Komunikasi Pariwisata Kampung Kapitan di Palembang

Main Article Content

Melinia Anggakesuma Tarana
Sinta Paramita

Abstract

Kampung Kapitan is one of the historical tourist destinations in Palembang City. This place was the forerunner to the entry of the Chinese community to Palembang. Kapitan is a position given by the Dutch government to Tjoa Ham Ling to organize administration for the Chinese community. The Kapitan house, which has been established since the Dutch colonial period, has made this place a historical tourist attraction. In order for tourism in Palembang to develop, proper communication is needed in order to attract tourists. Therefore, this study aims to determine the efforts of managers in developing tourism Kampung Kapitan in Palembang, the form of tourism communication used by the tourism managers of Kampung Kapitan in Palembang, and the obstacles faced in developing tourism communication in Kampung Kapitan in Palembang. The approach used in this research is a qualitative approach with a case study method. There are also theories used in this research are communication strategy theory, marketing communication, and tourism communication. To complete this research, data collection is required. There are two data collection techniques in this study, namely primary data and secondary data. The result of this research is that the tourist attractions of Kampung Kapitan have several forms of tourism communication to attract tourists to visit.

Kampung Kapitan merupakan salah satu destinasi wisata sejarah yang berada di Kota Palembang. Tempat ini merupakan cikal bakal masuknya masyarakat Tionghoa ke Palembang. Kapitan merupakan sebuah jabatan yang diberikan oleh pemerintah Belanda kepada Tjoa Ham Ling untuk mengatur administrasi bagi masyarakat Tionghoa. Rumah Kapitan yang telah berdiri sejak masa penjajahan Belanda menjadikan tempat tersebut sebagai wisata sejarah. Agar pariwisata di Palembang dapat berkembang maka dibutuhkanlah komunikasi yang tepat agar dapat menarik wisatawan. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya pengelola dalam mengembangkan pariwisata Kampung Kapitan di Palembang, bentuk komunikasi pariwisata yang digunakan oleh pengelola pariwisata Kampung Kapitan di Palembang, dan kendala yang dihadapi dalam mengembangkan komunikasi pariwisata Kampung Kapitan di Palembang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Ada pula teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strategi komunikasi, komunikasi  pemasaran, dan komunikasi pariwisata. Untuk melengkapi penelitian ini dibutuhkan pengumpulan data. Terdapat dua teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu data primer dan data sekunder. Hasil dari penelitian ini adalah tempat wisata Kampung Kapitan memiliki beberapa bentuk komunikasi pariwisata untuk menarik wisatawan berkunjung.

Article Details

How to Cite
Tarana, M. A., & Paramita, S. (2021). Komunikasi Pariwisata Kampung Kapitan di Palembang. Prologia, 5(2), 210–217. https://doi.org/10.24912/pr.v5i2.10128
Section
Articles
Author Biographies

Melinia Anggakesuma Tarana, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Sinta Paramita, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Adiyanto, Johannes. (2016). Kajian Perubahan Ruang Terbuka pada Kawasan Bersejarah dengan Metode Space Syntax (Studi Kasus Kawasan Kampung Kapitan Palembang). Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota. 27(2). 105-106

Dwijulianto, Andri & Dewi, P. A. R. (2019). Manajemen Komunikasi Pariwisata The Spirit Of Majapahit di Kabupaten Mojokerto. Commercium. 2(1). 29-32

Effendy, O. U. (2009). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Morrisan. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana

Raco, J. R. (2010). Metode penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Jakarta: PT Grasindo

Satvikadewi, A. A. I. P., & Hamim. (2018). Strategi Komunikasi untuk Mempromosikan dan meningkatkan Potensi Lokal Wisata Pulau Bawean. Jurnal Representamen. 4(2). 79-91

Sugiarto, Eko. (2015). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif: Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Suaka Media

Utama, I. G. B. R. (2017). Pemasaran Pariwisata. Yogyakarta: CV Andi

Humas Setkab. (2017). Pesona Indonesia/Wonderful Indonesia: Inspirasi di balik Jenama Pariwisata Indonesia. Sekretariat Kabinet Republik Indonesia. <https://setkab.go.id/pesona-indonesiawonderful-indonesia-inspirasi-di-balik-jenama-pariwisata-indonesia/> (diakses pada 13 September 2020 pukul 19.48 WIB)