Analisis Pemanfaatan Brand Experience terhadap Brand loyalty pada Brookland Coffee

Main Article Content

Fransisca Kristy
Wulan Purnama Sari

Abstract

This research is motivated by the growth of coffee consumption in Indonesia which has been getting higher since 2016. This phenomenon can be seen from the expanding of the coffee industry in Jakarta. Brookland Coffee has become one of the coffeeshops that has been around since 2019 and is in demand by the public. This study aims to determine the use of brand experience for brand loyalty in Brookland coffee. The approach used is a qualitative approach with a case study research method. Researchers collected data for this study through interview sessions, observation, and documentation. The results of this study indicate that the use of brand experience for brand loyalty at Brookland Coffee has a positive and significant effect on the bicycle community, which means that with a good brand experience consumers can get an impression and have a positive response so that it can make customers loyal to the product. Brand loyalty can also be defined as how often consumers buy the product. Loyalty is an emotional thing, and can be interpreted as a customer's loyal attitude towards a brand or product

Penelitian ini di latarbelakangi oleh pertumbuhan konsumsi kopi di Indonesia yang semakin tinggi sejak 2016. Fenomena ini dapat dilihat dari menjamurnya industri kopi di Jakarta. Brookland Coffee menjadi salah satu coffeeshop yang hadir sejak 2019 dan diminati oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan brand experience terhadap brand loyalty pada brookland coffee. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Peneliti mengumpulkan data untuk penelitian ini melalui sesi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemanfaatan brand experience terhadap brand loyalty di Brookland Coffee berpengaruh positif dan signifikan pada komunitas sepeda, yang berarti dengan pengalaman merek yang baik konsumen dapat mendapatkan kesan dan memiliki respon yang positif sehingga dapat membuat pelanggan loyal pada produk tersebut. Loyalitas merek juga dapat di artikan dari seberapa sering konsumen membeli produk tersebut. Loyalitas adalah hal yang emosional, dan bisa diartikan sebagai sikap setia pelanggan terhadap suatu merek atau produk tersebut.


Article Details

How to Cite
Kristy, F., & Sari, W. P. (2021). Analisis Pemanfaatan Brand Experience terhadap Brand loyalty pada Brookland Coffee. Prologia, 5(2), 342–348. https://doi.org/10.24912/pr.v5i2.10209
Section
Articles
Author Biographies

Fransisca Kristy, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Wulan Purnama Sari, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Charvia, K., & Erdiansyah, R. (2020). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Brand Experience terhadap Brand Trust (Studi terhadap Pengguna OVO di Jakarta). Prologia, 4(2), 237-244.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). A Framework for Marketing Management. (S.Wall & D. Petrino, Eds.).

Katadata.co. (29 Oktober 2020). 2021 Konsumsi Kopi Indonesia Diprediksi Mencapai 370 ribu ton. Diakses dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/07/31/2021-konsumsi-kopi-indonesia-diprediksi-mencapai-370-ribu-ton

Kusuma, Y. S. (2014). Pengaruh brand experience terhadap brand loyalty melalui brand satisfaction dan brand trust Harley Davidson di Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1-11.

Manzilati, A. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma, Metode, dan Aplikasi. Malang: UB Press.

Semiawan, C. R. (2010). Metodei Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.