Strategi Komunikasi Pemasaran PT Media Antar Nusa Terhadap Brand Awareness Nusa ID

Main Article Content

Silanando Leonard
Yugih Setyanto

Abstract

Marketing communication is known to be important in a brand or industry. Marketing communications also influence the development and progress of a company, including brands owned by the company. Brand awareness in a company is also influenced by marketing communications conducted by the company. This research aims to focus the relationship between marketing communication of a company and brand awareness of the company's products. In this research, the method used is the study case method with qualitative approach and using interview, observation, and library study techniques. Marketing communication activities carried out by PT. Media Antar Nusa has been focusing more on the advertising sector, public relations, and also personal selling. Nusa ID is more dominant in conducting its marketing communication activities in the form of online, because it is considered more suitable and effective. 

Komunikasi pemasaran diketahui sebagai hal yang penting pada suatu merek ataupun industri. Komunikasi pemasaran juga mempengaruhi perkembangan dan kemajuan dari suatu perusahaan, termasuk merek yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Kesadaran merek pada suatu perusahaan pun dipengaruhi oleh komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memfokuskan keterkaitan antara komunikasi pemasaran suatu perusahaan dengan brand awareness produk perusahaan tersebut. Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi pustaka. Kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Media Antar Nusa selama ini lebih memfokuskan pada sektor iklan, hubungan masyarakat, dan juga personal selling. Nusa ID lebih dominan melakukan kegiatan komunikasi pemasarannya dalam bentuk online, karena dinilai lebih cocok dan efektif.

Article Details

How to Cite
Leonard, S., & Setyanto, Y. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran PT Media Antar Nusa Terhadap Brand Awareness Nusa ID. Prologia, 5(2), 376–381. https://doi.org/10.24912/pr.v5i2.10217
Section
Articles
Author Biographies

Silanando Leonard, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Yugih Setyanto, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Fransiska, V. (2019). Proses Kegiatan Live Shopping Dalam Industri Komunikasi Digital Melalui Instagram, Jakarta: Universitas Tarumanagara.

Hakim, L. N. (2013). Ulasan Metodologi Kualitatif: Wawancara Terhadap Elit. Aspirasi: Jurnal Masalah-masalah Sosial, 4(2), 165-172.

Hasanah, Hasyim. (2016). Teknik-Teknik Observasi. Jurnal At-Taqaddum, 8(1).

Hesty, Fransiska, (2018). Pengaruh Kesadaran Merek, Citra Merek, dan Hubungan Merek Terhadap Ekuitas Merek Oppo Smartphone. Disertasi, Universitas Sanata Dharma.

Kajianpustaka. (8 Oktober 2020). Diakses dari https://www.kajianpustaka.com/2018/11/pengertian-bauran-dan-strategi komunikasipemasaran.html,

Khatimah, Khusnul. (2017). Penerapan Komunikasi Pemasaran Daya Grand Square Dalam Menjalin Loyalitas Customer. Disertasi, Universitas Hasanuddin