Setyo Utami

Abstract

Lilybelleclothing is a fashion online shop especially for women that has been around for a long time since 2015 with a total of 109.8 thousand Shopee followers. Lilybelleclothing has succeeded in getting a turnover of up to 100 million per month by utilizing current developments, namely through Shopee Live. This study aims to determine the effect of persuasive communication through the Shopee Live feature on purchasing decisions (a study on the Followers Online Shop Lilybelleclothing in the Shopee application with two research variables, persuasive communication and purchase decisions and using the Elaboration Likelihood Model. Data processing and analysis techniques in this study used normality test technique, t test, analysis of the coefficient of determination, and simple linear regression test using SPSS application (Statistical Package for the Social Sciences) for Windows 2. The research was conducted by distributing questionnaires to 100 samples of Lilybelleclothing's followers through a purposive sampling method. The results showed that the dimensions of communicator credibility (variable x) were the most influencing and the dimension of purchase time (variable y) was the most influenced in this study. So based on the correlation coefficient test, it was found that the figure was 59.8%. influence of persuasive communication on the purchasing decisions of Shopee Lilybelleclothing followers.

Lilybelleclothing merupakan online shop fashion khususnya untuk wanita yang telah lama berdiri sejak tahun 2015 dengan jumlah pengikut Shopee sebesar 109,8 ribu. Lilybelleclothing berhasil memperoleh omset mencapai 100 juta perbulan dengan memanfaatkan perkembangan zaman saat ini yaitu melalui Shopee Live. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Komunikasi Persuasif melalui Fitur Shopee Live Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Followers Online ShopLilybelleclothing di Aplikasi Shopee dengan dua variabel penelitian komunikasi persuasif dan keputusan pembelian serta menggunakan Elaboration Likelihood Model. Teknik pengolahan dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji t, uji koefisien korelasi, dan uji regresi linear sederhana  dengan aplikasi SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) for windows 2 . Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 sampel followers Lilybelleclothing melalui metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi kredibilitas komunikator (variabel x) paling mempengaruhi dan dimensi waktu pembelian (variabel y) paling dipengaruhi pada penelitian ini. Maka berdasarkan uji koefisien korelasi ditemukan angka sebesar 59,8% pengaruh komunikasi persuasif terhadap keputusan pembelian followers Shopee Lilybelleclothing.

Article Details

How to Cite
Surianto, E. J., & Utami, L. S. S. (2021). Pengaruh Komunikasi Persuasif Melalui Fitur Shopee Live Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Followers Lilybelleclothing di Aplikasi Shopee). Prologia, 5(2), 382–390. https://doi.org/10.24912/pr.v5i2.10218
Section
Articles
Author Biographies

Ellyvia Jesslyn Surianto, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Lusia Savitri Setyo Utami, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikas

References

Djatmiko, Budi. (2011). Business Communication, Bandung: STEMBI.

Dianari, R., & Getha, F. (2017). Pengaruh E-Commerce Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Skripsi, Universitas Parahyangan.

Petty, R.E & Brinol, P. (2014). Embodied persuasion: Fundamental processes by which bodily responses can impact attitudes. Bachelor Thesis, Cambridge University Press

Putriani, S., Anoesyirwan, M., Anoesyirwan, & Oktavianti, R. (2018). Pengaruh Komunikasi Persuasif Endorser Rachel Vennya Terhadap Minat Beli Pada Kalangan Pengguna Instagram. Jurnal Prologia, 2(1), 1-8

Rakhmatin,Tina. (2017). Pengaruh Komunikasi Persuasif Personal Sales Terhadap Keputusan Pembelian Produk Al-Quran Miracle the Reference E-Pen. Jurnal COMMON, 1(1), 1-23

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. (2014). Strategi Pemasaran, Edisi 3. Yogyakarta: ANDI