Pengaruh Brand Ambassador Didi Kempot terhadap Citra Perusahaan Shopee

Main Article Content

Cindy Cindy
Daniel Tamburian

Abstract

The era of advanced change is showing the rapid growth of the internet. It also applies to e-commerce development in Indonesia. There are many ways used by e-commerce companies in the hope of surviving the competition of one another, one of the strategies is using the brand ambassaddor to help the companies to build their corporate image. The strategy that Shopee used to appoint the Brand ambassaddor is with the purpose to communicate and represent a certain product as well as to build the company identity. this research aims to determine the impact of Didi Kempot as the brand ambassaddor to the corporate image of Shopee. The theories used in this research are brand ambassaddor, corporate image and public relations. This research used quantitative methods with a survey method. The technique in this study uses non-probability sampling using a purposive sampling approach, the data collection techniques used are by using questionnaire of 100 respondents and literature study. The result of simple linear regression returns a positive constant, which means if there is an increase in brand ambassaddor variable then the corporate image will also be increased. The result of Pearson correlation analysis of the two variables has the moderate degree between brand ambassaddor Didi Kempot to the corporate image of Shopee with 0.581 as the correlation value. The conclusion of this research is that the brand ambassaddor has a significant impact on the corporate image of Shopee.

Perubahan zaman yang semakin maju memperlihatkan adanya kemajuan internet yang begitu cepat, sehingga e-commerce di Indonesia pun turut ikut serta dalam perkembangan tersebut.Berbagai cara dilakukan oleh setiap perusahaan e-commerce dengan cepat untuk bisa bertahan dan bersaing, salah satunya yaitu memakai brand ambassaddor untuk membantu perusahaan dalam membentuk citranya. Strategi yang dilakukan oleh Shopee sendiri dalam menggunakan brand ambassaddor memiliki tujuan untuk membentuk sebuah identitas dan mengkomunikasikan atau merepresentasikan suatu produk dari sebuah perusahaan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh brand ambassaddor Didi Kempot terhadap citra perusahaan Shopee. Dalam penelitian ini menggunakan teori brand ambassaddor, citra perusahaan dan public relations. Penelitian ini memakai metode kuantitatif dengan jenis metode survei. Teknik dalam penelitian ini menggunakan non-probability sampling dengan memakai pendekatan purposive sampling, Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner pada 100 responden dan studi kepustakaan. Hasil dari uji regresi linier sederhana bernilai positif dalam konstanta,artinya jika ada peningkatan pada variabel brand ambassaddor maka citra perusahaan juga meningkat. Hasil uji korelasi pearson kedua variabel memiliki tingkat hubungan sedang antara brand ambassaddor Didi Kempot terhadap citra perusahaan Shopee dengan nilai korelasi 0,581. Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa brand ambassaddor memiliki pengaruh yang signifikan terhadap citra perusahaan Shopee.

Article Details

How to Cite
Cindy, C., & Tamburian, D. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Didi Kempot terhadap Citra Perusahaan Shopee. Prologia, 6(1), 95–102. https://doi.org/10.24912/pr.v6i1.10309
Section
Articles
Author Biographies

Cindy Cindy, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Daniel Tamburian, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Creswell, John W. 2014. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan

Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Poghosyan, A. (2015). Celebrity Endorsement as one of nowadays Major Ways to

Influence Consumer Buying Behaviour. European Scientific Journal, 30-38.

Royan, Frans M. (2004). Marketing Selebrities. Jakarta: Media komputindo.

Soemirat, Soleh & Ardianto, Elvinaro. (2007). Dasar-Dasar Public Relations.

Bandung: Rosdakarya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta.