Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Brand Experience terhadap Brand Trust (Studi terhadap Pengguna OVO di Jakarta)

Main Article Content

Karin Charvia
Rezi Erdiansyah

Abstract

This study aims to determine the effect of electronic word of mouth and brand experience on brand trust of OVO users in Jakarta. Data collection by distributing questionnaires to 100 respondents. The data analysis method in this study uses SEM through the Lisrel 8.70 application. The results showed that there was a significant influence of electronic word of mouth and brand experience on brand trust. Between the two dependent variables, what has a greater influence on brand trust is electronic word of mouth. The conclusion of this research to improve brand trust can be done by improving electronic word of mouth and brand experience.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth dan brand experience terhadap brand trust para pengguna OVO di Jakarta. Pengumpulan data dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada 100 responden. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan SEM melalui aplikasi Lisrel 8.70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan electronic word of mouth dan brand experience terhadap brand trust. Diantara kedua variabel dependen maka yang memiliki pengaruh lebih besar terhadap brand trust adalah electronic word of mouth. Kesimpulan dari penelitian ini untuk meningkatkan brand trust dapat dilakukan dengan cara memperbaiki electronic word of mouth dan brand experience.

Article Details

How to Cite
Charvia, K., & Erdiansyah, R. (2020). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Brand Experience terhadap Brand Trust (Studi terhadap Pengguna OVO di Jakarta). Prologia, 4(2), 237–244. https://doi.org/10.24912/pr.v4i2.6483
Section
Articles

References

Agata Rahmi Pertiwi, A. H. (2017). Pengaruh Brand Experience Terhadap Brand Satisfaction, Brand Trust Dan Brand Loyalty (Studi Padakonsumen Make-Up Brand Impor Di Surabaya). Jurnal Manajemen & Kewirausahaan Vol. 5 No. 2, 20-34.

Andi S Tarigan, Z. S. (2019). Pengaruh Harga Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian OPPO Smartphone (Studi Kasus Pada OPPO Store, Sinergy Celular Medan). JURNAL PLANS Penelitian Ilmu Manajemen & Bisnis Vol 14 No 1, 17-21.

Arientia Twinarutami, D. T. (2013). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (eWOM) Terhadap Kepercayaan Merek Pada Media Sosial Di Kalangan Mahasiswi (Studi Pada Produk Body Lotion Nivea). 1-15.

Brakus, Schmitt, & Zarantonello. (2009). Brand Experience:What Is It? How Is It Measured? Does It Affect Loyalty? Journal Of Marketing, 52–68.

Desy Purnamasari, E. Y. (2018). Analisis Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo Dengan Brand Image Dan Brand Trust Sebagai Variabel Moderator (Survei Pada Konsumen Oppo Shop Center Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 54 No. 1, 92-100.

Dian Wahyu Utami, Marheni Eka Saputri, ST,. MBA. (2016). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen Café Roti Gempol Dan Kopi Anjis Bandung. Journal Of Management, 2.

Geny Syahdiany, O. T. (2019). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Customer Experience Terhadap Brand Trust Transmart Carrefour Kota Padang. Jurnal Kajian Manajemen Dan Wirausaha Vol 1 No 1, 226-231.

Hennig-Thurau, T. K. (2004). Electronic word-of-mouth via consumer-opinion platforms: What motivates consumers to articulate themselves on the Internet? Journal of Interactive Marketing, 38 : 52.

Hidayah, R. T. (2016). Pengaruh Brand Trust Terhadap Niat Konsumen Untuk Melakukan Pembelian Produk Elektronik Pada Situs Jual Beli Lazada. Journal University Of Jember, 122-132.

Inez Febby, R. E. (2018). Analisis Pengaruh Brand Trust dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Wine di Cork & Screw Jakarta. Jurnal Untar Vol 2 No 1.

Ir. Syofian Siregar, M. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Kencana Prenadamedia Group.

Kusdianto. (2018). Analisis Pengaruh Brand Experience Terhadap Brand Trust Dan Dampaknya Pada Customer Satisfaction Produk Kaos Polo Pada Pengunjung Aeon Mall Bsd City. Jurnal Manajemen Bisnis Vol. 7 No. 2, 73-80.

Muh?mm?d Erl?ndy H?ek?l, Edy Yulianto, Suharyono. (2016). Pengaruh Electoronic Word Of Mouth Terhadap Kepercayaan Dan Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Produk Fashion Followers ?kun Instagram Erigostore) . Jurnal Administrasi Bisnis, 163.

Naulia Oktaviani, W. A. (2019). Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Pembentukan Komitmen Pelanggan Dan E-Wom Pada Pengguna Aplikasi E-Money “Ovo”. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 93-112.

Nisfiannoor, M. (2013). Pendekatan Statistika Modern Aplikasi Dengan Software SPSS Dan Eviews. Jakarta: Universitas Trisakti.

Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Bandung: Pustaka Setia Bandung

Pricilla Efendy, Y. A. (2015). Analisa Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Di Restoran D'cost Surabaya. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa Vol. 3, No. 2 , 613-627.

Rony Arthana, N. C. (2016). Pengaruh Brand Exposure Dan Brand Experience Terhadap Brand Trust Dan Brand Recall (Studi Pada Produk Smartphone Di Wilayah Kota Malang). Jurnal Ekonomi Bisnis Tahun 21 No. 2, 201-213.

Saputri, H. Q. (2018). Pengaruh Brand Trust Dan Costumer Satisfaction Produk Go-Mobile Terhadap Consumer Loyalty Pada PT Bank Cimb Niaga Tbk. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Almana) Vol. 2 No.2, 89.

Sugiyono, P. D. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: PT. Alfabet.

Tingkir, C. F. (2014). Pengaruh Identitas Merek Terhadap Loyalitas Merek Melalui Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Toyota. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol. 8 No. 2, 62-69.