Strategi Komunikasi Pemasaran selama Masa Pandemi COVID-19 (Studi Kopi Uda di Alun-Alun Sungai Kapuas Kabupaten Sintang)

Aldona Nevi Caroline, Farid Rusdi
| Abstract views: 86 | views: 69

Abstract

The Corona Virus (COVID-19) has begun to spread to Indonesia since March 2020 and the increased case of COVID-19 proved to have quite a significant impact on the economy globally which may have affected stability in Indonesia. The people of Sintang District have also experienced economic problems due to the pandemic, especially food and snack traders around the Kapuas Rivers Square, one of which is Kopi Uda. Kopi Uda is a coffee shop located in Kapuas River Square which started its business in 2019 by selling various variants of drinks. However, when the beginning of this pandemic, the community reduced their activities outside the home and this resulted in the sale of Kopi Uda becoming uncertain and even experiencing a significant decline. This research was conducted to explain the marketing communication strategy carried out by Kopi Uda during the COVID-19 pandemic. The approach used in this research is descriptive qualitative and type of case studies. The research subject in this thesis is Kopi Uda which is located at Kapuas River Square, Jalan Pembangunan, Tanjung Puri, Sintang Regency. While the object of research in this thesis is the marketing communication strategy carried out by Kopi Uda during the COVID-19 pandemic. Data were collected by interview, observation, documentation, and literature study. The conclusion of this study is that promotion, public relations, and direct marketing are the areas of activity most frequently used by Kopi Uda in marketing communications during the COVID-19 pandemic.

Sejak Maret 2020 ketika Virus Corona (COVID-19) mulai merabah ke Indonesia, tidak sedikit sektor yang terdampak akibat pandemi ini, salah satunya adalah terhadap sektor ekonomi di Indonesia. Masalah perekonomian akibat pandemi juga dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Sintang khususnya pedagang-pedagang makanan dan jajanan di sekitar Alun-Alun Sungai Kapuas, salah satunya Kopi Uda. Kopi Uda merupakan salah satu kedai kopi yang berada di Alun-Alun Sungai Kapuas yang memulai usahanya pada tahun 2019 dengan menjual berbagai varian minuman. Namun, ketika awal munculnya pandemi ini, masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah dan hal ini berakibat pada penjualan Kopi Uda menjadi tak tentu bahkan mengalami penurunan signifikan. Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Kopi Uda selama masa pandemi COVID-19. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan jenis studi kasus. Subjek penelitian dalam skripsi ini adalah Kopi Uda yang beralamat di Alun-Alun Sungai Kapuas Jalan Pembangunan, Tnjung Puri, Kabupaten Sintang. Sedangkan objek penelitian dalam skripsi ini adalah strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Kopi Uda selama masa pandemi COVID-19. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Kesimpulan dari penelitian ini adalah promosi, hubungan masyarakat dan pemasaran langsung merupakan bidang aktivitas yang paling sering digunakan Kopi Uda dalam melakukan komunikasi pemasaran selama masa pandemi COVID-19.

Keywords

communication strategy; COVID-19 pandemic; marketing

Full Text:

PDF

References

Baskara, B. Rangkaian Peristiwa Pertama Covid-19. Kompas

˂https://bebas.kompas.id/baca/riset/2020/04/18/rangkaian-peristiwa-pertama-covid-19/˃, diunduh tanggal 25 Oktober 2020

Effendy, O. U. (2011). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ngalimun. (2017). Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Praktis. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Philip, K. & Kevin, L, K. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Subagyo, P. J. (2011). Metodolgi Penelitian Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Aneka Cipta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Copyright (c) 2022 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.