Strategi Pemasaran Musisi Indie dalam Industri Musik Indonesia (Analisis terhadap Adhitia Sofyan)

Main Article Content

Godam Bingar Jati
Farid Rusdi

Abstract

This research is the author of a thorough research to see the marketing strategies used by indie musicians in the music industry. The purpose of this research is to see what marketing communication strategy is used by Adhitia Sofyan Team in conducting marketing activities. With today's technological developments, artists can use various kinds of computer software to record their work and market it through various social media online. An independent label, also known as an indie label, is a record label company that can market, fund, and publish artists and their work, funded independently. By analyzing a person's research subject (Adhitia Sofyan). The research method that I use here is to use qualitative methods. The research technique uses analytical techniques. The data technique used observation and interview techniques. The interview was conducted with one of the indie staff management (Rendy Kopoy) as the manager of Adhitia Sofyan. He was also the manager of a duo Endah and Resha before becoming manager of Adhitia Sofyan.

Penelitian ini penulis teliti untuk mengetahui Strategi pemasaran yang digunakan oleh musisi indie dalam industri musik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi komunikasi pemasaran apakah yang digunakan oleh Tim Adhitia Sofyan dalam melakukan kegiatan pemasaran. Dengan adanya perkembangan teknologi di masa kini, artis dapat menggunakan berbagai macam software komputer untuk merekam karyanya dan memasarkannya melalui berbagai media sosial secara online. Label independen, juga dikenal sebagai label indie, adalah perusahaan label rekaman yang dapat memasarkan, membiayai, dan mempublikasikan artis dan karyanya, didanai secara independent. Dengan menganalisis subjek penelitian musisi indie (Adhitia Sofyan) . Metode penelitian yang penulis pakai disini adalah dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik penelitian memakai teknik analisis. Teknik pengumpulan data menggunakan yaitu teknik observasi dan juga wawancara. Wawancara dilakukan dengan salah satu manajemen musisi indie (Rendy Kopoy) selaku manajer Adhitia Sofyan. Ia juga pernah menjadi manajer salah satu duo Endah and Resha sebelum menjadi manajer Adhitia Sofyan.

Article Details

How to Cite
Jati, G. B., & Rusdi, F. (2021). Strategi Pemasaran Musisi Indie dalam Industri Musik Indonesia (Analisis terhadap Adhitia Sofyan). Prologia, 5(2), 218–222. https://doi.org/10.24912/pr.v5i2.10131
Section
Articles
Author Biographies

Godam Bingar Jati, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Farid Rusdi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Basu, Swastha, & Irawan. (2001). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip., & Keller, Kevin. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Jilid 1, Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

McQuail, Denis. (2011). Teori Komunikasi Massa Edisi 6. Jakarta: Salemba.