Pengaruh Endorsement oleh Beauty Vlogger terhadap Minat Beli Kosmetik
Main Article Content
Abstract
Increasing internet users is a huge market potential for business people to expand market share and to increase sales. This is because, the internet is one effective marketing communication tool for business people to increase sales of their products. The most appropriate means is through advertising promotion media. With Instagram companies can offer their products through beauty vloggers and endorsements to increase the interest of cosmetic products offered. This study aims to determine the effect of Endorsement in Beauty Vlogger on Interest in Buying Cosmetic Followers Instagram @ Storyofsand, using marketing communication theory with the conceptual foundation of beauty vlogger endorsement, buying interest. This study uses quantitative survey methods, this study uses 100 samples of @storyofsand followers by using data analysis of validity test, reliability test, simple regression analysis test, and Hypothesis Test through the application of SPSS 25.0 software. The results showed Ha was accepted, which means that there was a positive and significant influence of Endorsement in Beauty Vlogger on Interest in Purchasing Cosmetic Followers Instagram @ Storyofsand and had an R square determination of 67.5%, the rest were influenced by other factors outside the study.
Peningkatan pengguna internet merupakan potensi pasar yang besar bagi para pelaku bisnis untuk memperluas pangsa pasar serta guna meningkatkan penjualan. Hal ini dikarenakan, internet merupakan salah satu sarana komunikasi pemasaran yang efektif bagi para pelaku bisnis untuk meningkatkan penjualan produknya. Sarana yang paling tepat adalah melalui media promosi iklan. Dengan instagram, perusahaan dapat menawarkan produknya melalui beauty vlogger dan endorsement guna meningkatkan minat produk kosmetik yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh endorsement oleh beauty vlogger terhadap minat beli kosmetik follower Instagram @Storyofsand. Teori yang digunakan adalah komunikasi pemasaran dengan landasan konseptual beauty vlogger endorsement dan minat beli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, penelitian ini menggunakan 100 sampel followers @storyofsand dengan menggunakan analisis data uji validitas, uji reliabilitas, uji analisis regresi sederhana, dan Uji Hipotesis melalui apikasi software SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan Endorsement dalam Beauty Vlogger terhadap Minat Beli Kosmetik Follower Instagram @Storyofsand serta memiliki pengaruh determinasi R square sebesar 67,5 % yang sisanya dipengaruhi faktor lain diluar penelitian.
Article Details
References
A Shimp, Terence. (2011). Periklanan Promosi (Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu). Jilid I, edisi Terjemahan, Jakarta: Erlangga.
Anggraeni et.al. (2018). Pengaruh Endorsement Beauty Vlogger terhadap Minat Beli Make Up Brand Lokal “Survey Pada Peminat Kosmetik lt Pro yang dipengaruhi oleh Video Vlog Ini Vindy di Kota Malang. Jurnal JAB, 60 (2), 155-162
http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2492/2883
Belch, G.E and M.A. Belch. (2004). Advertising And Promotion: An Integrated Marketing Commnunications Perspective, Sixth Edition, The McGraw Hill/Irwin: New York.
Bilson, Simamora. (2011). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Durianto, Darmadi (2013). Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek (cet. ke-10). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Husein, Umar. (2008). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta. PT Rajagrafindo Persada
Kotler, Philip., & Keller, Kevin, L. (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua, Jakarta: Erlangga.
Luh, D. M. (2017). Pengaruh Celebrity Endosers dan Pesan Iklan di Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Es Krim Walls Magnum Belgium Chocolate. Jurnal Prologia, 3 (1), https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/viewFile/6247/4351
Maria, R. E. S., & Kusumawati, A. (2018). Pengaruh Youtube Beauty Vlogger Terhadap Minat Beli Konsumen Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Produk (Studi pada Pengguna Kosmetik Maybelline di Indonesia). Jurnal JAB, 63 (1), 187-196, http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2715/3110
Mariyanti. (2017). Pengaruh Celebrity Endosers dan Pesan Iklan di Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Es Krim Walls Magnum Belgium Chocolate. E-Jurnal Manajemen Unud, 4 (10), 3093–3118 https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/14429/10522
Prabowo et.al. (2014). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli (Survei pada Pengunjung 3Second Store di Jalan Soekarno Hatta Malang). Jurnal JAB,14 (2), 1-7 http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/594
Puspita, W. D., & Mawardi, M. K. (2017). Pengaruh Beauty Vlogger Terhadap Source Characteristics Serta Dampaknya Terhadap Purchase Intention. Jurnal JAB, 47(1), 63-69 http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1817
Schiffman, L.G., & Kanuk, L.L. (2010). Consumer Behaviour (10th ed). New Jersey, Pearson Prentice Hall.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta