Pengaruh Endorsement oleh Beauty Vlogger terhadap Minat Beli Kosmetik

Fenny Fenny, Riris Loisa
| Abstract views: 267 | views: 243

Abstract

Increasing internet users is a huge market potential for business people to expand market share and to increase sales. This is because, the internet is one effective marketing communication tool for business people to increase sales of their products. The most appropriate means is through advertising promotion media. With Instagram companies can offer their products through beauty vloggers and endorsements to increase the interest of cosmetic products offered. This study aims to determine the effect of Endorsement in Beauty Vlogger on Interest in Buying Cosmetic Followers Instagram @ Storyofsand, using marketing communication theory with the conceptual foundation of beauty vlogger endorsement, buying interest. This study uses quantitative survey methods, this study uses 100 samples of @storyofsand followers by using data analysis of validity test, reliability test, simple regression analysis test, and Hypothesis Test through the application of SPSS 25.0 software. The results showed Ha was accepted, which means that there was a positive and significant influence of Endorsement in Beauty Vlogger on Interest in Purchasing Cosmetic Followers Instagram @ Storyofsand and had an R square determination of 67.5%, the rest were influenced by other factors outside the study.

Peningkatan pengguna internet merupakan potensi pasar yang besar bagi para pelaku bisnis untuk memperluas pangsa pasar serta guna meningkatkan penjualan. Hal ini dikarenakan, internet merupakan salah satu sarana komunikasi pemasaran yang efektif bagi para pelaku bisnis untuk meningkatkan penjualan produknya. Sarana yang paling tepat adalah melalui media promosi iklan. Dengan instagram, perusahaan dapat menawarkan produknya melalui beauty vlogger dan endorsement guna meningkatkan minat produk kosmetik yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh endorsement oleh beauty vlogger terhadap minat beli kosmetik follower Instagram @Storyofsand. Teori yang digunakan adalah komunikasi pemasaran dengan landasan konseptual beauty vlogger endorsement dan minat beli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan  metode survei, penelitian ini menggunakan 100 sampel followers @storyofsand dengan menggunakan analisis data uji validitas, uji reliabilitas, uji analisis regresi sederhana, dan Uji Hipotesis melalui apikasi software SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan Endorsement dalam Beauty Vlogger terhadap Minat Beli Kosmetik Follower Instagram @Storyofsand serta memiliki pengaruh determinasi R square sebesar 67,5 % yang sisanya dipengaruhi faktor lain diluar penelitian.

Keywords

beauty vlogger; endorserment; purchase interest

Full Text:

PDF

References

A Shimp, Terence. (2011). Periklanan Promosi (Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu). Jilid I, edisi Terjemahan, Jakarta: Erlangga.

Anggraeni et.al. (2018). Pengaruh Endorsement Beauty Vlogger terhadap Minat Beli Make Up Brand Lokal “Survey Pada Peminat Kosmetik lt Pro yang dipengaruhi oleh Video Vlog Ini Vindy di Kota Malang. Jurnal JAB, 60 (2), 155-162

http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2492/2883

Belch, G.E and M.A. Belch. (2004). Advertising And Promotion: An Integrated Marketing Commnunications Perspective, Sixth Edition, The McGraw Hill/Irwin: New York.

Bilson, Simamora. (2011). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Durianto, Darmadi (2013). Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek (cet. ke-10). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Husein, Umar. (2008). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta. PT Rajagrafindo Persada

Kotler, Philip., & Keller, Kevin, L. (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua, Jakarta: Erlangga.

Luh, D. M. (2017). Pengaruh Celebrity Endosers dan Pesan Iklan di Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Es Krim Walls Magnum Belgium Chocolate. Jurnal Prologia, 3 (1), https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/viewFile/6247/4351

Maria, R. E. S., & Kusumawati, A. (2018). Pengaruh Youtube Beauty Vlogger Terhadap Minat Beli Konsumen Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Produk (Studi pada Pengguna Kosmetik Maybelline di Indonesia). Jurnal JAB, 63 (1), 187-196, http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2715/3110

Mariyanti. (2017). Pengaruh Celebrity Endosers dan Pesan Iklan di Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Es Krim Walls Magnum Belgium Chocolate. E-Jurnal Manajemen Unud, 4 (10), 3093–3118 https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/14429/10522

Prabowo et.al. (2014). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli (Survei pada Pengunjung 3Second Store di Jalan Soekarno Hatta Malang). Jurnal JAB,14 (2), 1-7 http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/594

Puspita, W. D., & Mawardi, M. K. (2017). Pengaruh Beauty Vlogger Terhadap Source Characteristics Serta Dampaknya Terhadap Purchase Intention. Jurnal JAB, 47(1), 63-69 http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1817

Schiffman, L.G., & Kanuk, L.L. (2010). Consumer Behaviour (10th ed). New Jersey, Pearson Prentice Hall.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Copyright (c) 2021 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.