Strategi Marketing Public Relations Kopi Kenangan dalam Membangun Brand Awareness

Main Article Content

Scelly Alvionita Chayadi
Riris Loisa
Sudarto Sudarto

Abstract

The rapid growth of the coffee business in Indonesia especially JABODETABEK, has resulted in very tight competition for entrepreneurs in the coffee sector, this has made coffee shop entrepreneurs have to be able and must have the right strategy in dealing with this competition. The purpose of this study is to determine the Marketing Public Relations strategy of Kopi Kenangan in building brand awareness for the last 3 years. The theory used in this research is Whalen's 7 step Strategic Planning Process. The method used in this research is qualitative with the case study method. The data collection technique used was in-depth interviews. The results of this study indicate that the Marketing Public Relations of Kopi Kenangan wants to instill the mindset of "Affordable with High Quality Coffee" into the minds of consumers by using the Marketing Public Relations strategy consisting of pull, push and pass carried out by PR & Communications Kopi Kenangan. So that the process of maintaining brand awareness starts from not realizing the original brand of Kopi Kenangan, to the peak of the mind which means the success of Kopi Kenangan as a coffee brand that is able to develop and compete.

Pesatnya pertumbuhan bisnis kopi yang ada di Indonesia terutama JABODETABEK sehingga menimbulkan persaingan yang sangat ketat bagi para pengusaha bidang kopi, hal tersebut membuat para pengusaha kedai kopi harus mampu dan harus mempunyai strategi yang tepat dalam menghadapi persaingan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui strategi Marketing Public Relations Kopi Kenangan dalam membangun brand awareness selama 3 tahun terakhir. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Whalen’s 7 step Strategic Planning Process. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam (depth interview). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Marketing Public Relations Kopi Kenangan ingin menanamkan mindset “Affordable with High Quality Coffee” kedalam benak konsumen dengan menggunakan strategi Marketing Public Relations yang terdiri dari pull, push and pass yang dilakukan oleh PR & Communications Kopi Kenangan. Sehingga proses untuk mempertahankan brand awareness yang dimulai dari tidak menyadari merek awal Kopi Kenangan berdiri, sampai pada puncak pikiran yang berarti keberhasilan Kopi Kenangan sebagai brand kopi yang mampu berkembang dan bersaing.

Article Details

How to Cite
Chayadi, S. A., Loisa, R., & Sudarto, S. (2021). Strategi Marketing Public Relations Kopi Kenangan dalam Membangun Brand Awareness. Prologia, 5(1), 175–183. https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.10112
Section
Articles
Author Biographies

Scelly Alvionita Chayadi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Riris Loisa, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Sudarto Sudarto, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Amstrong, & Kotler, P. (2014). Manajemen Pemasaran (Analisis, Perencanaan,. Implementasi dan Pengendalian) Volume satu, Edisi ketujuh. Terj. Jakarta: PT. Erlangga.

Anggraini, M. J. (2019). Strategi Marketing public relations The 101 Hotel Bogor Suryakencana dalam Mempertahankan Brand Image sebagai HoteL Bintang 4. Jakarta: Universitas Prof. DR. Moestopo.

Bungin, M. B. (2017). Penelitian Kualitatif (ed. 2). Jakarta: Prenada Media Group.

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Tulungagung.

Emzir. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Evita, E., & Setyanto, Y. (2019). Strategi Marketing public relations Dalam Meningkatkan Jumlah Pelanggan di PT. Bach Multi Global. Prologia 2(2), 312-319

Ferdy, R., & Sari, W. P. (2020). Pengaruh Iklan Billboard Gojek Versi# UninstallKhawatir Terhadap Brand Awareness. Prologia, 106-112.

Herdiansyah, H. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Manzilati, A. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma, Metode, dan Aplikasi. Malang: Universitas Brawijaya Press

Octavianti, M. (2012). Menumbuhkan Kesadaran Merek Produk Melalui Media Sosial (Studi Kasus Mengenai Optimalisasi Penggunaan “Twitter” Sebagai Upaya Menumbuhkan Kesadaran Merek Maicih “Keriping Singkong Pedas Asli Kota Bandung”. Jurnal Ilmu Komunikasi Vol.2(2).

Ruslan, R. (2013). Manajemen Public Relatoins & Media Komunikasi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Wahid, U., & Puspita, A. E. (2017). Upaya Peningkatkan Brand Awareness PT. Go-Jek Indonesia Melalui Aktivitas Marketing public relations. Jurnal Komunikasi Vol. 9, 31-43.