Strategi Komunikasi Pemasaran Catering Zella dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Selama COVID-19

Main Article Content

Arvin Stephensius
Septia Winduwati

Abstract

Catering Zella is one of the MSMEs which is engaged in the food business. This UMKM has become one of the popular caterers in Bekasi City. However, since the COVID-19 virus entered Indonesia and the stipulation of the PSBB by the government, Catering Zella has experienced a decline in turnover. But Catering Zella was able to survive. The success in surviving these difficult times cannot be separated from the communication strategy adopted by Catering Zella. By using qualitative research types and case study research methods, the author wants to describe how the communication strategy adopted by Catering Zella in maintaining customer loyalty during the COVID-19 pandemic. The purpose of this study was to determine the marketing communication strategy in maintaining customer loyalty of Catering Zella during the COVID-19 pandemic. The theories used in this research are marketing communication strategy theory, UMKM, and customer loyalty. The data analyzed were the results of interviews with a permanent lecturer at the Faculty of Communication Sciences at Tarumanagara University, literature studies related to communication strategies and customer loyalty, as well as a review of documents related to Zella Catering. The results of this study indicate that Catering Zella is able to maintain customer loyalty through a marketing communication strategy

Catering Zella merupakan salah satu UMKM yang bergerak dalam bidang usaha makanan. UMKM ini menjadi salah satu catering yang diminati di Kota Bekasi. Namun, sejak virus COVID-19 masuk ke Indonesia dan ditetapkannya PSBB oleh pemerintah, Catering Zella mengalami penurunan omset. Namun Catering Zella mampu bertahan. Kesuksesan untuk bertahan di masa-masa sulit ini tentu tidak lepas dari strategi komunikasi yang diterapkan oleh Catering Zella. Dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dan metode penelitian studi kasus, penulis ingin menguraikan bagaimana strategi komunikasi yang diterapkan oleh Catering Zella dalam mempertahankan loyalitas pelanggan selama pandemi COVID-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komununikasi pemasaran dalam mempertahankan loyalitas pelanggan Catering Zella selama pandemi COVID-19. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strategi komunikasi pemasaran, UMKM, dan loyalitas pelanggan. Data yang dianalisis merupakan hasil wawancara dengan satu dosen tetap Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara, studi kepustakaan yang berkaitan dengan strategi komunikasi dan loyalitas pelanggan, serta telaah dokumen yang berkaitan dengan Catering Zella. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Catering Zella mampu mempertahankan loyalitas pelanggannya melalui strategi komunikasi pemasaran

Article Details

How to Cite
Stephensius, A., & Winduwati, S. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Catering Zella dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Selama COVID-19. Prologia, 6(1), 17–24. https://doi.org/10.24912/pr.v6i1.10255
Section
Articles
Author Biographies

Arvin Stephensius, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Septia Winduwati, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Afifah, N. S. & Evelina, L. W. (2012). Skripsi Strategi Public Relations dalam Membangun Customer Relationship Management Di PT. Sungwon Button Indonesia Periode April 2012. Jakarta

Fian, J. A. & Yuniati, T. (2016). Artikel Pengaruh kepuasan dan kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan Auto 2000 Sungkono: Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol. 5, No. 6. Surabaya

Firmansyah, Y., & Oktaviani, F. (2018). Strategi komunikasi komunitas pungklung dalam membangun citra positif di masyarakat. JURNAL SIGNAL, Vol. 6, No. 2. Cirebon.

Kurniasih, I. D. (2012). Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan melalui variabel kepuasan (Studi pada Bengkel Ahass 0002- Astra Motor Siliwangi Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 1, No.1.

Kusniadji, S. (2016). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods (Studi Kasus Pada PT Expand Berlian Mulia Di Semarang): Jurnal Komunikasi, Vol. 8, No.1

Munawar, S. S., Juningsih, E. R., & Maulana, S. (2016). Peran Komunikasi Pemasaran dalam Sudut Pandang UMKM: Pembelajaran untuk Pemberdayaan UMKM. Proceeding Seminar Nasional Peningkatan Kapabilitas UMKM dalam Mewujudkan UMKM Naik Kelas

Nayaakyasa. (2015). Loyalitas Pelanggan

https://nayaakyasazilvi.wordpress.com/2014/07/11/loyalitas-pelanggan/ diakses pada tanggal 24 November 2020

Ramadhani, N. (2020). UMKM Pengertian dan Perannya dalam Ekonomi https://www.akseleran.co.id/blog/umkm-adalah/ diakses pada tanggal 25 Desember 2020

Sahir, S. H., dkk. (2020). Keterampilan Manajerial Efektif. Medan: Yayasan Kita Menulis

Sonatasia, D., Onsardi, & Arini, E. (2019). Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Makanan Khas Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong. Prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Tjiptono, F. (2016). Pemasaran Esensi dan Aplikasi. Yogyakarta: ANDI.

Widodo, W. (2017). Kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada CV. Anugerah Sentosa di Pontianak: Jurnal Bisnis Manajemen, Vol. 1, No. 12.