Pengaruh Pesan Persuasif Beauty Vlogger terhadap Keputusan Pembelian

Main Article Content

Cindy Claudia Christine
Roswita Oktavianti

Abstract

Persuasive communication is one of the studies of communication that is often used as a method of influencing others in various ways, including in the field of sales. Persuasive messages are seen as a conscious effort to change thoughts and actions by manipulating motives in the direction of a predetermined goal. Decision making is an integration process that combines knowledge to evaluate two or more alternative behaviors and choose one of them. The independent variable in this study is persuasive messages and the dependent variable is the purchasing decision. This type of research is quantitative descriptive. The research data collected uses non probability sampling and purposive sampling techniques. This study uses SPSS for Windows 15 test for Validity, Reliability, Simple Linear Analysis Hypothesis, Correlation Coefficient, Determination Coefficient, Regression Analysis, and T-Test. and represent the population. The results of research conducted by researchers that persuasive messages influence as much as 39.4% in purchasing decisions, while the remaining 60.6% is influenced by other factors. Research also shows that if persuasive messages are improved, purchasing decisions will also increase. 

Komunikasi persuasif merupakan salah satu kajian komunikasi yang kerap digunakan sebagai metode mempengaruhi orang lain dalam berbagai hal, termasuk diantaranya dalam bidang penjualan. Pesan persuasif dipandang sebagai usaha sadar untuk mengubah pikiran dan tindakan dengan memanipulasi motif-motif ke arah tujuan yang telah ditetapkan. Pengambilan keputusan merupakan sebuah proses pengintegrasian yang mengkombinasikan pengetahuan untuk mengevaluasi dua atau lebih perilaku alternatif dan memilih salah satu diantaranya. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pesan persuasif dan variabel dependen adalah keputusan pembelian. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data penelitian yang dikumpulkan ini menggunakan non probability sampling dan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan alat uji SPSS for windows 15 untuk Uji Validitas, Reliabiltas, Hipotesis analisis linier sederhana, Koefisien Korelasi, Koefisien Determinasi, Analisis Regresi, dan Uji T. Peneliti memperoleh data dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang sudah ditentukan dan sesuai dengan syarat penelitian dan mewakili populasi. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti bahwa pesan persuasif berpengaruh sebanyak 39,4% pada keputusan pembelian, sementara sisanya 60,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Penelitian juga menunjukan bahwa apabila pesan persuasif ditingkatkan maka keputusan pembelian juga akan meningkat.


Article Details

How to Cite
Christine, C. C., & Oktavianti, R. (2021). Pengaruh Pesan Persuasif Beauty Vlogger terhadap Keputusan Pembelian. Prologia, 5(1), 108–114. https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.8164
Section
Articles
Author Biographies

Cindy Claudia Christine, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Roswita Oktavianti, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Agusta, L., & Susanto, E. M. (2013). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan CV Haragon Surabaya. Jurnal AGORA.

Agustiara, R., Okatini, M., & Jumhur, A. A. (2019). Effect of Beauty Vlogger Testimonial (Review) On Consumer Interest (Viewers) On Cosmetic Products. Jurnal Jobs, Vol.5, No.2. 149-156.

Bungin, Burhan. (2011). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Devito, Joseph A. (2011). Komunikasi Antar Manusia. Pamulang-Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group.

Effendy, Onong Uchjana. (2016). Komunikasi teori dan praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kriyantono, Rahmat. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: PT. Kencana Perdana.